FOTO: Jokowi Diajak Presiden Moon Blusukan ke Tanah Abangnya Korsel

Warga Seoul pun terkejut ada dua presiden tengah blusukan

Jakarta, IDN Times - Bukan hanya Presiden Joko "Jokowi" Widodo saja ternyata yang menyukai blusukan. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In pun juga mengajak Jokowi blusukan ke pusat perbelanjaan mirip seperti yang ada di Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Nama pusat perbelanjaan itu adalah Dongdaemun. Bedanya, Dongdaemun merupakan pusat fashion bagi anak muda Negeri Ginseng itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mulai blusukan usai makan malam di Blue House pada Senin (10/9). Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Dongdaemun tiba di sana sekitar pukul 19.30 waktu setempat. Mereka lalu menikmati Rose Garden, taman yang terdiri dari ribuan mawar buatan dan dihiasi lampu LED. 

Dari Rose Garden, Moon dan Jokowi menuju ke Dongdaemun Design Plaza. Lalu, bagaimana reaksi Iriana dan Jokowi ketika diajak blusukan ke pusat fashion anak muda Korsel itu?

1. Warga Seoul terkejut dua kepala negara masuk ke pusat perbelanjaan

FOTO: Jokowi Diajak Presiden Moon Blusukan ke Tanah Abangnya Korsel(Presiden Joko Widodo dan Moon Jae-In tiba di Dongdaemun Design Plaza) www.twitter.com/@kangdede

Begitu Jokowi dan Moon tiba di pusat perbelanjaan Dongdaemun dengan berjalan kaki, warga Seoul pun merasa terkejut. Jarang-jarang ada pemimpin negara yang blusukan. 

Maka, mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk meminta swafoto. Melihat area di Dongdaemun, Jokowi nampak antusias. Ia memuji lokasi perbelanjaan itu rapi dan harga-harga barangnya cukup murah. Ada sekitar 30 ribu pedagang di kawasan itu dan dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan. 

Menurut Jokowi, Dongdaemun bisa dijadikan model di Indonesia untuk mendirikan tempat belanja murah dan rapi.

Baca Juga: Jokowi Diberi Sambutan Unik Ala Raja Korea oleh Presiden Korsel

2. Iriana Jokowi pun tertarik membeli pakaian di Design Plaza

FOTO: Jokowi Diajak Presiden Moon Blusukan ke Tanah Abangnya Korsel(Ibu Negara Iriana Jokowi tengah melihat koleksi jaket di Dongdaemun Design Plaza) www.twitter.com/@kangdede

Menurut Menlu Retno Marsudi, Dongdaemun merupakan tempat bagi anak-anak muda mencari inspirasi tren fashion masa kini. Harga pakaiannya pun beragam, ada yang murah hingga yang mahal. 

"Semuanya ada. Bahkan, katanya KPop Idol juga suka mencari baju dan aksesoris di sini lho," tulis Retno di akun media sosialnya pada Senin malam (10/9). 

Selain Retno dan mitranya, Menlu Korsel, Kang Kyung-Wha yang tertarik mengunjungi pasar tersebut, Ibu Negara pun tidak mau ketinggalan. Bahkan, Iriana terlihat sempat membeli beberapa pakaian di Design Plaza. 

3. Jokowi dan Moon Jae-In terlihat begitu akrab

FOTO: Jokowi Diajak Presiden Moon Blusukan ke Tanah Abangnya Korsel(Presiden Moon Jae-In tengah mengajak penjual di Dongdaemun berbincang soal pakaian yang dijual di sana) www.twitter.com/@kangdede

Chemistry di antara Jokowi dengan Moon Jae-In begitu cair. Apalagi Jokowi pada November 2017 sudah lebih dulu mengajak Moon blusukan ke sebuah pusat perbelanjaan UMKM di area Bogor. Bahkan, Jokowi juga sempat mengajak Moon untuk mencicipi teh dengan merek Tongji. 

Jokowi pun kerap terlihat tertawa ketika blusukan bersama Moon. Mantan Gubernur DKI itu mengatakan kawasan Dongdaemun mirip Tanah Abang di Jakarta Pusat. 

"Saya melihat kawasan Tanah Abang-nya kota Jakarta," kata Jokowi kepada Moon. 

Usai berkeliling di area pusat perbelanjaan itu selama 45 menit, Jokowi dan Iriana kembali ke Hotel Lotte, tempat mereka menginap. 

Baca Juga: Kejutan untuk Jokowi: Ditemui Boyband Super Junior!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya