Hadiri Pelantikan Presiden Marcos Jr, Mahfud MD Sampaikan Salam Jokowi

Bongbong Jr. berhasil meraih 95 persen suara warga Filipina

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menghadiri pelantikan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. di Museum Nasional Manila, Kamis (30/6/2022). Ia mewakili Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang kini sedang melakukan kunjungan ke Rusia. 

"Tadi saya menyampaikan salam dan selamat dari Presiden Jokowi kepada Presiden Marcos Jr. Kami berharap hubungan Filipina dengan Indonesia semakin baik. Kerja sama antar dua negara pun bisa semakin menguat," kata Mahfud usai menghadiri pelantikan tersebut dikutip dari keterangan tertulis. 

Mahfud tiba di Manila sekitar pukul 05.40 waktu setempat. Ia disambut Duta Besar RI untuk Filipina, Agus Widjojo dan pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina. 

1. Marcos Jr. ungkap keberhasilan ayahnya ketika pimpin Filipina

Hadiri Pelantikan Presiden Marcos Jr, Mahfud MD Sampaikan Salam JokowiFedinand 'Bongbong' Marcos. (twitter.com/ Bongbong Marcos)

Bongbong Marcos resmi dilantik oleh Chief Justice Filipina Alexander Gesmundo pada Kamis kemarin. Ia dilantik menjadi Presiden ke-17 dan menggantikan Rodrigo Duterte.

Bongbong Marcos berhasil meniru jejak ayahnya dengan menjadi presiden. Ia bakal menduduki posisi itu selama enam tahun ke depan. 

Menurut laporan dari tim Kemenko Polhukam, pelantikan dilakukan dengan pengawalan yang ketat. Sebelum upacara pelantikan, sempat dihelat pawai gabungan militer dan sipil. 

Di dalam pidato pertamanya, Bonbong meminta rakyat Filipina tak lagi melihat masa lalu. Ia mengajak bersama-sama memandang ke masa depan. Ia juga tak ingin menceritakan masa lalu. 

"Kita tidak melihat ke belakang, melainkan ke depan," ujar Bongbong. 

Meski begitu, ia justru mengungkit dan membanggakan ketika ayahnya Ferdinand Emmanuel Edralin Marcos Sr. memimpin Filipina selama 20 tahun. Ferdinand Marcos Sr diketahui memimpin Filipina pada periode 1965 hingga 1986. Ia menyebut sang ayah berhasil menyediakan beras lebih dan membangun infrastruktur lebih banyak dibandingkan pemerintahan sebelumnya di Filipina. 

Kemudian ia memuji Duterte sebagai presiden yang dianggap dapat menyamai prestasi sang ayah. "Presiden Duterte membangun dan memproduksi lebih banyak dibanding pemerintahan setelah ayah saya," ujar Bongbong.

Padahal, dalam catatan sejarah, periode setelah tahun 1972, menjadi masa paling kelam di Filipina. Jutaan orang di Filipina hidup dalam kemiskinan parah, berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berlangsung, dan korupsi merajalela di tengah tumpukan utang negara. Ia kemudian lengser dari kursi presiden karena munculnya gerakan revolusi EDSA. 

Baca Juga: Ferdinand 'Bongbong' Marcos Resmi Jadi Presiden Filipina

2. Marcos Sr. tercatat sebagai salah satu pemimpin paling korup di dunia

Hadiri Pelantikan Presiden Marcos Jr, Mahfud MD Sampaikan Salam JokowiBongbong Marcos (Instagram.com/bongbongmarcos)

Kejatuhan Marcos Sr. dipicu adanya gerakan pro-demokrasi yang dipimpin oleh Corazon 'Cory' Aquino. Ia ikut mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu melawan Marcos Sr. di tahun 1986. 

Marcos Sr. mengklaim diri menang pemilu ketika itu. Padahal, hasil pemilu disengketakan lantaran diduga terdapat banyak kecurangan. Peristiwa itu memicu demonstrasi massal di seantero Filipina. 

Setelah diprotes secara besar-besaran selama empat hari, keluarga Marcos kabur ke Hawaii, AS, menggunakan beberapa helikopter Amerika. Bongbong, yang saat itu berusia 28 tahun dan baru merintis karier politik, ikut melarikan diri.

Menurut catatan resmi Bea Cukai Amerika Serikat (AS), keluarga Marcos membawa berpeti-peti barang berharga, termasuk perhiasan, busana mewah, dan banyak uang tunai. Marcos, Imelda, dan orang-orang dekatnya diperkirakan menjarah uang negara hingga 10 miliar dolar AS saat masih berkuasa.

Hal itu menjadikannya sebagai salah satu pemimpin terkorup di dunia. Namun diketahui hanya 4 miliar dollar AS yang pernah dikembalikan ke negara.

3. Peristiwa yang terjadi di Filipina bisa terjadi di Indonesia

Hadiri Pelantikan Presiden Marcos Jr, Mahfud MD Sampaikan Salam JokowiDosen komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio. (www.instagram.com/@hendrisatrio)

Pengajar komunikasi politik di Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai penyebab Bongbong Jr. bisa terpilih menjadi Presiden di Filipina usai 40 tahun sang ayah lengser lantaran pemerintahan sebelumnya gagal menciptakan kesejahteraan bagi rakyat. Alhasil, rakyat banyak terbuai dengan nostalgia seolah-olah kondisi perekonomian Filipina lebih baik ketika dipimpin oleh Marcos Sr. 

"Bila terjadi perubahan yang signifikan dalam kesejahteraan rakyat Filipina, pasti sejarah tidak akan berulang. Ini semata-mata bukan sejarah saja, tapi bagaimana rakyat secara ekonomi bisa nyaman. Ketika rakyat tidak nyaman, maka yang mendominasi adalah nostalgia," ungkap Hendri kepada IDN Times melalui pesan suara pada 22 Mei 2022 lalu. 

Ia menilai pemilih Bongbong Jr. bukan saja datang dari generasi Z di Filipina. Orang tua dari generasi Z itu turut berkontribusi atas kemenangan Bongbong dengan memberikan informasi bahwa seolah-olah kepemimpinan di era Marcos jauh lebih baik.

Ia pun menyebut bisa saja peristiwa yang terjadi di Filipina terulang juga di Indonesia. Trah Suharto tetap berpeluang kembali ke tampuk kekuasaan bila pemerintah gagal memberikan kesejahteraan bagi rakyat. 

"Kedua, bagaimana kedewasaan berpolitik rakyat untuk memilih pemimpin yang terbaik saat ini. Lalu, belajar dari sejarah. Jadi, bila kesejahteraan itu mampu diwujudkan, perut rakyat tidak lapar, maka rakyat akan setia pada kekuasaan atau rezim," kata dia. 

Sebaliknya, bila kondisi rakyat tetap kelaparan, maka tak menutup kemungkinan bisa terbuai untuk kembali ke era Orde Baru. "Apalagi orang Indonesia kan mayoritas memiliki tiga kesamaan yaitu mudah lupa, mudah memaafkan dan suka nostalgia," tuturnya lagi. 

Baca Juga: Korban Diktator Ferdinand Marcos: Kami Takut Sejarah Terulang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya