Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit pada HUT ke-76 TNI 

Tiga prajurit TNI dinilai lakukan tugas lebih dari kewajiban

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan penghargaan kepada tiga prajurit TNI pada HUT ke-76 yang diperingati pada Selasa (5/10/2021). Tiga prajurit yang berasal dari matra laut, udara dan darat itu dinilai telah menunaikan tugas melebihi dari kewajibannya. 

"Mereka diberikan penghargaan karena di bidang tugas kemiliteran menunjukkan, kemampuan, kebijaksanaan dan jasa yang luar biasa melebihi kewajiban serta kemajuan TNI AD, TNI AL dan TNI AU, tanpa merugikan tugas pokoknya," ujar Sekretaris Militer Presiden, Marsma Tonny Harjono di Istana Merdeka hari ini. 

Tonny menjelaskan keputusan pemberian tanda penghargaan tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 15, 19, 95 TK Tahun 2021 yang ditetapkan pada 20 September 2021. Mereka menerima tanda penghargaan Bintang Ekapaksi Nararia, Bintang Jalasena Nararia, dan Bintang Swa Bhuana Paksa Nararia. 

Siapa saja tiga prajurit TNI yang menerima tanda penghargaan dari Presiden Jokowi di HUT ke-76?

1. Daftar tiga prajurit TNI yang terima penghargaan dari Presiden Jokowi

Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit pada HUT ke-76 TNI Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada tiga prajurit TNI dalam HUT ke-76 di Istana Merdeka (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Berikut adalah daftar penerima tanda bintang jasa dari Presiden Jokowi di HUT ke-76 TNI:  

  1. Bintang Kartika Eka Paksi Nararia: Kolonel Infanteri Anwar (Wadanpusdiklatpassus Kopassus)
  2. Bintang Jalasena Nararia: Kapten Laut Teknik Rohani Sapporo Nur (Wadanden 6 Sat Kopaska Koarmada 1)
  3. Bintang Swa Bhuana Paksa: Serka Wawan Agus Setiawan (Bintara Pasvit Pom Lanud Husein Sastranegara).

HUT ke-76 TNI masih diperingati dengan sederhana, dibatasi dan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19. Berbeda dengan tahun sebelumnya, HUT ke-76 dilakukan di Istana Merdeka. 

Baca Juga: Sejarah Pembentukan TNI dan Ini Panglima Pertamanya 

2. Jokowi apresiasi peran TNI dalam mengatasi pandemik COVID-19

Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit pada HUT ke-76 TNI Presiden Jokowi ketika memimpin HUT ke-76 di Istana Merdeka (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Sementara, dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap seluruh prajurit TNI. Sebab, dalam penanganan pandemik COVID-19, TNI termasuk menjadi salah satu pihak yang diandalkan. Khususnya, pelaksanaan vaksinasi. 

"Penanganan COVID-19 ini tidak lepas dari peran besar TNI. TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan. Kemampuan perorangan, kemampuan satuan, kemampuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan untuk menunaikan tugas yang diberikan," ungkap Jokowi pagi ini di Istana Merdeka. 

Dalam pidatonya itu pula, Jokowi tetap meminta TNI agar selalu siaga dalam menghadapi ancaman di skala yang lebih luas, contohnya pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, ancaman biologi hingga ancaman bencana alam. 

Ia juga menekankan bahwa perlu dilakukan transformasi pertahanan di mana prajurit TNI menjadi pondasinya. "TNI harus menunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta. Mereka defensif, aktif dan memiliki pertahanan berlapis," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

3. HUT ke-76 TNI dimeriahkan atraksi fly pass 18 jet tempur

Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit pada HUT ke-76 TNI Ilustrasi jet tempur yang bakal melintas di atas Istana Negara pada HUT ke-76 TNI (www.instagram.com/@militer.udara)

Sementara, selain memberikan tanda penghargaan, TNI juga menampilkan atraksi dan manuver di udara. TNI Angkatan Udara pada pagi ini memamerkan 18 jet tempur terbaik dan 8 helikopter. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan delapan helikopter terbagi ke dalam dua elemen. Elemen pertama terdiri dari 4 helikopter, terdiri dari 1 Helikopter NAS-332 Super Puma Skuadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja dan 3 Helikopter AH-64 E Apache Skuadron-11/Serbu milik TNI AD. 

"Elemen pertama akan membawa bendera merah putih berukuran 20 X 30 meter," kata Indan. 

Sedangkan, elemen kedua yang tersusun dari 4 helikopter terdiri dari 1 Helikopter EC-725 Caracal Skuadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dan 3 Helikopter AS565 MBe Panther Skuadron Udara 400 Wing II, TNI AL. Elemen kedua bertugas membawa bendera Trimatra TNI. 

"Mereka menggunakan call sign trimatra flight dan akan melintasi langit Istana Merdeka Jakarta," tutur dia. 

Sementara, 18 pesawat tempur TNI AU yang melakukan atraksi terdiri dari 6 pesawat tempur T-50i Golden Eagle 'Golden Flight' dari Skuadron Udara 15, 6 F-16 Fighting Falcon 'Dragon Flight' dari Skuadron Udara 3 dan 6 pesawat tempur SU-27/30 'Bajra Flight' dari Skuadron Udara 14 dan 11. 

Baca Juga: Tes Keperawanan Tinggalkan Trauma Calon Prajurit TNI Perempuan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya