Comscore Tracker

Gelombang Satu 2.282 Pasukan AS Tiba di Palembang untuk Latihan Tempur

TNI AD klaim mereka masuk ke Indonesia dengan prokes ketat

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 330 pasukan Amerika Serikat tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan pada 24 Juli 2021 lalu. Kedatangan mereka di tengah-tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat dalam rangka persiapan latihan bersama TNI Angkatan Darat. Latihan bersama itu diberi nama "Garuda Shield" ke-15 tahun 2021. 

Berdasarkan informasi dari TNI AD, kedatangan 330 pasukan tersebut adalah bagian dari gelombang pertama sekitar 2.000 tentara yang akan tiba di Indonesia. Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, latihan bersama ini akan menjadi yang terbesar dalam sejarah kerja sama TNI AD dengan AD Negeri Paman Sam. 

Tatang mengatakan, sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan selama pandemik COVID-19, ratusan pasukan AS itu langsung mengikuti uji tes swab oleh tim medis di Tanah Air. 

"Tujuan latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan prajurit TNI AD dan AD Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi," kata Tatang yang ikut menjemput di bandara pada Minggu, 25 Juli 2021 lalu. 

Ia menambahkan, pasukan dari AS akan tiba secara bergelombang hingga Senin (26/7/2021) dengan menggunakan lima pesawat berbeda. Lalu, kapan latihan bersama itu akan digelar?

1. Latihan Garuda Shield akan digelar 1-14 Agustus di tiga daerah tempur

Gelombang Satu 2.282 Pasukan AS Tiba di Palembang untuk Latihan TempurTNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Menurut keterangan dari TNI AD, latihan bersama Garuda Shield akan digelar pada 1-14 Agustus di tiga daerah latihan tempur yakni di Baturaja, Amborawang, dan Makalisung. Latihan tersebut akan melibatkan 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel AD Amerika Serikat. 

Materi latihan antara lain latihan lapangan, menembak, medis, dan penerbangan. Brigjen Tatang menjelaskan, jumlah pesawat yang tiba di bandara di Palembang mencapai lima pesawat. Sedangkan, pesawat yang tiba di Amborawang dan Makalisung masing-masing satu pesawat dan telah tiba pada Minggu kemarin. 

Baca Juga: Latihan di Perairan Natuna, Dua Kapal TNI AL Lepaskan Rudal Kendali

2. KSAD Andika Perkasa sangat menantikan latihan bersama Garuda Shield 2021

Gelombang Satu 2.282 Pasukan AS Tiba di Palembang untuk Latihan TempurKepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa (kanan) ketika menghadiri puncak Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yuda tahun 2020 di Sumatera Selatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sementara, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku sangat menantikan latihan bersama Garuda Shield itu. Ia mengatakan, latihan bersama angkatan bersenjata kedua negara memang berasal dari idenya. Ia ingin persahabatan kedua lembaga militer itu semakin erat. 

"Saya ingin melakukan yang lebih baik di tahun ini dibanding tahun sebelumnya, dan hubungan kerja sama kita menjadi lebih baik dari yang pernah ada," ujar Andika dikutip dari ANTARA, Senin (26/7/2021). 

Ia menambahkan, ini menjadi kali pertama TNI AD kedatangan angkatan bersenjata AS dalam jumlah besar. "Kami menantikan personel TNI AD lebih dekat dengan prajurit US Army," tutur dia lagi. 

Commanding General of USARPAC Jenderal Charles A Flynn juga merasakan hal yang sama. Ia yang sudah beberapa kali ke Indonesia juga menantikan untuk dapat hadir dalam latihan bersama Garuda Shield.

3. Tercatat 100 prajurit TNI AD sudah dikirim ke North Carolina untuk latihan bersama dengan sandi "Garuda Airborne"

Gelombang Satu 2.282 Pasukan AS Tiba di Palembang untuk Latihan TempurKepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa ketika sedang bercengkerama dengan petinggi AD AS pada Juli lalu (Dokumentasi TNI AD)

Sebelumnya pada pertengahan Juli lalu Andika melepas keberangkatan 100 prajurit TNI AD untuk mengikuti latihan bersama “Garuda Airborne” di Fort Bragg, North Carolina.

Dalam upacara di Markas Besar TNI AD pada 16 Juli 2021 yang dihadiri Atase Pertahanan Amerika dan Kantor Urusan Pertahanan Kedubes Amerika di Jakarta, Andika menekankan kepada prajurit yang dikirim untuk mengikuti latihan itu dengan sebaik-baiknya.

Andika juga berpesan agar semua materi latihan yang diperoleh di AS tidak disia-siakan, karena belum tentu semua prajurit dikirim ke sana. 

Sebanyak 100 prajurit yang diberangkatkan itu berasal dari Kostrad dan seluruh Kodam yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara. Mereka dijadwalkan berlatih bersama prajurit dari 82nd Airborne Division US Army hingga 6 Agustus mendatang.

Latihan di Fort Bragg ini juga merupakan bagian dari Latihan Bersama “Garuda Shield 2021.”

Baca Juga: TNI AL Siapkan KRI Dr Soeharso untuk Pasok Kebutuhan Oksigen di Jatim

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya