Comscore Tracker

Keren! Pencak Silat Diakui Jadi Warisan Tak Benda oleh UNESCO

Sudah ada 10 warisan tak benda budaya asal RI yang masuk

Jakarta, IDN Times - Satu lagi budaya dari Indonesia kembali masuk ke dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO. Dalam sidang Komite Warisan Budaya Tak Benda ke-14 UNESCO yang diselenggarakan di kota Bogota, Kolumbia pada Kamis (12/12) menetapkan Pencak Silat masuk ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. 

Menurut Direktur OINB Sosial Budaya Kementerian Luar Negeri, Kama Pradipta, dengan masuknya pencak silat ke daftar tersebut, merupakan bentuk pengakuan dari dunia internasional terhadap arti penting tradisi seni bela diri yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia. 

"Warisan itu diturunkan dari generasi ke generasi dan masih berkembang sampai hari ini," ujar Kama dalam keterangan tertulis pada Jumat pagi (13/12). 

Lalu, apa alasan UNESCO memasukan Pencak Silat ke dalam daftar warisan budaya tak benda mereka ya?

1. Indonesia berkomitmen untuk menjaga kelestarian tradisi pencak silat

Keren! Pencak Silat Diakui Jadi Warisan Tak Benda oleh UNESCO(Ilustrasi Pencak Silat di Asian Games) ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda

Menurut Kama, Indonesia sejak awal sudah memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga agar pencak silat tetap lestari dan dipraktikan hingga generasi selanjutnya. Apalagi pencak silat tidak hanya fokus ke aspek olah raga. 

"Melainkan juga fokus ke seni bela diri. Selain itu, ada pula seni dan budaya yang ditampilkan dari olah raga tersebut," tutur Kama melalui keterangan tertulis. 

Baca Juga: Kerap Diremehkan, Ini 7 Alasan Pencak Silat adalah Bela Diri Terbaik

2. Pencak silat sudah masuk hingga ke tahap kejuaraan dunia

Keren! Pencak Silat Diakui Jadi Warisan Tak Benda oleh UNESCOindonesia.go.id

Olahraga dari Indonesia itu kini sudah dikenal luas di seluruh dunia. Bahkan, sudah dipertandingkan hingga ke tingkat kejuaraan dunia. 

Indonesia pun berhasil unjuk gigi dengan mempertahankan prestasi dan memborong medali di Kejuaraan Pencak Silat Belgia Open 2019 yang digelar pada (25/4) lalu. Indonesia menurunkan atlet di 12 dari 24 kelas yang ada. 

Hasilnya, tim Pencak Silat Indonesia berhasil mempersembahkan 8 emas, 4 perak dan 2 perunggu. 

3. Total Indonesia memiliki 10 warisan budaya takbenda di dalam daftar UNESCO

Keren! Pencak Silat Diakui Jadi Warisan Tak Benda oleh UNESCO(Delegasi Indonesia di Sidang Komite PBB UNESCO) Kementerian Luar Negeri

Dengan ditetapkan Pencak Silat sebagai UNESCO Intangible Cultural Heritage, maka Indonesia kini memiliki 10 (sepuluh) warisan budaya takbenda. Selain Pencak Silat, warisan budaya lain yang masuk dalam daftar UNESCO, yakni Wayang, Batik, Pelatihan Batik, Angklung, Tari Saman, Noken, Tiga Genre Tradisi Tari Bali, Kapal Pinisi dan Pencak Silat.

Baca Juga: Keren! UNESCO Tetapkan Tambang Batu Bara Sawahlunto Warisan Dunia

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You