Comscore Tracker

Hari Ini Jokowi akan Bertemu Prabowo di Kereta MRT? 

Ini menjadi pertemuan pertama Jokowi-Prabowo usai pemilu

Jakarta, IDN Times - Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu oleh publik tiba juga. Dua pemimpin yang bersaing di forum pemilu presiden pada (17/4) lalu itu akan bertemu pada Sabtu (13/7). 

Memang dari dua pihak belum ada yang menyatakan secara gamblang ada pertemuan bersejarah tersebut. Namun, Sekretaris Kabinet Pramono Anung seolah memberikan petunjuk kepada publik melalui unggahan di akun media sosialnya. 

"Semoga hari ini menjadi hari yang dikenang buat proses demokrasi yang semakin dewasa. Mudah-mudahan pertemuan yang terjadi membuat bangsa ini semakin kuat, adil, maju dan makmur," demikian isi unggahan Pramono di akun Instagramnya pagi ini. 

Sementara, ketika coba dikonfirmasi oleh IDN Times apakah yang dimaksud pertemuan adalah perjumpaan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Pramono tidak bersedia menjawab secara gamblang. Ia hanya memberikan emoji senyum. 

Lalu, apa kata kubu Prabowo mengenai rencana pertemuan hari ini? Di mana pertemuan akan diadakan

1. Jubir Prabowo-Sandi mengaku tak tahu apabila ada rencana pertemuan tersebut

Hari Ini Jokowi akan Bertemu Prabowo di Kereta MRT? IDN Times/Irfan Fathurohman

Juru bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengaku tak tahu apabila ada pertemuan antara Ketum Gerindra itu dengan Jokowi ketika dikonfirmasi oleh IDN Times pagi ini. 

"Saya gak tahu (soal rencana pertemuan itu)," kata dia singkat melalui telepon pada Sabtu pagi (13/7).

Baca Juga: Geruduk Kertanegara, Puluhan Emak Desak Prabowo Agar Tak Rekonsiliasi

2. Prabowo sempat memberikan petunjuk yang lebih jelas soal rencana pertemuan dengan Jokowi

Hari Ini Jokowi akan Bertemu Prabowo di Kereta MRT? ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Petunjuk yang lebih jelas disampaikan oleh Prabowo ketika ditemui oleh para pendukungnya pada Jumat malam (12/7). Video pertemuan tersebut kemudian diunggah ke akun media sosial timnya @indonesiaadilmakmur. Dalam video tersebut, Prabowo mengatakan tidak ingin ada perpecahan pasca terjadinya pemilu presiden. 

"Jangan kita ada rasa permusuhan dan perpecahan. Jadi, kalau saya ketemu nanti dengan tokoh-tokoh termasuk dengan Presiden Jokowi, yakinlah saya tidak akan berhenti berjuang untuk kepentingan rakyat," kata Prabowo di video tersebut. 

Masih belum diketahui dengan pasti di mana pertemuan Jokowi dan Prabowo akan dilangsungkan. Namun, dari agenda yang ada, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan akan naik kereta MRT dari stasiun Lebak Bulus. 

3. Jusuf Kalla sudah memberikan petunjuk pertemuan Jokowi-Prabowo akan terwujud usai Lebaran

Hari Ini Jokowi akan Bertemu Prabowo di Kereta MRT? IDN Times /Auriga Agustina

Sebelumnya, sinyal adanya pertemuan Jokowi dengan Prabowo sudah disampaikan pula oleh Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla. Bahkan, JK secara spesifik pernah menyampaikan pertemuan terealisasi pasca Lebaran 2019. 

"Pasti mungkin (akan bertemu). Nanti lagi diusahakan. Karena kemarin kan beliau ke luar negeri," kata JK pada (4/6) lalu di kediaman dinasnya.

Dia menjelaskan, pertemuan itu sedang dicari waktu yang tepat. Sedangkan Prabowo sendiri menyatakan akan menjalani proses konstitusional di Mahkamah Konstitusi.

"Prabowo tentu ingin menjalankan proses konstitusional," kata JK.

4. Jokowi membuka lebar-lebar pintu bagi siapa pun untuk bekerja sama

Hari Ini Jokowi akan Bertemu Prabowo di Kereta MRT? twitter.com/pdipsurakarta

Terkait wacana oposisi yang akan dirangkul oleh pemerintah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan Jokowi sudah membuka pintu akan hal itu. Bahkan, lanjut Moeldoko, Jokowi juga sudah mengatakannya saat resmi ditetapkan sebagai Presiden terpilih periode 2019-2024 di KPU beberapa waktu lalu.

"Presiden, siapa pun ayo bergabung, juga disebut secara nyata Pak Prabowo-Pak Sandi dan seterusnya. Ini sudah cukup, sudah cukup sebuah statement yang perlu dipahami oleh semuanya," kata Moeldoko pada (5/7) lalu. 

"Gak perlu lagi kita mesti mendorong dorong kanan-kiri karena ini sebuah statement yang nyata dari seorang presiden, dari seorang Pak Jokowi. Jadi mau apa lagi," katanya lagi.

Baca Juga: Moeldoko: Rekonsiliasi antara Jokowi-Prabowo Bukan Agenda Prioritas

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You