Comscore Tracker

[FOTO] Ketika Walkot Tri Rismaharini Menjabat Tangan Presiden Erdogan

Risma diundang oleh Pemerintah Turki jadi tamu kehormatan

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak bisa menutupi rasa bahagianya ketika ia bisa menjabat tangan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (11/12) lalu. Ia bertemu dengan pemimpin karismatik itu di ibukota Ankara dalam rangka kegiatan International Forum of Women in Local Government. 

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, ada beragam tokoh dari 20 negara yang hadir, termasuk Risma. Namun, ia diundang sebagai tamu kehormatan oleh Pemerintah Turki. 

"Kegiatan itu diselenggarakan oleh organisasi sayap perempuan Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis pada Jumat (13/12) kemarin. 

Di forum itu, Risma berkesempatan menyampaikan pidato selama 15 menit. Pidato Risma turut disimak oleh Erdogan. 

"Naluri kita (perempuan) yang kuat untuk menolong orang lain, memperhatikan hal-hal detail dan untuk lebih banyak mendengar membuat kita mampu memimpin dengan hati, membuat kita mengambil keputusan yang berbasis kebutuhan nyata rakyat dan membuat keputusan yang tepat saat dibutuhkan. Atau dalam kata lain kita mampu memimpin dengan penuh kepedulian", ujar Risma dalam pidatonya kemarin. 

Tokoh dari PDI Perjuangan itu juga menandatangani kerjasama sister city dengan antara Kota Surabaya dengan Gaziantep, kota industri utama di Turki yang juga dipimpin oleh walikota perempuan. 

Iqbal menjelaskan sesuai nama acaranya, maka Pemerintah Turki meminta KBRI untuk menghadirkan Risma. Tujuannya, mereka ingin mendengarkan pengalaman berharga Risma dalam memimpin Surabaya. 

"Sungguh sebuah kebanggaan jika perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi dan model bagi kaum perempuan di negara lain," tutur pria yang sempat menjadi Direktur Perlindungan WNI Kemenlu itu. 

Berikut beberapa foto yang menggambarkan kegiatan Risma selama berada di Turki. 

1. Walkota Tri Rismaharini berpidato selama 15 menit di hadapan Presiden Erodgan. Risma diundang jadi tamu kehormatan karena dinilai menginspirasi kaum perempuan lainnya

[FOTO] Ketika Walkot Tri Rismaharini Menjabat Tangan Presiden Erdogan(Walkot Surabaya Tri Risma Harini berpidato di hadapan Presiden Erdogan) KBRI Ankara

Baca Juga: Presiden Erdogan Sebut Wali Kota Risma Inspirasi Perempuan Turki

2. Walkot Risma berbagi kisah kepada tamu di forum internasional itu mengenai pengalamannya memimpin Kota Surabaya. Risma mengatakan tidak mudah menjadi pemimpin perempuan. Ia bahkan berkisah sempat hendak diturunkan

[FOTO] Ketika Walkot Tri Rismaharini Menjabat Tangan Presiden Erdogan(Walkot Tri Risma Harini tengah berpidato di Ankara, Turki)

3. Wali Kota Tri Rismaharini berfoto dengan tokoh perempuan dari 20 negara. Pidato Risma dipuji oleh Presiden Erdogan karena dinilai menginspirasi perempuan lainnya

[FOTO] Ketika Walkot Tri Rismaharini Menjabat Tangan Presiden Erdogan(Walkot Surabaya Tri Risma Harini berfoto dengan tokoh perempuan dari berbagai negara) www.instagram.com/@tri.rishamaharini

aca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dihadiri Presiden Erdogan, 10 Momen Romantis Pernikahan Mesut Ozil 

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You