Comscore Tracker

Empat Helikopter TNI-Polri Arak Bendera Merah Putih di Langit Jakarta

Aksi ini melambangkan sinergitas TNI-Polri

Jakarta, IDN Times - Selain melakukan atraksi dan manuver yang membentuk angka 77, TNI juga menyajikan demo flight lainnya di HUT ke-77 RI, Rabu, (17/8/2022). Empat helikopter milik TNI dan Polri terlihat membawa bendera merah putih berukuran besar dan melintasi langit di atas Istana Negara. Empat helikopter itu terdiri dari Helikopter-64 Apache milik TNI Angkatan Darat, helikopter AS-565 milik TNI Angkatan Laut, helikopter EC-725 Caracal Super Puma milik TNI Angkatan Udara dan helikopter AW-169 milik Polri. 

Kode untuk penerbangan empat helikopter ini adalah Nusantara Flight. "Nusantara Flight melambangkan sinergitas dua pondisi bangsa yang kokoh dalam menjaga stabilitas keamanan dan pertahanan NKRI yaitu TNI dan Polri yang solid, tangguh dan profesional," demikian ungkap MC yang menyampaikan kepada para undangan di Istana Negara hari ini. 

Misi Nusantara Flight dipimpin Kolonel PnB Immanuel Simarmata yang merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2003. Sama seperti jet tempur F-16 Fighting Falcon, keempat helikopter itu lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma. Mereka juga sudah berlatih selama tiga hari sebelum puncak hari kemerdekaan yang jatuh pada hari ini.

Baca Juga: 14 Jet Tempur TNI AU Mengangkasa Bentuk Formasi 77, Bikin Kagum Jokowi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya