Kaesang Blak-blakan Akui Privilese Anak Presiden Dongkrak Bisnisnya 

"Saya bingung kalau kasih webinar kiat sukses ala Kaesang"

Jakarta, IDN Times - Kaesang Pangarep mengakui privilese menjadi putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo turut berperan besar dalam mendongkrak bisnisnya. Bahkan, Kaesang secara blak-blakan mengatakan tak ada manfaatnya membantah soal privilese atau hak istimewa tersebut di hadapan publik. Meski begitu, ia berjanji untuk bertanggung jawab dan mengoptimalkan privilese yang ia miliki. 

"Kita mau (menyampaikan) pembelaan apa pun, memang ada privilege kan. Namanya kita pebisnis, kita memaksimalkan apa yang kita punya secara bertanggung jawab," ungkap Kaesang ketika berbicara di program siniar Deddy Corbuzier yang tayang di YouTube, Selasa (21/9/2021). 

Mengutip kamus Merriam Webster, kata privilege bermakna suatu hak atau keuntungan yang diterima oleh sejumlah orang dan tidak dirasakan oleh semua orang. Kaesang pun mengakui bisnisnya bisa dikenal karena ia memiliki privilese sebagai putra orang nomor satu di negeri ini. Maka, Kaesang pun sering kali merasa bingung ketika harus diminta berbicara di hadapan publik mengenai kisah sukses menjadi pengusaha. 

"Saya itu sering bingung kalau disuruh kasih webinar, oh ini cara kita atau kiat kita untuk sukses. Saya itu gak pernah mau," katanya lagi. 

Menurut Kaesang, tidak ada yang spesial ketika bisa memperoleh dana senilai Rp1 miliar di usia 20 tahun, sedangkan ayahnya memiliki kekayaan mencapai triliunan. "Kan kalau kita gagal (berbisnis), kita bisa bikin lagi (usaha yang lain)," ujarnya. 

Di dalam program itu, Kaesang mengaku tidak merasakan kekhawatiran sedikitpun saat mulai berbisnis. Sebab, ia menyadari bila tiba-tiba usahanya rugi masih bisa didukung oleh ayahnya yang notabene presiden. 

Mengapa Kaesang tidak segan mengakui punya privilese sebagai anak presiden?

1. Kaesang tak masalah disebut punya privilese asal uang yang diperoleh halal

Kaesang Blak-blakan Akui Privilese Anak Presiden Dongkrak Bisnisnya (Kaesang Pangarep) www.instagram.com/@kaesangp

Ini merupakan kali pertama Kaesang bersedia muncul ke publik usai namanya disorot lantaran dianggap ghosting mantan kekasihnya, Felicia Tissue. Meski sempat dirundung publik karena kisah cintanya dengan Felicia, Kaesang terlihat tetap santai ketika menjawab pertanyaan Deddy Corbuzier. 

Salah satu pertanyaan yang ia jawab secara blak-blakan yakni soal privilese sebagai anak presiden. Ia tak mempermasalahkan bila warga membeli produk pisang goreng dengan jenama Sang Pisang lantaran ia dikenal sebagai anak presiden. 

"Misalnya Sang Pisang bisa laris karena orang-orang sudah kenal saya anaknya Bapak (Presiden Jokowi) ya gak apa-apa. Asal duitnya halal kan," ungkap Kaesang. 

"Makanya kalau (saya diminta) kasih seminar ya bullshit juga. Misalnya saya bilang kita harus kerja keras, ya benar. Tapi, di satu sisi kan kita juga harus mengakui faktor kesuksesan saya karena ada Bapak di belakangnya," tuturnya tanpa malu-malu. 

Baca Juga: Gokil! Kaesang Parodikan Baliho Puan dan Airlangga buat Promosi

2. Kaesang klaim pendapatannya sebagai pengusaha lebih besar dari gaji presiden

Kaesang Blak-blakan Akui Privilese Anak Presiden Dongkrak Bisnisnya Twitter.com/kaesangp

Di dalam program siniar bersama Deddy, Kaesang mengklaim pemasukan yang ia terima lebih besar dibandingkan gaji ayahnya sebagai presiden. Bahkan, Kaesang mengaku saat ini sanggup membeli pabrik furnitur milik sang ayah. 

"Gajinya Bapak juga kecil. Saya tunjukin kok rekening saya ke Bapak. Wong, Bapak gak ada duit. Beneran, saya ngomong begitu. Saya beli pabrik (furnitur) milik Bapak bisa dengan cash," kata Kaesang. 

Ia mengatakan hal itu lantaran sebagai pengusaha, keuntungan yang ia peroleh berpotensi terus meningkat. Sementara, gaji Jokowi sebagai presiden belum tentu tiap tahun bertambah. 

"Bapak kan sekarang sudah gak boleh lagi berbisnis. Makanya, usaha furnitur dilungsurin ke Mas Gibran. Lalu, dari Mas Gibran dikasih ke saya sekarang. Jadi, saya yang mengelola," ujarnya. 

Ia memastikan ayahnya tidak ada lagi cawe-cawe soal kepemilikan bisnis yang dibangun sebelum duduk sebagai presiden. "Kan peraturannya memang gak membolehkan (presiden untuk berbisnis)," tuturnya. 

3. Kaesang tercatat setidaknya memiliki tujuh jenis usaha

Kaesang Blak-blakan Akui Privilese Anak Presiden Dongkrak Bisnisnya instagram.com/@kaesangp

Kaesang tercatat merupakan lulusan dari Singapore University of Social Sciences (SUSS). Ia mengambil program marketing dengan peminatan komunikasi. 

Kaesang mengikuti jejak kakaknya Gibran menjadi pengusaha. Semua usaha yang dijalankan oleh Kaesang berada di bawah naungan PT Harapan Bangsa Kita atau Hebat. Berikut adalah jenis usaha yang dimiliki oleh putra bungsu Jokowi itu: 

  1. Sang Pisang (bisnis kuliner yang menyajikan panganan berbahan dasar pisang seperti nugget pisang, pisang roll, ice banana, dan minuman dengan topping pisang)
  2. Mangkokku (bisnis kuliner yang dibangun bersama Gibran dengan menggandeng chef Arnold Poernomo, dan juga pengusaha kuliner Randy Kartadinata)
  3. Yang Ayam (bisnis kuliner yang menyajikan menu nasi ayam dengan kisaran harga yang ramah kantong)
  4. Ternakopi (bisnis kuliner di bidang kopi. Kedai pertamanya dibangun di Cipayung, Jakarta Timur)
  5. Let's Toast (bisnis kuliner yang menghadirkan menu pilihan berupa egg sandwich, french toast, dan beberapa pilihan minuman segar)
  6. Siap Mas (jenama ini dikelola bersama Gibran yang menghadirkan sejumlah produk makanan dan minuman seperti Ngedrink dan Kemripik yang dijual di jejaring minimarket) 
  7. Engima Camp (wadah pelatihan programmer yang fokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja)

Baca Juga: Usai Kasus Ghosting, Apa Kabar Kaesang Putra Jokowi Sekarang?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya