Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?

Gibran berikan souvenir dari Paris untuk Mega dan Puan

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membuka sedikit isi pertemuan dan santap siangnya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada 18 Juni 2022 lalu.

Salah satunya, kata Gibran, ia disarankan oleh Prabowo agar ikut maju dalam Pilkada 2024 sebagai calon gubernur. Prabowo sarankan Gibran untuk maju di pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Ada banyak (pesan dan wejangan), rahasia dan sifatnya tertutup. (Soal karier politik) pasti dong, ikut dibahas," ungkap Gibran ketika ditemui media di GO Sritex Arena, Solo, pada Minggu, 19 Juni 2022. 

"Disarankan untuk maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu provinsi saja (DKI Jakarta atau Jateng)," kata dia.

Selain bertemu dengan Prabowo, rupanya Gibran juga sempat menyambangi kediaman Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Di sana, juga terdapat putri Mega yakni Puan Maharani. 

Apa yang mereka bicarakan dalam pertemuan tersebut?

1. Gibran juga klaim disarankan oleh Mega agar maju di Pilgub 2024

Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) ketika menyambangi kediaman pribadi Megawati Soekarnoputri (tengah) di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. (www.instagram.com/@puanmaharani)

Selain disarankan oleh Prabowo agar maju di pilgub, Mega turut menyarankan hal serupa kepada putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu. Gibran mengklaim juga disarankan agar ikut maju sebagai cagub di pilkada 2024 ketika menemui Mega di kediaman pribadinya pada akhir pekan lalu. Sebelumnya, Gibran juga ikut rapat koordinasi para kepala daerah dari kader PDIP selama dua hari di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

"Mbak Puan dan Bu Mega juga sama (ikut menyarankan agar maju pilgub)," ungkap Gibran. 

Namun, ia enggan mengungkap lebih jauh isi pertemuannya dengan Mega dan Puan. "Yang jelas kemarin setelah sekolah partai saya berkesempatan bertemu dengan Bu Ketum (Megawati) dan Mbak Puan, lalu Menhan (Prabowo) juga dan Pak Sekjen (Hasto)," tutur dia.

Ia kembali menyebut bahwa urusan maju sebagai cagub di pilkada masih jauh. Saat ini, Gibran mengaku masih ingin fokus mengurus Kota Solo. 

"Masih jauh ya (urusan pilgub). Untuk urusan dukung-mendukung nanti saja, intinya kemarin saya hanya sowan saja karena sudah lama tidak ketemu," katanya lagi.

Baca Juga: Sowan ke Hambalang, Prabowo Hadiahkan Gibran Sepatu untuk Berkuda 

2. Gibran berikan souvenir dari Paris bagi Mega dan Puan

Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Di dalam pertemuan dengan Mega dan Puan, Gibran turut melaporkan kegiatannya ketika berada di Paris pada awal Juni lalu. Ia memboyong sejumlah UMKM khas Solo dan Indonesia untuk ditunjukkan ke warga di Paris. Acara pameran itu diberi tajuk "Java in Paris."

Gibran turut mengundang penyanyi kenamaan Anggun C. Sasmi untuk mengisi dan menghibur warga Paris. Ia bernyanyi di depan gedung Le BHV Marais. Selain itu, acara dilanjutkan dengan pagelaran seni tari dan musik Jawa. 

Ketika menyampaikan pidatonya, Gibran tak menyangka bahwa acara tersebut ramai disaksikan oleh warga Paris. "Bapak ibu terima kasih sekali. Ini saya gak nyangka ramai sekali. Matur nuwun, matur nuwun," ungkap Gibran seperti dikutip dari akun YouTubenya pada 8 Juni 2022 lalu. 

Gibran mengatakan turut menceritakan hal tersebut kepada Mega dan Puan. Ia juga memberikan e-catalog dan souvenir hasil pameran yang ada di Paris.

"Kebetulan saya sambil mengantarkan souvenir dan katalog saat saya pameran di paris, sambil laporan itu juga," tutur dia.

Baca Juga: Prabowo Dukung Gibran Maju Calon Gubernur, DKI Jakarta atau Jateng?

3. Prabowo berikan hadiah sepatu berkuda untuk Gibran dan Jan Ethes

Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengajari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabumi Raka, berkuda di kediamannya di Hambalang, Bogor, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi tim Prabowo)

Sementara, ketika berkunjung ke Hambalang, Prabowo memberikan pelajaran berkuda bagi Gibran. Selain itu, pria yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu memberikan hadiah khusus berupa sepatu untuk berkuda bagi Gibran.

"Saya dihadiahi sepatu berkuda," ujar Gibran di dalam keterangan tertulis pada 18 Juni 2022 lalu.

Bahkan, Prabowo juga ikut memberikan sepatu berkuda dengan ukuran lebih kecil. Rupanya, oleh-oleh khusus itu ditujukan Prabowo bagi putra sulung Gibran, Jan Ethes. 

"Ketika saya hendak pulang, juga diberikan oleh-oleh berupa sepatu berkuda ukuran kecil untuk anak saya. Beliau berpesan 'ini sepatu untuk Jan Ethes'," katanya menirukan kalimat Prabowo. 

Mantan jenderal di Kopassus TNI Angkatan Darat itu juga mengajak Jan Ethes untuk ke Hambalang dan diajari berkuda. "Ayo ajak dia ke Hambalang. Saya mau ajari dia berkuda juga," tutur Gibran.

Baca Juga: Hasto Soal Gibran Maju di Pilgub DKI: Tunjukan Dulu Legacy!

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya