Kaesang Antar Sendiri Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Siap Hadir

Undangan diantar Kaesang pada 3 Desember 2022 lalu

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep mengantarkan secara langsung undangan pernikahannya ke kediaman pribadi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Cibubur. Undangan diantar oleh Kaesang pada Sabtu (3/12/2022). 

Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan membenarkan hal tersebut. "Betul, undangan disampaikan oleh Mas Kaesang kepada Bapak SBY pada Sabtu, 3 Desember 2022 di kediaman Cikeas," ungkap Ossy kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa (6/12/2022). 

Ia menyebut SBY berencana menghadiri pernikahan Kaesang dan Erina yang akan digelar pada Minggu (11/12/2022) di Pura Mangkunegaran, Solo. "Insyaallah, Beliau akan hadir,"
 tutur dia lagi. 

Sementara, Presiden Jokowi mengatakan persiapan pernikahan putra bungsunya itu sudah nyaris rampung. 

Sebelumnya, Jokowi sempat menggelar rapat di Restoran Soga, di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Di dalam rapat tersebut turut diikuti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, Menko PMK, Muhadjir Effendi, Menteri BUMN, Erick Thohir, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Whisnutama dan sejumlah pejabat lainnya. Kedua kakak Kaesang dan Ibu Iriana Jokowi ikut terlihat hadir di rapat tersebut.

"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulilah, semua sudah dipersiapkan dengan baik,"
 kata Jokowi kepada media. 

"Pernikahan Kaesang dan Erina, insyaallah akan digelar dengan akad nikah hari Sabtu, 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Kemudian, untuk tasyakuran diadakan di Solo tanggal 11 (Desember) dari pagi sampai malam," tutur dia lagi. 

Namun, ada sejumlah permintaan keluarga kepada para tamu yang bakal hadir. Apa saja itu?

1. Keluarga Jokowi tidak menerima kado atau sumbangan dari para tamu

Kaesang Antar Sendiri Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Siap HadirWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan adiknya, Kaesang Pangaregp (kanan) (www.instagram.com/@kaesangp)

Sementara, menurut juru bicara keluarga Jokowi di pernikahan Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, para tamu nantinya tidak diperkenankan membawa kado atau memberikan sumbangan. Gibran menyebut para tamu cukup mendoakan kedua mempelai saja. 

"Tidak ada sumbangan. Tidak perlu bawa sumbangan, bawa doa saja," ujar Gibran di Balai Kota Surakarta pada Senin (5/12/2022).

Permintaan itu juga sudah tertulis di dalam undangan resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran. Gibran mengatakan keputusan tak menerima sumbangan sudah diberlakukan sejak pernikahannya pada 2015 lalu. Lalu, kebijakan serupa turut diterapkan pada pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 2017 lalu. 

"Lha, memang dari dulu, kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun. Karangan bunga boleh, tapi kalau barang-barang atau amplop tidak boleh. Intinya, kami tidak ingin merepotkan," katanya lagi. 

Baca Juga: Ini Alasan Kaesang Pilih Tanggal Menikah 10 Desember 2022

2. Tamu pernikahan Kaesang-Erina dilarang pakai batik motif parang atau lereng

Kaesang Antar Sendiri Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Siap HadirPrewedding Kaesang dan Erina (instagram.com/erinagudono)

Selain itu, kata Gibran, tamu yang bakal hadir di resepsi pernikahan Kaesang-Erina juga tidak boleh mengenakan batik motif parang atau lereng. Menurut Gibran, hal tersebut bukan sekedar dresscode. Hal itu merupakan adat pakem Jawa yang harus ditaati oleh pengunjung Pura Mangkunegaran. 

"Untuk masuk (ke) Pura Mangkunegaran, tidak boleh pakai batik motif parang atau lereng. (Larangan itu) Aturan dari Kanjeng Gusti (Mangkunegoro X) yang menyarankan (larangan). Aturan dari puro," ujar Gibran. 

Motif batik parang lereng ini terlihat berulang dengan mengikuti garis diagonal. Motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo yang terinspirasi oleh ombak di Pantai Selatan Jawa. 

Dikutip dari situs puromangkunegaran.com, motif batik parang dilarang digunakan oleh pengunjung karena motif batik tersebut hanya boleh dipakai oleh adipati dan keluarganya. Aturan pemakaian batik parang hanya boleh dipakai oleh Raja dan keturunannya sudah berlaku sejak Kerajaan Mataram berkuasa hingga masa kemerdekaan.

3. Kaesang-Erina menikah di Pura Mangkunegaran karena Grha Saba Buana sudah di-booking orang lain

Kaesang Antar Sendiri Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Siap HadirPrewedding Kaesang Pangarep-Erina Gudono (Instagram.com/erinagudono)

Sementara, Jokowi mengisahkan alasan di balik pemilihan Pura Mangkunegaran sebagai lokasi untuk menggelar resepsi. Seperti yang diketahui keluarga Jokowi memiliki gedung serba guna yang kerap digunakan sebagai tempat pernikahan. Gedung tersebut bernama Graha Saba Buana dan terletak di Jalan Letjen Suprapto, Solo.

Sayang, kata Jokowi, Kaesang-Erina tak bisa menikah di sana. Alasannya, gedung tersebut telah dipesan lebih dulu oleh pasangan lain pada 11 Desember 2022. 

"Karena gedungnya kepakai. Sebetulnya kita punya gedung sendiri, yang dulu Mas Gibran dan Mbak Kahiyang (gelar pernikahan) di situ," ungkap Jokowi di Solo pada Minggu kemarin.

Karena tidak ingin mengganggu masyarakat yang sudah terlebih dahulu memesan gedung itu, keluarga Jokowi memilih tempat lain untuk jadi lokasi pernikahan Kaesang. "Mentang-mentang gedung sendiri, langsung disuruh pindah hari atau pindah gedung. Tidak bisa. Tapi, memang itu alasan sebenarnya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca Juga: Diundang Istana Hadir ke Pernikahan Kaesang, Rizal Ramli Pilih Absen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya