Ini Alasan Kaesang Pilih Tanggal Menikah 10 Desember 2022

Kaesang bakal undang 3.000 tamu selama 2 hari pernikahan

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, mengungkapkan alasan di balik pemilihan tanggal pernikahan yang jatuh pada 10 Desember 2022. Menurut Kaesang, sebelum memilih tanggal, ia harus menyesuaikan dengan agenda Jokowi.

"Karena di tanggal itu (yang) bapak bisa," ujar Kaesang di Jakarta, dan dikutip dari kantor berita ANTARA, Senin (21/11/2022).  

Kaesang pada akhir pekan lalu berada di Jakarta untuk memperingati ulang tahun dan relaunching produk makanan Sang Pisang di Cikini, Jakarta Pusat. Ia menyebut terdapat konsep baru dari produk makanan tersebut. Sambil berseloroh, dia mengatakan usahanya tetap dilanjutkan demi modal nikah hingga berbulan madu. 

"Ya, ini (Sang Pisang) buat modal nikah, sudah alhamdulillah. Sama modal honeymoon. Kan kita nyarinya dari sini juga," tutur dia. 

Kaesang menjelaskan keduanya bakal menggelar akad nikah di Yogyakarta. Menurut adik dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu, persiapan pernikahannya sudah 100 persen. 

"(Persiapan) sudah 100 persen. Sudah selesai dari bulan lalu, kok," katanya. 

Kaesang menyebut resepsi pernikahan bakal digelar dua hari. Pernikahannya dengan Erina bakal menggunakan adat Solo dan Yogyakarta. 

Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, dan Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, yang menjadi bagian dari panitia pada akhir pekan kemarin, telah meninjau salah satu lokasi pernikahan Kaesang-Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo. Seperti apa konsep acara pernikahan Kaesang pada 10 Desember mendatang?

1. Bakal ada pesta rakyat pada hari pernikahan Kaesang-Erina

Ini Alasan Kaesang Pilih Tanggal Menikah 10 Desember 2022Kaesang Pangarep (kiri) dan calon istri, Erina Gudono (kanan) (www.instagram.com/@erinagudono)

Sementara, ketika ditanyakan kepada Erick, resepsi Kaesang-Erina juga akan digelar untuk masyarakat umum. Oleh sebab itu, Erick perlu memastikan ketika festival dan pernikahan digelar nanti, bisa berjalan lancar dan tidak menyulitkan masyarakat. 

"Nanti, akan ada juga kegiatan buat masyarakat di mana ada festival-festival kecil. Jadi, ada hiburan bagi masyarakat dan juga pernikahan," ungkap Erick kepada media, Minggu, 20 November 2022. 

Meski begitu, Erick belum bersedia membeberkan detail acara, termasuk kapan kegiatan di Pura Mangkunegaran bakal digelar. "Saya belum bisa komunikasikan detail (iring-iringan dan waktunya), tapi ada festival kecil-kecilan dan ada sembilan panggung bagi masyarakat," tutur dia. 

Namun, dia menyebut, kemeriahan pesta rakyat itu sengaja ditujukan bagi warga Solo. Apalagi, Jokowi merupakan warga Solo. 

"Jadi, kemeriahan itu dirasakan (dapat dirasakan) oleh masyarakat Solo, karena Bapak (Jokowi) kan memang di Solo sebelumnya," ujar Erick.  

Baca Juga: Kaesang Menikah 10 Desember, Gelar Resepsi 2 Hari Undang 3.000 Tamu

2. Iriana Jokowi berpesan agar Kaesang tetap bersemangat

Ini Alasan Kaesang Pilih Tanggal Menikah 10 Desember 2022Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Meski detail pernikahannya belum banyak yang diungkap ke publik, tetapi Kaesang memastikan bakal mengundang sekitar 3.000 tamu. 

Kaesang juga merespons dengan gurau ketika ditanya, apakah ada pesan khusus yang dititipkan Iriana jelang hari pernikahannya. "Ibu bilang semangat. Mas Gibran bilang bagus. Mbak Ayang bilang mantap! (Bapak) bilang jos," kata dia. 

Jelang hari pernikahannya, Kaesang makin sibuk dan fokus mengembangkan bisnisnya. Mulai dari mengelola klub bola Persis Solo hingga usaha kuliner Sang Pisang. 

Sebelumnya, melalui akun media sosial, Kaesang memamerkan foto prewed dengan Erina yang mengenakan jersey bola. Lokasi pengambilan foto prewedding itu dilakukan di markas Persis, Stadion Manahan, Solo.

Kaesang juga sebelumnya tertangkap kamera berkunjung ke kediaman Erina di Yogyakarta pada 23 Oktober 2022. Dalam kunjungan itu, juga terlihat sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Ketika itu, Kaesang mengatakan semua persiapan pernikahannya sudah rampung 100 persen. 

3. Acara pernikahan di Yogyakarta hanya dihadiri keluarga inti

Ini Alasan Kaesang Pilih Tanggal Menikah 10 Desember 2022Prewedding Kaesang Pangarep-Erina Gudono (Instagram.com/erinagudono)

Lebih lanjut, Kaesang mengatakan, respesi pernikahan yang digelar di Yogyakarta hanya akan dihadiri keluarga inti. Sementara, pernikahan di Solo lebih banyak dihadiri pejabat yang notabene kolega sang ayah. 

"Tamu nanti banyak di Solo. Kalau di Jogja hanya untuk keluarga. Untuk menteri-menteri itu urusan bapak. Aku cuma ngatur kapan-kapannya aja," kata Kaesang. 

Baca Juga: Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya