Kalapas baru Sukamiskin Punya Harta Kekayaan Rp 1,8 Miliar

Tejo Harwanto mengaku siap membersihkan Sukamiskin

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly pada Kamis (26/7) melantik Tejo Harwanto sebagai Kepala Lapas baru Sukamiskin. Pelantikan dilakukan di Gedung Kemenkum HAM kemarin. 

Tejo menggantikan Wahid Husein yang sebelumnya tertangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima suap dari napi koruptor.

Di hadapan para pejabat Kemenkum HAM, Yasonna berpesan agar Tejo mampu menjaga integritas dan mengawasi warga binaan Lapas Sukamiskin. Pasalnya, untuk menjadi kalapas di sana tidak mudah, gara-gara napi yang ditahan berasal dari kasus tindak pidana korupsi. Para napi itu tidak hanya memiliki uang yang banyak, tetapi juga koneksi ke pemerintahan pusat.

"Kamu siap Tejo bersihkan Lapas Sukamiskin?," tanya Yasonna kepada kalapas yang baru kemarin seperti dikutip Antara. 

"Saya siap, Pak," ujar Tejo menjawab pertanyaan atasannya tersebut. 

Lalu, siapa Tejo dan berapa banyak harta kekayaan yang ia miliki? 

1. Pernah menjabat sebagai Kalapas Tanjung Gusta di Medan

Kalapas baru Sukamiskin Punya Harta Kekayaan Rp 1,8 MiliarIDN Times/Santi Dewi

Dari rekam jejaknya, Tejo Harwanto pernah menjabat sebagai Kalapas I Tanjung Gusta Medan. Sebelum bertugas di Medan, ia pernah menjabat sebagai Kalapas di Pasir Putih, Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Penelusuran berita yang ada, tidak banyak yang menulis mengenai Tejo. Saat menjadi Kalapas di Medan, ia memang tertulis tidak memberikan remisi bagi narapidana kasus korupsi yang ditahan di Lapas Tanjung Gusta.

Walaupun Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami, pernah mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memilih kalapas yang baru, namun pada kenyataannya hal tersebut tidak direalisasikan.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah menepis adanya ajakan dari Kemenkum HAM untuk melakukan pengecekan latar belakang kalapas yang baru.

"Sejauh ini belum ada (ajakan untuk mengecek rekam jejak kalapas)," ujar Febri kepada IDN Times pada Kamis malam.

Baca juga: 4 Jam Geledah Lapas Sukamiskin, Tim KPK Sita Dokumen dari Sel Wawan

2. Miliki harta Rp 1,8 miliar

Kalapas baru Sukamiskin Punya Harta Kekayaan Rp 1,8 Miliarnasional.tempo.co

Salah satu keluhan dari KPK terhadap pejabat di Kemenkum HAM adalah rendahnya kepatuhan mereka dalam melaporkan harta kekayaan. Namun, khusus untuk Tejo, ia tercatat sudah dua kali melaporkan pendapatannya ke lembaga anti rasuah. Pertama, di tahun 2012 ketika ia menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Bimbingan Kepribadian dan kedua, di tahun 2016 saat menduduki posisi sebagai Kalapas II A Jember, Jawa Timur.

Dari data terakhir, Tejo terlihat memiliki harta senilai Rp 1,8 miliar. Sementara, empat tahun sebelumnya, harta kekayaan Tejo masih sekitar Rp 595 juta. Artinya, ada kenaikan pendapatan sekitar Rp 500 jutaan dalam kurun waktu empat tahun.

Dilihat dari data di KPK, aset paling mahal yang dimiliki Tejo yakni rumah dan bangunan di area Jakarta Pusat seluas 167 meter persegi. Nilainya mencapai Rp 894 juta. Ada pula giro dan setara kas yang nilainya mencapai Rp 529 juta.

3. Kalapas keenam yang dilantik untuk Lapas Sukamiskin

Kalapas baru Sukamiskin Punya Harta Kekayaan Rp 1,8 MiliarIDN Times/Santi Dewi

Menurut Menkum HAM Yasonna Laoly, pasca KPK berhasil membongkar praktik suap di dalam lapas, ia mengaku stress. Sebab, hasil temuan itu telah mencoreng wajah dan reputasinya sebagai Menteri.

Ia mengaku hasil temuan di Lapas Sukamiskin sudah tidak bisa ditoleransi dan memalukan. Di bawah kepemimpinannya, sudah ada enam kalapas yang ia lantik untuk Lapas Sukamiskin. Semua pendahulu Tejo akhirnya diganti karena bermasalah dan tidak sanggup menghadapi derasnya godaan napi kasus korupsi.

"Ini merupakan keenam kali saya mengganti Kalapas Sukamiskin," kata Yasonna dalam keterangan tertulis seperti dikutip Antara.

Selain itu, ia mengatakan mulai kemarin jajarannya sudah meletakan auditor muda untuk pengawasan internal kondisi lapas dan rutan se-Indonesia.

Baca juga: Saung di Lapas Sukamiskin Dibangun dari Dana Napi Koruptor

Topik:

Berita Terkini Lainnya