[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi

Kru dari 2 kapal pesiar diobservasi antisipasi virus corona

Jakarta, IDN Times - Sejak pekan lalu sebuah pulau di utara Jakarta bernama Sebaru Kecil menjadi sorotan nasional dan dunia. Sebab, di situ lah lokasi yang dipilih oleh pemerintah untuk melakukan observasi terhadap kru dari dua kapal pesiar yakni World Dream dan Diamond Princess. 

Kru kapal pesiar World Dream tiba di Pulau Sebaru pada (28/2). Sedangkan, ABK dari kapal pesiar Diamond Princess tiba pada (1/3). Total, pulau tersebut menampung hampir 300 orang. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, menjelaskan pulau itu dipilih karena tempatnya memadai. 

"Yang pasti di Sebaru Kecil sudah existing bangunan yang dulu sudah dibangun tahun 2008 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di mana Sebaru Kecil ini memang didesain untuk merehabilitasi para pecandu narkoba," kata pria yang akrab disapa Yuri pada (25/2) lalu. 

Tempat tersebut, memang sempat diabaikan dan tak lagi dihuni. Tetapi, di pulau tersebut telah tersedia berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari fasilitas dapur, ruang makan, hingga fasilitas penunjang lain seperti listrik dan air. Menurut Yuri, pulau itu jauh lebih ideal dibandingkan yang ada di Pulau Natuna. 

Namun, hal menarik lainnya dari pulau dengan luas 16,60 hektar itu rupanya milik taipan Tomy Winata. Pemilik Grup Artha Graha itu pun mengakuinya. Kepada media, Tomy menyebut tidak ada kesepakatan komersial antara ia dengan pemerintah sehingga pulaunya bisa digunakan sebagai tempat observasi kru kapal dari virus corona. 

"Bagi kami selalu patuh dan loyal apapun yang pemerintah inginkan, dalam batas yang mampu kami laksanakan. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah bahwa kami diberi kesempatan untuk membantu program pemerintah," kata Tomy kepada media pada (29/2). 

Menurut Tomy, walau tak lagi dimanfaatkan, namun, pulau itu dimanfaatkan oleh Artha Graha Peduli, organisasi nonprofit yang didirikan oleh Tomy. Penasaran bagaimana kondisi pulau dan ada fasilitas apa saja di dalamnya?

1. Pulau Sebaru Kecil tak berpenghuni

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Kondisi Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu) ANTARA FOTO

Baca Juga: Mengenal Pulau Sebaru Kecil, Lokasi Observasi 188 WNI

2. Dermaga untuk menerima kedatangan tamu hanya terbuat dari kayu

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Lokasi dermaga Pulau Sebaru Kecil) ANTARA FOTO

3. Cottage di Pulau Sebaru Kecil yang disulap jadi rumah sakit mini selama proses observasi

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Cottage di Pulau Sebaru Kecil) ANTARA FOTO

4. Kamar-kamar di Pulau Sebaru Kecil sanggup menampung 200 orang

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Fasilitas tempat tidur di dalam kamar di Pulau Sebaru Kecil) ANTARA FOTO

5. Ada pula kamar dengan tempat tidur tidak tingkat

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Situasi kamar di Pulau Sebaru Kecil) ANTARA FOTO

6. Logistik yang disiapkan oleh tim gabungan selama proses observasi di Pulau Sebaru Kecil

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Logistik yang disiapkan sebelum kru kapal tiba di Pulau Sebaru Kecil) ANTARA FOTO

7. 188 WNI kru kapal World Dream dipindahkan menggunakan kapal kecil ke KRI dr. Soeharso di Teluk Durian

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Proses pemindahan kru kapal World Dream ke KRI Soeharso) ANTARA FOTO

8. Dari KRI dr. Soeharso, ABK World Dream dipindahkan ke kapal lain untuk dibawa ke Pulau Sebaru Kecil

[FOTO] Kondisi Sebaru Kecil, Pulau Milik Tomy Winata untuk Observasi(Tim mengenakan hazmat suit untuk menjemput ABK World Dream) ANTARA FOTO
https://www.youtube.com/embed/lcxnCnsxqAg

Baca Juga: Cottage Hingga Karaoke, Begini Fasilitas Observasi WNI di Pulau Sebaru

Topik:

Berita Terkini Lainnya