Gabung ke Golkar, Ridwan Kamil Tak Diusung Jadi Capres di Pemilu 2024

Golkar tetap kukuh mengajukan Airlangga jadi capres

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tak diusung menjadi capres pada Pemilu 2024 meski sudah bergabung ke Partai Golkar. Ia memilih untuk taat pada aturan dan keputusan organisasi Golkar. Di mana, Musyawarah Nasional (Munas) 2019 lalu telah menetapkan capres resmi Golkar di Pemilu 2024 adalah Airlangga Hartarto.

"Ketika sudah masuk ke organisasi ya artinya kita harus taat pada aturan dan keputusan organisasi. Urusan tadi sudah jelas Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Pak Airlangga di pilpres ya. Sebagai anggota Golkar, saya harus mengamankan itu," ungkap Ridwan di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Rabu, (18/1/2023).

Ia mengaku bakal melakukan cara-cara kreatif agar bisa memenangkan Airlangga sebagai capres di Pemilu 2024. Sementara, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyampaikan pernyataan yang senada. Ia menyebut keputusan soal capres pada Pemilu 2024 tidak akan bergeser dari Munas 2019.

"Golkar sudah punya Munas dan sudah ada hasil dari Munas Golkar, jadi kita tidak bergeser dari sana," ujar Airlangga.

Saat ditanya peluang Kang Emil untuk diajukan sebagai cawapres, Airlangga menyebut hal itu akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selain Golkar, di koalisi itu terdapat PAN dan PPP.

Tiga parpol di KIB sudah meneken nota kesepahaman bahwa terkait nama capres dan cawapres akan dibahas bersama-sama. "Jadi, di KIB ada mekanisme tersendiri dan masih berproses. KIB sendiri masih terbuka untuk mengundang partai lain bergabung," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Sementara, ketika ditanya apakah Golkar akan mendukung Kang Emil maju lagi jadi Gubernur di Jabar atau DKI Jakarta, Airlangga tak menjawab secara tegas. Ia hanya menyebut ada sejumlah pembicaraan yang kongkrit dan telah disepakati bersama dengan mantan Wali Kota Bandung itu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Gabung Golkar Setelah Dilobi Setahun oleh Airlangga

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya