Jokowi Pamer RI Bisa Produksi Sendiri 55 Jenis Alkes Lawan COVID-19

Jokowi berharap hasil riset bisa langsung diproduksi massal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku bangga karena di tengah situasi yang mepet dan terbatas, Indonesia masih bisa menemukan 55 jenis alat kesehatan untuk melawan COVID-19. Dari 55 jenis alkes itu, sebanyak sembilan produk di antaranya turut diboyong ke Istana Merdeka dan dilihat sendiri oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Sembilan produk yang dibawa ke Istana adalah alkes unggulan yang beberapa di antaranya sudah melalui proses uji klinis dan siap diproduksi massal. Salah satu yang ia tunjukkan adalah ventilator buatan dalam negeri. 

"Ini ventilator buatan dalam negeri yang sudah diproduksi. Ini bisa diproduksi kurang lebih 200. Kemudian, ini juga sama (ventilator), sudah bisa diproduksi sampai 200 juga," kata Jokowi seperti dikutip dari situs Sekretariat Negara pada Kamis (21/5). 

Ada tiga jenis ventilator yang ditunjukkan oleh Jokowi dalam video yang bisa disaksikan oleh publik. Dua ventilator dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  bekerja sama dengan PT LEN Industri dan PT Dharma Polimetal. Ventilator kedua, merupakan hasil pengembangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Khusus produk ventilator ITB sudah siap diproduksi sebanyak 1.000 unit. 

Ventilator menjadi alkes yang diperebutkan karena menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan bagi pasien COVID-19 dalam kondisi kritis. Salah satu organ yang diserang oleh virus Sars-CoV-2 adalah paru-paru sehingga mereka sering kali merasa kesulitan bernafas. Untuk membantu proses pernafasan itu dibantu dengan ventilator. 

"Saya kira kalau kita memang kepepet, itu semua bisa dilakukan. COVID-19 itu kan dimulai Maret. Kita langsung bergerak dan ternyata bisa membuatnya sendiri serta tak perlu impor," kata dia lagi. 

Lalu, apa saja 55 alkes yang sudah berhasil diproduksi oleh anak bangsa dan dipamerkan oleh Jokowi itu?

1. Daftar sembilan produk unggulan yang disaksikan oleh Jokowi langsung

Jokowi Pamer RI Bisa Produksi Sendiri 55 Jenis Alkes Lawan COVID-19(Presiden Jokowi tengah menunjukkan salah satu riset untuk melawan COVID-19) Biro Pers Istana

Berikut adalah daftar sembilan produk inovasi unggulan untuk melawan COVID-19 yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi: 

  1. PCR test kit: alat tes berupa swab yang memiliki akurasi tinggi;
  2. Rapid test kit: alat tes cepat dari sampel darah;
  3. Ventilator: mesin bantu pernapasan untuk pasien COVID-19 dengan kondisi kronis;
  4. Produk immunomodulator: obat yang dapat meningkatkan sistem imun berasal dari bahan herbal;
  5. Plasma konvalesen: bekerja sebagai vaksin pasif dengan cara menyuntikkan plasma darah pasien COVID-19 yang sudah sembuh ke pasien dengan kondisi kronis;
  6. Mobile lab BSL-2: laboratorium bergerak yang bisa digunakan untuk menguji sampel PCR dan sudah sesuai dengan standar WHO
  7. AI detektor COVID-19: dapat mendeteksi keberadaan virus corona dalam paru-paru menggunakan CT scan;
  8. Autonomous UVC Mobile Robot: mesin yang bisa mensterilkan ruangan;
  9. Purifying respirator: air purifier.

Melihat adanya sembilan produk unggulan tersebut, mantan Wali Kota Solo itu pun merasa optimistis bisa melawan COVID-19 dengan produk buatan dalam negeri. 

"Saya sangat optimistis bahwa hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan hanya impor, sekarang bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri," tutur Jokowi. 

Dengan mengurangi impor, maka anggaran yang ada bisa dihemat untuk penanganan COVID-19. 

Baca Juga: Puji Alat Tes COVID-19 Buatan Anak Negeri, Menristek: Bisa Tekan Biaya

2. Presiden Jokowi berharap karya inovasi untuk melawan COVID-19 tidak berhenti sebagai purwarupa

Jokowi Pamer RI Bisa Produksi Sendiri 55 Jenis Alkes Lawan COVID-19(Presiden Jokowi tengah menunjukkan produk unggulan buatan dalam negeri lawan COVID-19) Biro Pers Istana

Sementara, untuk inovasi RT-PCR test kit, Indonesia sudah dapat memproduksi sebanyak 100 ribu unit dan dikembangkan oleh PT Bio Farma. Untuk alat uji cepat (rapid test) merupakan pengembangan dari PT Hepatika Mataram, dengan BPPT, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada. Produk itu siap diperbanyak 1.000 unit. 

"Saya rasa ini menjadi sebuah kebanggaan karena bisa diproduksi di dalam negeri dan kalau memang nanti di dalam sudah mencukupi (kebutuhannya), justru bisa kita ekspor ke negara lain," kata Jokowi. 

Presiden juga berharap agar inovasi dan riset buatan anak bangsa tidak sekedar berakhir di laboratorium dan purwarupa saja. Jokowi ingin agar riset itu berlanjut hingga ke tahap produksi massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan mancanegara. 

3. 11 dari 57 produk inovasi buatan anak bangsa yang diklaim bisa melawan COVID-19

Jokowi Pamer RI Bisa Produksi Sendiri 55 Jenis Alkes Lawan COVID-19(Proses pengambilan keterangan ABK Long Xing oleh Bareskrim Mabes Polri) ANTARA FOTO

Berikut adalah daftar 11 dari 57 produk inovasi yang berhasil dihasilkan oleh konsorsium Kemenristek. Dari produk inovasi itu terlihat ada vaksin yang akan diproduksi oleh Indonesia dengan menggunakan seed vaksin virus corona di dalam negeri. 

Kendati data dari Istana menyebut ada 55 alkes, tetapi informasi dari Kemenristek menyebut ada 57 inovasi yang berhasil ditemukan. 11 di antaranya yaitu: 

  1. RapidDiagnosticTestMicrochip
  2. RDT RI-GHA TFRIC-19 untuk deteksi IgG/IgM berbasis peptida sintesis
  3. RT-PCR test kit INDONESIA TFRIC-19 BioCov-19
  4. Viral Transport Medium (VTM, media swab untuk uji PCR)
  5. Robot RAISA (perawat Kesehatan)
  6. RAISA TIARA
  7. RAISA BCL
  8. Robot Dekontaminasi
  9. SMARTSYRINGEPUMP
  10. Autonomous UVC Mobile Robot Untuk Desinfektan dan Sterilisasi Ruang Isolasi Medis
  11. Vaksin Covid-19 menggunakan isolat virus indonesia: produksi seed vaccine covid-19

Baca Juga: Ciri-ciri Hidden Carrier Virus Corona, Tampak Sehat tapi Membawa Virus

Topik:

Berita Terkini Lainnya