Kemenpan RB akan Bolehkan PNS Kerja dari Rumah? 

Menurut BKN, ide tersebut masih sangat mentah

Jakarta, IDN Times - Bagi kalian yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ada kabar gembira nih. Rencananya ke depan PNS akan bisa bekerja di rumah. Wah, enak banget ya? 

Hal itu diungkapkan oleh Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB, Setiawan Wangsaatmaja ketika berbicara di diskusi Forum Merdeka Barat 9 pada Kamis (8/8). 

"Jadi, kami sedang rencanakan itu. Bisa kerja dari rumah, bisa kerja dari ujung sana juga bisa. Nanti, diatur bagaimana aturannya," kata Setiawan kemarin. 

Wah, apa ya yang mendasari adanya wacana itu? 

1. Wacana PNS mulai diangkat ke publik karena pada 2024, Kementerian akan diisi oleh abdi negara yang melek teknologi

Kemenpan RB akan Bolehkan PNS Kerja dari Rumah? idntimes.com

Menurut Setiawan, salah satu alasan institusinya mengangkat wacana PNS bisa bekerja dari rumah karena profil ASN di masa mendatang akan semakin banyak yang melek tekonologi. Apalagi pemerintah sudah merencanakan ASN atau PNS banyak diisi oleh para pegawai yang mengerti teknologi atau punya basis kemampuan teknologi informasi yang cukup. 

Sesungguhnya, langkah mengarah ke sana sudah dimulai sejak proses rekrutmen PNS yang kini menggunakan internet. Dari hasil seleksi itu, pemerintah sudah memiliki 572.000 PNS yang melek teknologi saat ini. Diperikirakan jumlah itu akan semakin bertambah di masa depan. 

"Katakanlah nanti, setiap tahun ada 200.000 formasi, pada 2024 kita sudah seimbang dan kami yakin itulah yang akan jadi tulang punggung birokrasi kita," kata dia kemarin. 

Baca Juga: Dibuka Oktober, Pelamar CPNS Diprediksi Melonjak Hingga 5,5 Juta Orang

2. Ide itu masih dalam tahap penggodokan

Kemenpan RB akan Bolehkan PNS Kerja dari Rumah? (Ilustrasi CPNS) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Sementara, ketika dikonfirmasi kembali ke Kemenpan RB, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Mudzakir, mengatakan wacana itu masih panjang untuk direalisasikan. Sebab, hingga kini ide tersebut masih digodok. 

"Ide itu masih dalam penggodokan dan masih panjang tahapannya sampai realisasinya," kata Mudzakir ketika dikonfirmasi. 

3. Badan Kepegawaian Nasional menilai ide tersebut masih sangat mentah

Kemenpan RB akan Bolehkan PNS Kerja dari Rumah? twitter.com/bkngoid

Sementara, menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Mohammad Ridwan wacana yang membolehkan PNS bekerja dari rumah merupakan konsep yang masih mentah. Maka, diperlukan kajian lebih lanjut dari pemerintah. 

"Jangan buru-buru. Ini membutuhkan pikiran yang luar biasa," kata Ridwan. 

Ia memahami konsep itu muncul karena adanya kecanggihan teknologi. Memang ada beberapa pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus ke kantor. Namun, masih ada pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dari rumah. 

Ia turut meminta agar konsep PNS bekerja dari rumah apabila direalisasikan tidak mengganggu pelayanan kepada publik. 

Baca Juga: Pemerintah Akhirnya Angkat Dokter Romi Jadi CPNS di RSUD Solok Selatan

Topik:

Berita Terkini Lainnya