Kapal China Peace Ark Tiba di Indonesia, Beri Pengobatan untuk WNI

KSAL ingatkan harus ada izin dari Menkes untuk pengobatan

Jakarta, IDN Times - Kapal rumah sakit milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Peace Ark akhirnya berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis, 10 November 2022. Mereka berangkat dari Provinsi Zhejiang, China sejak Rabu, 2 November 2022 lalu. Ketibaan mereka di Indonesia turut disambut oleh perwakilan TNI Angkatan Laut (AL), Kedutaan China di Jakarta, para pengusaha dan warga keturunan China di Indonesia.

"Indonesia dan China telah memperkuat hubungan bilateral dalam beberapa tahun belakangan. Selain itu, telah terbentuk kemitraan strategis yang komprehensif," ujar Komandan Misi Harmoni 2022, Laksamana Muda Qiu Wensheng di Pelabuhan Tanjung Priok dan dikutip dari kantor berita ANTARA, Jumat (11/11/2022). 

Kapal rumah sakit Peace Ark bakal berada di Indonesia pada periode 10 November-18 November 2022. Mereka bakal memberikan layanan kesehatan kepada warga Indonesia dan warga keturunan Tionghoa di Jakarta.

Sementara, Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda Agus Haryadi mengatakan menjadi hal yang penting untuk meningkatkan persaudaraan AL antar kedua negara. Namun, misi kapal rumah sakit Peace Ark sempat dipertanyakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono. Menurutnya, Kapal Peace Ark harus mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan bila ingin memberikan pengobatan gratis bagi warga. 

Apa kata Yudo terkait hal tersebut?

1. KSAL Yudo ingatkan untuk kegiatan pengobatan harus ada izin dari Kementerian Kesehatan

Kapal China Peace Ark Tiba di Indonesia, Beri Pengobatan untuk WNIKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono mengaku kesal dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) (ANTARA FOTO/Indrayadi)

KSAL Laksamana Yudo mengingatkan kapal Peace Ark harus mengantongi izin dari Kemenkes lebih dulu sebelum memberikan pengobatan gratis bagi warga. "Sehingga, kita tunggu apakah diizinkan atau tidak. Kalau tidak (diizinkan) ya harus kita jaga," ujar Yudo kepada media pada Kamis, 10 November 2022 lalu.

Yudo menyebut kapal RS China yang telah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok hanya memiliki izin port visit atau kunjungan pelabuhan. "Kalau yang kami terima di AL yang sekarang ini Pangkolinlamil sama Kaskoarmada I yang saya perintahkan untuk menerima kedatangannya itu masih setingkat port visit," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudo menyampaikan bahwa sesuai dengan prosedur, maka pihaknya tetap melakukan pengamanan terkait kehadiran kapal asal negeri tirai bambu tersebut.

"Ya semua kehadiran kapal asing ya kita pasti ada prosedurnya, kewaspadaan, kemudian prosedur pengamanannya. Sudah ada prosedurnya itu dari kita sendiri," tutur dia lagi.

Baca Juga: Kapal Perang Besar Milik Australia Mampir ke Jakarta, Ada Apa?

2. Kapal Peace Ark bakal berikan pengobatan gratis pada periode 10 November-17 November 2022

Kapal China Peace Ark Tiba di Indonesia, Beri Pengobatan untuk WNIKapal rumah sakit Peace Ark China yang tiba di Indonesia pada 10 November 2022 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/Asri Mayang Sari)

Sementara, Laksamana Muda Jiao Zhenzeng yang memimpin kapal medis tersebut mengatakan hubungan bilateral kedua negara semakin erat paska pandemik COVID-19. Apalagi Indonesia menggunakan vaksin buatan Negeri Tirai Bambu untuk melawan pandemik. 

"China dan Indonesia saling membantu satu sama lain, memberikan kontribusi positif pada upaya internasional merespon COVID-19 yang menunjukkan kemitraan strategis komprehensif," ungkap Jiao. 

Ia mengatakan Peace Ark juga pernah merapat ke Indonesia pada tahun 2013. Para awak kapal terkesan dengan keramahan warga dan Angkatan Bersenjata Indonesia.

"Dalam kunjungan kami kali ini kami akan memberikan layanan medis gratis, untuk warga setempat mulai 10 November 2022 sampai 17 November," kata Jiao.

Ia menambahkan warga akan mendapat layanan medis di atas kapal yang menyediakan antara lain klinik, ruang operasi dan fasilitas perawatan lainnya. "Dengan semangat kemanusiaan, persaudaraan dan dedikasi, kami akan melayani masyarakat Indonesia dengan keahlian medis dan perilaku yang baik," tutur dia lagi.

3. Misi Harmoni yang dibawa kapal Peace Ark telah memberikan layanan medis bagi 230 ribu orang

Kapal China Peace Ark Tiba di Indonesia, Beri Pengobatan untuk WNIMasyarakat Kota Semarang mendapatkan vaksinasi booster di sentra vaksinasi Tentrem Mal Semarang, Senin (17/1/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Peace Ark ditugaskan untuk bantuan maritim, pengobatan maritim darurat dan bantuan kemanusiaan di luar negeri. Sejauh ini kapal itu telah menggelar "Misi Harmoni" sebanyak sembilan kali, mengunjungi 43 negara dan kawasan termasuk Indonesia pada tahun 2013. Kapal tersebut telah berlayar di enam benua dan tiga samudera.

Selama berlayar Peace Ark telah memberikan layanan medis kemanusiaan pada lebih dari 230 ribu orang, lebih dari 1.400 kasus operasi, menyembuhkan lebih dari 500 pasien katarak. Misi itu untuk menunjukkan citra baru China sebagai negara bertanggung jawab. 

Baca Juga: Afsel Izinkan Kapal Mewah Miliarder Rusia Temannya Putin Berlabuh

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya