Jokowi Belum Tunjuk Pengganti Laksamana Yudo untuk Menjabat KSAL

Yudo bakal jabat Panglima TNI kurang dari setahun

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum menunjuk pengganti Laksamana Yudo Margono pada posisi jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Kursi KSAL segera kosong karena Yudo ditunjuk oleh Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Ini menjadi kali pertama di era kepemimpinan Jokowi, Panglima TNI dijabat oleh KSAL.

"Jadi, belum (ada pengganti KSAL), karena proses di DPR belum selesai. Jadi, nanti secepatnya (akan dicari penggantinya). Tentu saja bapak presiden sudah menyiapkan beberapa calon. Tentu kami menunggu proses di DPR untuk persetujuan usulan terhadap calon Panglima TNI," ungkap Pratikno menjawab pertanyaan IDN Times ketika memberikan keterangan pers pada Senin sore, (28/11/2022) di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Sementara, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa mekanisme selanjutnya yang akan dilalui Yudo adalah uji kepatutan dan kelayakan. Namun, Puan belum mengungkap kapan uji kepatutan dan kelayakan bagi Yudo digelar di komisi I DPR.

"Secepatnya (fit and proper test akan digelar). Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, fit and proper test digelar sebelum penutupan tanggal 15 Desember, maka pergantian Panglima TNI sudah selesai," ujar Puan.

Dalam pemberian keterangan pers itu, Puan turut menegaskan surpres soal calon Panglima TNI baru diterima oleh DPR dari Istana pada hari ini. Ia juga menepis spekulasi yang menyebut surpres sudah sempat dikirimkan ke parlemen pada (23/11/2022) lalu ditarik lagi oleh Istana.

"Pergantian atau wacana merubah nama (di dalam surpres) yang sudah ada minggu lalu, kemudian diganti minggu ini. Itu tidak benar sama sekali. Karena sempat ada spekulasi surat sudah dikirim lalu diambil kembali, karena ada pernyataan jangan-jangan ada pergantian nama yang diusulkan oleh presiden. Hal ini tidak benar sama sekali," kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut.

Di sisi lain, masa Yudo menjabat Panglima TNI tergolong singkat. Sebab, ia bakal pensiun pada November 2023.

Baca Juga: Mensesneg Ungkap Pertimbangan Presiden Pilih Calon Panglima TNI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya