Comscore Tracker

Heboh Pelat Nomor Polisi di 5 Mobilnya, Arteria: Itu Cuma Tatakan

Sejumlah kendaraan milik Arteria diparkir di gedung DPR

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, menjelaskan soal lima pelat nomor yang sama yang dipasang di mobilnya. Nomor pelat yang sama dan menunjukkan dari instansi kepolisian itu menjadi perbincangan publik di media sosial hingga viral. 

Ada lima kendaraan yang memiliki pelat nomor kendaraan yang sama yakni Pajero Sport Dakar warna hitam, Toyota Vellfire warna hitam, Nissan X Trail warna putih, Toyota Fortuner warna putih, dan Mitsubishi Grandis warna hitam. Kelima kendaraan roda empat itu terlihat terpasang pelat Polri bernomor 4196-07. Namun, satu di antaranya juga dipasangi logo DPR di pelatnya. 

Lima kendaraan tersebut terparkir di parkiran Gedung Nusantara II. Kemunculan isu ini bersamaan waktunya dengan kemarahan warga Jawa Barat, atas pernyataan Arteria yang meminta agar Kepala Kejaksaan Tinggi dipecat. Politikus PDIP itu kesal karena Kajati menggunakan bahasa Sunda ketika sedang rapat dengan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. 

Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur VI itu tak membantah kelima kendaraan yang sudah disorot itu memang miliknya. Tapi, ia mengklaim hanya memiliki satu pelat nomor instansi kepolisian. 

"Itu kan kalau pelat nomor (sama), sudah saya katakan itu (pelat nomor) tatakan. Tatakan itu nanti kita isi dengan (pelat) nomor asli, nomor mobil yang biasanya (memang terpasang). Bisa juga diisi dengan nomor pelat khusus anggota DPR," ujar Arteria di gedung Parlemen Senayan, Jakarta Pusa, Kamis (20/1/2022). 

Apakah itu tandanya Arteria menggunakan pelat nomor instansi kepolisian ketika menumpang kendaraannya?

1. Arteria Dahlan berdalih hanya gunakan pelat nomor khusus DPR untuk berdinas

Heboh Pelat Nomor Polisi di 5 Mobilnya, Arteria: Itu Cuma TatakanAnggota komisi III dari fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan di gedung parlemen Senayan (www.instagram.com/@arteriadahlan)

Ketika ditanyakan, Arteria membantah menggunakan pelat nomor yang menunjukkan instansi kepolisian tersebut. Ia mengaku hanya menggunakan pelat nomor khusus anggota DPR.

"Gak (dipakai nomor pelat instansi kepolisian). Coba nanti bisa dilihat. Mudah-mudahan saya itu bisa tertib. Teman-teman kan bisa melihat bagaimana saya bekerja di DPR kan," ungkap Arteria kepada media. 

Ia pun berharap bisa tetap konsisten bekerja dengan baik dan disiplin. Sebagai informasi, warga sipil tidak dibolehkan menggunakan pelat nomor yang menunjukkan instansi kepolisian. Pelat nomor itu khusus hanya untuk anggota kepolisian. 

Padahal, sejak awal 2021, anggota DPR telah memiliki nomor pelat khusus anggota dewan. Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, bahkan menyebut pelat nomor khusus anggota parlemen tersebut sudah diketahui kepolisian. 

"Jadi, urgensinya mengetahui sebagai kendaraan anggota DPR," ungkap Sahroni pada Mei 2021. 

Baik Arteria maupun Sahroni sama-sama bertugas di komisi yang fokus di isu hukum, yang salah satu mitranya adalah kepolisian. 

Baca Juga: Gara-gara Bahasa Sunda, Arteria Kena Sanksi Peringatan dari PDIP

2. Arteria klaim lima mobil mewah sudah dibeli sebelum terpilih jadi anggota DPR

Heboh Pelat Nomor Polisi di 5 Mobilnya, Arteria: Itu Cuma TatakanAnggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi III dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan (Youtube.com/DPR RI)

Sementara, ketika ditanya soal kepemilikan kendaraan mewah itu, Arteria mengaku sudah membelinya sebelum terpilih menjadi anggota DPR. Tetapi, saat dibandingkan dengan laporan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak semua mobil tersebut dilaporkan Arteria. 

Arteria hanya melaporkan kepemilikan mobil Nissan X-Trail minimbus produksi 2008. Ketika itu, ia membelinya sendiri dengan harga Rp150 juta. Sedangkan, sisa empat mobil mewah lainnya tak ada di laporan harta kekayaannya ke komisi antirasuah. 

Ia memarkir mobil-mobil tersebut di parkiran basement Nusantara II lantaran rumahnya sedang direnovasi. "Nanti tanya Pak Utut. Beliau udah pernah ke rumah saya, lagi direnov. Jadi, clear lah yang seperti itu. Itu tatakan jadi bisa dislot, tahu kan ya temen-teman. Disarungkan lah gitu," kata Arteria. 

3. MKD imbau Arteria pakai pelat nomor khusus anggota DPR

Heboh Pelat Nomor Polisi di 5 Mobilnya, Arteria: Itu Cuma Tatakan(Anggota DPR Arteria Dahlan) www.instagram.com/@najwashihab

Sementara, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Habiburokhman mengimbau koleganya di Komisi III, Arteria Dahlan, menggunakan kendaraan dengan pelat khusus anggota parlemen. Sebab, pelat tersebut sudah disiapkan khusus bagi anggota DPR dan telah dibuatkan aturannya.

"Saat ini kita sudah punya pelat khusus anggota DPR. MKD mendorong anggota supaya pakai pelat itu saja," ujar Habiburokhman pada media hari ini, menanggapi heboh pemberitaan Arteria menggunakan pelat nomor kepolisian. 

Habiburokhman enggan berbicara lebih banyak mengenai isu kepemilikan pelat nomor kepolisian di mobil Arteria. Dia hanya merujuk pernyataan Polri bahwa pelat tersebut memang atas nama Arteria.

"Soal pelat nomor itu kan sudah disampaikan oleh Polri memang atas nama Pak Terry (Arteria Dahlan). Mungkin itu didapat saat periode lalu, sebelum 2019. Saya juga gak paham," kata dia.

Ia pun mengaku tidak mempermasalahkan bila lima mobil milik Arteria diparkir di ruang parkir gedung Nusantara. Asal, mobil-mobil itu tidak diparkir di jalan.

"Kalau mobil parkir tidak pakai pelat nomor pun gak ada masalah. Yang penting jangan dipakai saat jalan," tutur Habiburokhman. 

Baca Juga: Dimusuhi Orang Sunda, Arteria Dahlan Jadi Trending di Media Sosial

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya