Comscore Tracker

Kapolri: Kalau Ada Kapolres yang Minta Proyek Silakan Hubungi Saya

Idham berjanji akan copot kapolres yang minta pungli

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mempersilakan kepada para kepala daerah untuk melaporkan secara langsung ke dirinya apabila ditemukan para kapolres yang meminta proyek sebagai syarat untuk memuluskan perizinan. Menurutnya, tidak sepatutnya seorang personel kepolisian melakukan hal tersebut. Sebab, hal itu bertentangan dengan tujuan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang ingin memberikan kemudahan kepada para calon investor untuk membenamkan duitnya di Indonesia. 

"Bukan rahasia lagi banyak juga kapolres kalau mereka ikut minta proyek. Nah, ini bagian dari masalah, terjadi konspirasi. Kalau dia begitu, silakan gubernur dan wali kota hubungi saya, nanti akan saya carikan pemain cadangan," tutur Idham ketika berbicara di rapat koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah di Sentul International Convention Centre (SICC) pada Rabu (13/11). 

Ia kembali menegaskan yang terpenting bagaimana bisa mengamankan semua pembangunan agar berjalan sesuai rencana. Untuk bisa mewujudkan mimpi besar itu dibutuhkan komitmen dan integritas dari para kapolres, kapolda dan termasuk dirinya sendiri sebagai pimpinan Polri. 

Lalu, di mana peran polri dalam membantu mewujudkan pembangunan yang merata di seluruh daerah?

1. Polri berjanji akan mengawal pelaksanaan pembangunan

Kapolri: Kalau Ada Kapolres yang Minta Proyek Silakan Hubungi SayaSertijab Kapolri dari Tito Karnavian ke Idham Azis (Dok.Kemendagri)

Semalam Idham juga menyebut para kepala daerah bisa menggandeng Polri sebagai mitra untuk mengamankan jalannya pembangunan di seluruh wilayah. Hal itu merupakan cara nyata Polri melakukan pencegahan dan bukan fokus ke penindakan. 

"Jadi, ada proses pencegahan, ada proses penegakan hukum dan yang paling penting adalah komitmen," kata dia lagi. 

Ia mengatakan siap bermitra dengan TNI untuk mewujudkan pembangunan yang merata tersebut. 

Baca Juga: Kalah Daya Saing dengan Vietnam, Jokowi Ajak RI Introspeksi Diri

2. Jaksa agung juga tak lagi fokus kepada berapa banyak jumlah orang yang ditangkap

Kapolri: Kalau Ada Kapolres yang Minta Proyek Silakan Hubungi Saya(Jaksa Agung ST Burhanuddin) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Fokus pencegahan juga disampaikan oleh aparat penegak hukum lain yakni Jaksa Agung ST Burhanuddin. Di hadapan semua para kepala daerah, Burhanuddin akan membawa kejaksaan agung dari yang semula fokus penindakan kasus korupsi lalu bergeser ke pencegahan. 

"Lebih dari itu penilaian kinerja kejaksaan tidak lagi dititikberatkan kepada banyaknya penanganan perkara. Tetapi, saya akan menitikberatkan bagaimana daerah saudara bebas dari korupsi," tutur Burhanuddin semalam. 

Ia juga menyebut tidak ada lagi upaya untuk mengarang siapa lagi yang harus dibidik, agar targetnya terpenuhi. Peran penting lainnya dari kejaksaan yakni melakukan audit terhadap beragam perda yang menghambat investasi. 

"Dan jangan pernah ada yang bermain-main di situ," kata dia. 

3. Jaksa agung mengajak aparat penegak hukum lainnya untuk kembali meraih kepercayaan publik

Kapolri: Kalau Ada Kapolres yang Minta Proyek Silakan Hubungi Sayacoachdavelive.com

Pesan lainnya yang disampaikan kepada hadirin semalam yakni agar semua aparat penegak hukum berusaha untuk meraih tingkat kepercayaan publik. Sebab, tingkat kepercayaan publik terhadap penegak hukum rendah lantaran banyaknya praktik korupsi di sektor tersebut. 

"Yang kami inginkan adalah mari menyapu bersih dengan sapu yang bersih. Kita tidak bisa menyapu bersih kalau sapunya juga kotor," kata Burhanuddin. 

Cara lain meraih kepercayaan publik yakni mencegah aparat penegak hukum ikut terjerat tindak pidana. 

Baca Juga: Usai Dua Jaksa Kena OTT KPK, Jakgung Janji Evaluasi TP4

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You