Comscore Tracker

Goyangan Gempa Garut Terasa hingga ke Bandung dan Sukabumi

BMKG meminta warga waspada terhadap gempa susulan

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4, getarannya terasa hingga ke beberapa daerah mulai dari Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya dan Jakarta. Kekuatan gempa Garut yang terjadi pada Sabtu, (3/12/2022) lebih hebat dibandingkan gempa Cianjur. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan pusat gempa berada di barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat," ungkap Teguh seperti dikutip dari kantor berita ANTARA

Ia menjelaskan bahwa titik gempa itu berada di daratan sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Kedalaman gempa itu masuk ke dalam kategori menengah sehingga guncangannya masih bisa dirasakan oleh publik. 

BMKG pun meminta agar masyarakat hati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan. Sementara, di media sosial kata 'Garut' sudah menjadi pembicaraan warganet. Mereka mendoakan situasi di Garut baik-baik saja dan tidak ada korban jiwa akibat gempa itu. 

Sementara, media sosial BMKG dipenuhi dengan komentar warganet bahwa mereka yang tinggal di beberapa daerah berbeda ikut merasakan getaran gempa magnitudo 6,4 itu. 

"Sampe Jogja terasa banget, lagi tidur-tiduran, kasur malah goyang-goyang," demikian tulis warganet di Instagram BMKG.

"Banjarnegara Jawa Tengah terasa. Ya Allah semoga kita semua baik-baik saja. Amin," tulis warganet memanjatkan doa.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Tidak Berpotensi Tsunami 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya