Comscore Tracker

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19

Jangan lupa langsung mandi ya begitu tiba di rumah

Jakarta, IDN Times - Di masa pandemi COVID-19 ini, idealnya kita memang berdiam di rumah untuk membantu memutus tali penyebarluasan virusnya. Namun, pada kenyataannya tidak semua individu bisa tetap berada di rumah.

Masih ada sebagian perusahaan yang meminta karyawannya untuk masuk bekerja. Selain itu, para pekerja harian juga harus tetap mencari nafkah dengan berada di luar rumah. 

IDN Times memiliki tip bagi kalian yang kembali ke rumah usai seharian berada di luar. Tip ini sesuai dengan protokol kesehatan yang dikutip dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Dalam Negeri. Berikut panduannya untuk kalian: 

1. Buka sepatu sebelum masuk ke dalam rumah

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19earlyexperts.net/

Ketika kalian masuk ke dalam rumah, pastikan kedua sepatu sudah dilepas. Jangan biasakan masuk ke dalam rumah dengan sepatu masih terpasang. Ini sama saja dengan membawa masuk kuman dan potensi virus corona ke dalam rumah. 

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Protokol untuk Penanganan Virus Corona, Apa Saja?

2. Semprot dengan cairan disinfektan ke benda-benda yang digunakan termasuk sepatu

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19unsplash.com

Setelah itu, semprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang kalian pakai ketika berada di luar rumah. Itu termasuk sepatu, ponsel, baju, tempat minum atau tas. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memang belum menyebut cairan disinfektan ini ampuh untuk membunuh virus. Sementara, dokter juga mewanti-wanti agar tidak menyemprotkan cairan ini ke kulit tubuh lantaran bisa menimbulkan iritasi. 

3. Begitu tiba di rumah jangan langsung beristirahat

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19pexels/ivan Oboleninov

Begitu kalian tiba di rumah, jangan langsung menuju kamar dan beristirahat. Ganti lah baju kalian dan langsung mandi. 

4. Pakaian yang dikenakan langsung dicuci dengan menggunakan deterjen

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19(Gambar protokol pulang ke rumah usai bepergian) IDN Times/Arief Rahmat

Begitu tiba, ganti baju kalian dan langsung dicuci dengan menggunakan deterjen. Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, dr. Achmad Yurianto mengatakan virus corona mudah hancur bila terkena deterjen. 

"Tidak perlu mencari sesuatu yang sulit, karena secara ilmiah sudah dibuktikan bahwa virus ini rentan dan mudah hancur jika terkena sabun, terkena deterjen," kata pria yang akrab disapa Yuri itu ketika memberikan keterangan pers pada (27/3) lalu. 

5. Begitu tiba jangan sentuh benda-benda apapun yang berada di rumah

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19freepik.com/pressfoto

Protokol lainnya yaitu begitu tiba di rumah, jangan kemudian memegang benda apapun. Sebab, virus corona akan menular melalui droplet atau cairan. Bila kita terpapar virus corona, lalu belum mencuci tangan sudah menyentuh makanan atau benda-benda yang ada di rumah, maka hal tersebut berpotensi menularkan virusnya ke orang lain. 

6. Langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Cara ini diklaim ampuh oleh WHO untuk mematikan virus corona. Lakukan aktivitas ini lebih sering dan gunakan pelembab agar tangan tidak kering. 

7. Buang semua benda yang tidak dibutuhkan dan dibeli dari luar rumah

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19pixabay.com/Alexas_Fotos-686414

Selanjutnya buang benda-benda yang tidak dibutuhkan dan dibawa dari luar. Salah satu contohnya ketika membeli minuman atau makanan dari luar rumah, langsung buang ke tempat sampah agar tidak menjadi sarang penyebaran virus. 

8. Mandi dengan menggunakan sabun

Ini 8 Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian di Masa Pandemi COVID-19Pexels/Andrea

Langkah yang harus segera dilakukan usai bepergian ke luar rumah di kala pandemi ini yakni mandi dengan menggunakan sabun. Jangan tunda aktivitas ini ya, guys, karena dengan virus corona yang mungkin terbawa ketika berada di luar rumah bisa langsung mati usai terkena sabun. 

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Baca Juga: Termasuk Virus Corona, Ini 7 Hewan yang Pernah Bawa Virus Mematikan

Topic:

  • Santi Dewi
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya