Comscore Tracker

Ini Penyebab Listrik di Sebagian Wilayah Jawa dan Bali Padam

PLN mengimbau masyarakat mengurangi konsumsi listrik

Jakarta, IDN Times - Apakah kalian Rabu kemarin (5/9) turut mengalami pemadaman listrik secara bergilir? Kalau ya, maka kesalahan itu bukan disebabkan kalian belum membayar tagihan listrik. Melainkan memang akibat pemadaman dari PLN. 

Manajer Teknis PLN Rayon Probolinggo Kadek Adi Dwi Purwaka mengatakan, pihaknya memang melakukan pemadaman di beberapa lokasi Pulau Jawa dan Bali. Prosedur ini dilakukan untuk menghindari blackout atau pemadaman total di Jawa-Bali, setelah pasokan listrik 70 KV dari PLTU Paiton mengalami gangguan. 

"Padamnya listrik dikarenakan gangguan transmisi. Akibatnya, tidak hanya Probolinggo yang padam, tetapi beberapa kota lain juga mengalami hal yang sama," ujar Kadek, Rabu (5/9) ke media. 

Sementara, Manager Komunikasi dan Hukum PLN Distribusi Jawa Timur Dwi Suryo Abdullah mengatakan, pemadaman berlangsung selama tiga jam pada hari itu yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB. 

Lalu, apa langkah antisipasi yang ditempuh PLN untuk menormalkan arus listrik?

1. PLN mengimbau warga mengurangi pemakaian listrik untuk sementara waktu

Ini Penyebab Listrik di Sebagian Wilayah Jawa dan Bali PadamANTARA FOTO/Jojon

Saat ini, kondis kelistrikan di Bali sudah mulai berangsur normal. Tetapi, untuk antisipasi beban puncak PLN mengimbau agar warga bisa mengurangi pemakaian listrik sementara waktu. Dengan begitu, defisit daya yang terjadi kemarin tidak kembali terulang. 

Sementara, di wilayah Jawa Timur, pemadaman ditekan dengan cara melokalisir daerah yang mengalami gangguan. Tujuannya, agar tidak memperburuk kondisi yang terjadi. 

"Kami terus berupaya untuk menormalkan kembali jalur yang terganggu agar energi listriknya dapat dialirkan kembali. Langkah tersebut terus dilakukan hingga sore kemarin, pada 38 gardu induk 150 KV yang ada di Jawa Timur," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I I Made Suprateka hari ini, Kamis (6/9) seperti dikutip dari Antara

Baca Juga: Listrik Padam Akibat Gempa di Lombok, Begini Penjelasan PLN

2. Listrik padam karena adanya gangguan di sisi pembangkit

Ini Penyebab Listrik di Sebagian Wilayah Jawa dan Bali PadamANTARA FOTO/Jojon

Sementara, Supervisor Operator PLN Area Kediri Ari Rahmat mengatakan padamnya listrik di Blitar, Nganjuk, Kediri, Madiun, Tulungagung, dan Trenggalek, akibat adanya gangguan di sisi pembangkit. 

"Jadi, bukan karena pemadaman yang direncanakan oleh PLN," ujar Ari. 

Selain terjadi pemadaman di wilayah Jawa Timur, listrik juga padam di sejumlah wilayah Jawa Barat yakni Bekasi, Bandung, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, hingga Bogor. Namun, mulai hari ini, listrik di daerah-daerah tersebut kini sudah kembali normal.

3. PLN memohon maaf kepada pelanggan

Ini Penyebab Listrik di Sebagian Wilayah Jawa dan Bali PadamANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Akibat listrik padam, PLN pun meminta maaf kepada para pelanggan. PLN juga menyampaikan informasi ke mana para pelanggan bisa menyampaikan keluh kesahnya kalau terjadi permasalahan. Pelanggan bisa menghubungi contact center PLN 123, Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, e-mail pln123@pln.co.id, dan aplikasi PLN mobile

"Sekali lagi kami mohon maaf, dan meminta pengertian dari semua pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini. Kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem listrik agar kembali normal," ujar Made. 

Baca Juga: PLN Targetkan 1.200 Desa di Papua Teraliri Listrik Tahun Ini

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You