Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke Pemakaman

"Selamat jalan anakku sayang," tulis Kang Emil di medsos

Jakarta, IDN Times - Lautan manusia memenuhi rute perjalanan dari Gedung Pakuan menuju ke Kabupaten Cimaung, Bandung, yang jadi tempat pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz. Peristiwa yang terjadi pada Senin, (13/6/2022) membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terenyuh.

Alhasil, pria yang akrab disapa Kang Emil itu melambaikan tangan kepada warga sambil mengantar Emmeril ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

"Selamat jalan, anakku sayang, Emmeril Kahn Mumtadz," demikian tulis Kang Emil di akun Instagramnya pada hari ini.

Ia juga meminta izin kepada pemuda yang akrab disapa Eril itu agar dirinya, bersama sang istri dan anaknya yang lain, kembali melanjutkan hidup. "Mulai esok, izinkan papap, mamah, Zara dan Arka untuk melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami," kata dia lagi. 

Selain diantar oleh warga Jabar, pemakaman Eril juga disiarkan secara langsung oleh sejumlah media. Musibah yang menimpa Eril menyebabkan simpati yang bertubi-tubi bagi keluarga Kang Emil. 

Diketahui, Eril hanyut terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare, Bern, di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Ketika peristiwa itu terjadi, Kang Emil sedang menjalankan tugas sebagai gubernur di Inggris. Ia mengaku sangat terpukul ketika peristiwa mendadak itu terjadi.

Usai melakukan pencarian intensif, jenazah Eril ditemukan oleh polisi maritim Swiss pada 8 Juni 2022 lalu. Kang Emil kemudian mendesain khusus peti mati dan lokasi pemakaman putra sulungnya itu di Cimaung.

Selain diapit gunung dan sawah, di dekat makamnya akan dibangun masjid yang diberi nama Al-Mumtadz. Artinya, yang terbaik. Sementara, usai proses pemakaman Eril selesai, Kang Emil meminta maaf lantaran acara hari ini mengganggu perjalanan masyarakat. 

"Terima kasih sekali lagi kepada masyarakat yang sudah mendoakan dan saya memohon maaf di hari ini jika dalam prosesi pemakaman membuat masyarakat tidak nyaman di perjalanan. Kami tidak bermaksud tapi antusiasme masyarakat tidak bisa kami hindari," kata dia. 

Keluarga Kang Emil pun membolehkan warga untuk takziah ke makam Eril. Namun, ibu Eril, Atalia meminta agar kegiatan takziah dilakukan tanpa ada dokumentasi demi menghormati putranya.

Berikut sejumlah dokumentasi yang gambarkan rasa haru Kang Emil melihat antusiasme warga ikut melepas kepergian putra sulungnya.

1. Mobil ambulans yang membawa jenazah Eril melewati lautan manusia menuju ke lokasi pemakaman

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanWarga Jawa Barat ikut melepas kepergian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ridwankamil)

Baca Juga: Begini Isi Lengkap Pidato Ridwan Kamil di Pemakaman Emmeril 

2. Kang Emil lambaikan tangan dan ucapkan terima kasih ikut melepas kepergian Eril

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lambaikan tangan kepada warga Jabar yang ikut melepas kepergian putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ridwankamil)

3. Keluarga Kang Emil berikan salam perpisahan sebelum peti Eril dikebumikan di Cimaung

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanAnggota keluarga Gubernur Ridwan Kamil mencium peti mati Emmeril Kahn Mumtadz sebagai tanda perpisahan sebelum dimakamkan pada Senin siang, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ataliapr)

4. Lokasi pemakaman Eril di Islamic Centre Baitul Ridwan ikut dipadati warga

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanLokasi pemakaman putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz di Kabupaten Cimaung, Bandung pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ridwankamil)

5. Ibunda Eril ucapkan doa semoga putra sulungnya itu bisa tenang beristirahat di surga

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanNisan di pemakaman putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang dipasang pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ataliapr)

6. Warga langsung takziah ke makam Eril usai upacara pemakaman selesai

Foto-Foto Kang Emil Sapa 'Lautan Manusia' saat Antar Eril ke PemakamanWarga Jawa Barat ikut mendoakan putra sulung Gubernur Ridwan Kamil usai prosesi pemakaman selesai dilakukan pada Senin, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ridwankamil)

Baca Juga: Potret Haru Anak Bungsu Ridwan Kamil Cium Foto Eril

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya