Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat Ghaib

Ridwan Kamil dan istri meyakini putra sulungnya sudah tiada

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berduka atas musibah yang menimpa temannya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Swiss. Hingga saat ini, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil belum berhasil menemukan putra sulungnya, Emmiril Khan Mumtadz atau Eril, yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Sesuai anjuran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Anies turut menyerukan semua masjid di Ibu Kota untuk menggelar salat ghaib. 

"Kami menyerukan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan salat ghaib paska salat Jumat untuk ananda Emmiril Khan Mumtadz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada minggu lalu," demikian tulis Anies di akun media sosialnya, Jumat (3/6/2022). 

Ia pun turut mengajak warga Jakarta selain beragama Islam untuk ikut mendoakan Eril. Anies mengatakan, tidak ada ujian yang lebih berat di dunia ini selain orang tua yang harus kehilangan anaknya. 

"Maka, tak lupa mari kita doakan keluarga Kang Emil agar Allah beri ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini," katanya lagi. 

Sementara, Kang Emil, Atalia dan anak perempuannya harus sudah kembali ke Indonesia pada Jumat (3/6/2022). Sebab, masa cuti yang diberikan Menteri Dalam Negeri kepada Kang Emil akan berakhir pada Sabtu esok. 

Di sisi lain, berdasarkan surat edaran dari MUI Jabar, disebutkan bahwa Kang Emil dan Atalia sudah ikhlas dan yakin putra sulung mereka tak selamat.

"Bapak Moch Ridwan Kamil beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmiril Khan Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam," demikian isi surat yang diteken oleh Ketua MUI Jabar KH Rachmat Syafe'i. 

Lalu, apakah pencarian terhadap tubuh Eril di Swiss tetap dilanjutkan?

1. Pencarian Eril terus dilanjutkan dan dipantau adik Ridwan Kamil

Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat GhaibGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diapit sang istri Atalia dan putrinya Zara, duduk bersimpuh sambil pamit kepada Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. (www.instagram.com/@ataliapr)

Sementara, berdasarkan keterangan resmi dari KBRI Bern, Swiss, per Kamis 2 Juni 2022 lalu, proses pencarian Eril akan tetap dilanjutkan pada hari ini. Dalam operasi pencarian pada Kamis kemarin, sejumlah personel maritim Swiss mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone. KBRI Bern menyebut, penyelam tidak dapat dikerahkan karena derasnya arus di Sungai Aare. 

"Fokus pencarian pada Kamis kemarin terletak di area Marzili hingga pintu air Engehalde serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlense," ungkap KBRI Bern di dalam keterangan tertulisnya. 

Selanjutnya proses pencarian akan dipantau oleh adik Kang Emil yakni Elpi Nazmuzaman. Ia sudah tiba di Swiss sejak 1 Juni 2022 lalu dan akan mengabari perkembangannya kepada Kang Emil secara rutin. 

Sementara, dalam operasi pencarian lanjutan pada hari ini, petugas bakal mengerahkan anjing pelacak. Di sisi lain, MUI Jabar menyampaikan bahwa otoritas di Swiss sudah mengubah status pencarian Eril dari semula orang hilang (missing person) menjadi orang yang tenggelam (drowned person). 

"Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari mungkin sudah meninggal dunia," kata mereka. 

Baca Juga: Surat Atalia Kamil untuk Sang Anak, Eril yang Isinya Bikin Terenyuh

2. Atalia sampaikan salam perpisahan yang mengharukan

Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat GhaibRidwan Kamil ikut dalam pencarian anaknya di Sungai Aare (dok. KBRI Bern)

Sementara, sebelum kembali ke Indonesia, Atalia menyampaikan pesan perpisahan terenyuh bagi putra sulungnya itu. Ia mengunggah pesan tersebut di akun media sosialnya. 

"Ril, mamah pulang dulu ke Indonesia ya. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, di mana pun kamu berada," demikian tulis Atalia yang kerap dipanggil Kang Emil, Cinta. 

Ia meyakini putra sulungnya itu di mana pun berada tidak akan kedingingan, kelaparan, atau kekurangan sesuatu apapun. "Bahkan, kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus. Di sini, di Sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat," tulis Atalia. 

"Seperti yang Pak Wali Kota sampaikan 'the city of Bern will forever be deeply connected to us. Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas," katanya lagi. 

3. Jokowi ikut berikan perhatian dan dukungan kepada Ridwan Kamil

Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat GhaibPresiden Joko "Jokowi" Widodo (pojok kanan) ketika bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan "Kang Emil" Kamil saat meninjau operasional Terowongan Nanjung, Jawa Barat pada 2020. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Atensi juga disampaikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia turut mengikuti peristiwa hanyutnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, di Sungai Aare, Swiss. Bahkan, Jokowi turut menelepon Kang Emil saat masih berada di Bern, Swiss. 

"Dari pihak keluarga, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi. Beliau telah memberikan atensi dan berkomunikasi langsung dengan Kang Emil melalui sambungan telepon ke Swiss," ungkap adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, seperti dikutip dari ANTARA, 30 Mei 2022 lalu. 

Ia menjelaskan, perhatian dari Presiden Jokowi menjadi dukungan yang berarti bagi pihak keluarga. Sebab, saat ini keluarga sedang mengalami masa-masa yang berat usai dikabari Eril hanyut di Sungai Aare pada 26 Mei 2022 lalu. 

"Sebagai kepala negara, berarti merepresentasikan seluruh warga Indonesia. Hal itu membesarkan hati kami selaku pihak keluarga yang mengalami musibah ini," kata dia. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanah Air yang telah menyampaikan simpati, doa, dan dukungan bagi keluarganya. "Kami tidak bisa membalasnya, kecuali Allah sebaik-baiknya pemberi balasan," tuturnya. 

Baca Juga: Jokowi Telepon Ridwan Kamil, Beri Atensi soal Pencarian Eril di Swiss

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya