Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar Jakarta

Peta bencana menunjukkan ada 30 laporan titik banjir

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur ibukota sejak Jumat malam (7/2) akhirnya menyebabkan genangan bahkan banjir di beberapa area. Alhasil, warga ibukota mulai kesulitan untuk beraktivitas di akhir pekan ini. 

Berdasarkan aplikasi peta bencana, terdapat 30 laporan banjir dalam satu jam terakhir. Laporan tersebut disampaikan oleh warga. Apabila dilihat dari aplikasinya maka titik banjir paling banyak berada di sekitar utara Jakarta, khususnya di Kelapa Gading. 

Bahkan, underpass Kemayoran kembali terendam air banjir usai sebelumnya berhasil disedot menggunakan beberapa pompa. Lalu, di mana lagi titik-titik banjir lainnya?

Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar Jakarta(Tangkapan layar dari aplikasi peta bencana per Sabtu, 8 Februari 2020) www.petabencana.id

1. Area Kelapa Gading sudah terendam air banjir, khususnya di depan Mall Kelapa Gading

Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar JakartaDok. Humas Polresta Bandung

Dari pantauan di akun @TMCPoldaMetro, sudah beberapa laporan di area Kelapa Gading, Jakarta Utara yang direndam air banjir. Salah satunya berada di depan pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading. 

Jalan RE Martadinata yang biasanya digunakan oleh warga untuk menuju ke area Ancol juga terendam air banjir. Menurut keterangan Polda Metro Jaya, hanya kendaraan besar yang dapat melintas. 

Selain itu, area di bagian timur yang berdekatan dengan Kelapa Gading yakni Pulo Gadung juga terendam air banjir. 

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

2. Terowongan Semanggi juga digenangi air banjir setinggi 20 centimeter

Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar JakartaIDN Times/Candra Irawan

Sementara, banjir juga menggenangi area Jakarta Selatan dan pusat. Di terowongan Semanggi, air banjir sudah menggenangi setinggi 20 centimeter. Polisi meminta agar pengendara yang melintasi daerah tersebut agar berhati-hati. 

Begitu pula yang melewati daerah Bungur, Kemayoran, Jakarta Pusat. Genangan air terlihat sudah mulai tinggi. 

3. Underpass Kemayoran kembali direndam air banjir

Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara, area lain yang menjadi langganan banjir yakni underpass Kemayoran kembali terendam air banjir. Tinggi air saat ini sudah mencapai sekitar 2,5 meter. Menurut keterangan Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Kemayoran Unggul Wibowo, air sudah mulai naik dan menutupi underpass sekitar pukul 03:00 dini hari tadi. 

"2.5 meter hujan saat ini masih deras," ujar Unggul kepada media hari ini. 

Apabila kalian ingin mengetahui atau melaporkan lokasi banjir, bisa mengakses ke peta bencana atau menghubungi call centre TMC Polda Metro Jaya di nomor (021) 5275090 atau bisa kirim SMS ke nomor 1717.

Baca Juga: Termasuk Sekolah, Ini yang Dibutuhkan Korban Banjir Bandang Barus

Topik:

Berita Terkini Lainnya