Harga Bahan Pokok di DKI Terkendali, Ini Rahasia Pemprov

Pemprov DKI menggunakan strategi KEGERUS. Apa ya itu?

Dengan laporan dari Lucia Vania

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno terlihat sumringah ketika menemui media di Balai Kota pada Selasa (19/6). Ia mengklaim Pemprov DKI berhasil mengendalikan harga bahan pokok selama Ramadan dan Lebaran 2018. 

Bahan-bahan pokok seperti beras, telur hingga daging sapi hingga H+4 Lebaran terpantau stabil. Sementara, bahan pokok lainnya sempat mengalami gejolak harga tetapi masih bisa diatasi. 

"Ini tidak terlepas dari semua pihak yang turun tangan dan ikut berkolaborasi. Kalau Idul Fitri, kami merayakan hari kemenangan, maka kami juga menang melawan kompetisi harga ini," ujar Sandi siang tadi. 

Lalu, apa kunci kesuksesan Pemprov DKI menjaga kestabilan harga bahan pokok ini? Menurut Sandi, kuncinya ada KEGERUS. Wah, apa ya itu?

1. KE: Keroyok 

Harga Bahan Pokok di DKI Terkendali, Ini Rahasia PemprovIDN Times/Margith Juwita Damanik

Menurut Sandi, keberhasilan Pemprov DKI menjaga kestabilan harga bahan bangan gak terlepas dari kerja sama berbagai pihak seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Perdagangan, Bulog, satgas pangan, koperasi pasar, dan juga warga.

"Khususnya emak-emak yang terus meneriakkan aspirasi bahwa dia tak mau ada gejolak harga. Ini menjadi pengingat bagi kita," ujar Sandi.

2. GER: Gerilya!

Harga Bahan Pokok di DKI Terkendali, Ini Rahasia PemprovANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sandi menjelaskan sudah lebih dari 17 kali ia dan timnya turun mengawasi harga bahan pangan. Gerilya lapangan dilakukan untuk memastikan rantai pasokan dari petani dapat tiba di pasar tradisional secara lancar.

Hal ini menjadi penting, sebab sebanyak 85-90 persen warga masih berbelanja di pasar tradisional.

3. US: Urai Satu-satu!

Harga Bahan Pokok di DKI Terkendali, Ini Rahasia PemprovANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Pemeriksaan harga bahan pangan dilakukan satu per satu. Ia memastikan bahan pangan yang termasuk dalam volatile food, seperti bawang merah dan cabai mendapat perhatian ekstra. Oleh sebab itu, ia menegaskan pentingnya menjaga lalu lintas distribusi pangan dan manajemen stok.

Nah, bagi kamu yang ingin memantau harga bahan pokok di Jakarta, bisa menengok ke situs: https//infopangan.jakarta.go.id

Topik:

Berita Terkini Lainnya