[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga Jarak

Sejumlah jemaah tak cukup menjaga jarak

Jakarta, IDN Times - Umat Islam menggelar salat idulfitri pada Kamis (13/5/2021) pagi. Salat ied, sesuai panduan yang dibuat oleh Kementerian Agama, hanya digelar di daerah yang masuk zona kuning dan hijau, dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Setidaknya ada tujuh poin yang harus diperhatikan bagi daerah yang menyelenggarakan salat Ied pada pagi tadi. Pertama, jemaah yang hadir tidak boleh lebih dari 50 persen dari kapasitas tempat untuk memungkinkan adanya jarak antarshaf dan antarjemaah. Kedua, bagi orang lansia tidak dianjurkan menghadiri salat Ied di masjid atau lapangan terbuka. 

Ketiga, seluruh jemaah tetap memakai masker selama pelaksanaan Idul Fitri dan menyimak khutbah di masjid serta lapangan. Keempat, khutbah Idul Fitri paling lama disampaikan 20 menit.

Kelima, mimbar yang digunakan dalam penyelenggaraan salat Idul Fitri di masjid dan lapangan agar dilengkapi pembatasan transparan antara khatib dengan jemaah. Keenam, panitia salat Idul Fitri dianjurkan menggunakan alat pengecek suhu untuk memastikan kondisi jemaah yang hadir sehat. 

Ketujuh, usai melakukan salat Idul Fitri, jemaah diminta kembali ke rumah dengan tertib dan tidak berjabat tangan dengan bersentuhan fisik. Sayangnya, tidak semua masjid atau penyelenggaraan Salat Idul Fitri mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Berikut gambaran pelaksanaan Salat Ied pada pagi tadi. 

1. Salat Idulfitri di Bekasi, jemaah sulit menjaga jarak

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakSejumlah warga mengikuti shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Jami Annur Kramat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Fikri Hermansyah)

Baca Juga: Hari Ini, Idul Fitri Dirayakan Bersamaan dengan Kenaikan Isa Almasih 

2. Salat Idulfitri di Masjid Agung Al Markazul Islamic Lhokseumawe, terlihat jemaah tak cukup menjaga jarak aman

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakUmat muslim melaksanakan shalat Idul fitri 1442 Hijriah ditengah pandemi di Masjid Agung Al Markazul Islamic Lhokseumawe, Aceh, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Rahmad)

3. Jemaah salat Idulfitri di Jambi di lapangan Gunung Labu

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakUmat muslim beranjak pulang sambil membawa alas shalat usai menunaikan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di lapangan Gunung Labu dengan latar belakang Gunung Kerinci, Kayu Aro Barat, Kerinci, Jambi, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

4. Salat Idulfitri di Masjid Al Azhar dilakukan dengan menjaga jarak

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakUmat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Al Azhar, Jakarta, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

5. Napi perempuan menunaikan salat Idulfitri di Lapas Perempuan Klas IIA Pontianak

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakSejumlah warga binaan melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H di Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

6. Salat Idulfitri di Timika, banyak jemaah memakai masker namun kurang menjaga jarak

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakUmat muslim mengikuti Shalat Idul Fitri 1442 H di Timika, Papua, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding)

7. Remaja masjid di Sorong menyemprotkan hand sanitizer dan membagikan masker ke jemaah sebelum salat

[FOTO] Salat Idul Fitri di Tengah Pandemik, Jemaah Sulit Menjaga JarakRemaja Masjid Al Mizan (kiri) menyemprotkan handsanitizer dan membagikan masker ke calon jamaah shalat Id di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis, 13 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

Baca Juga: 10 Menu Spesial Lebaran Selain Opor Ayam, yang Mana Favoritmu?

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya