Comscore Tracker

Keren! Prajurit TNI AL Persembahkan 6 Medali Emas di Sea Games Vietnam

Enam medali emas disumbang dari cabor dayung

Jakarta, IDN Times - Empat prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menyumbangkan enam medali emas dalam ajang Sea Games 2021 di Vietnam. Enam medali emas itu disumbang dari cabang olahraga dayung atau rowing. Keempat prajurit TNI AL itu yakni Kopral Dua Marinir Jefri Ardianto, Sersan Satu Mahendra Yanto, Sersan Dua Jas Ardi Isadi dan Sersan Dua Memo. 

Dalam kejuaraan yang digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Centre, Vietnam itu, Jefri Adrianto berhasil mempersembahkan satu medali emas pada nomor lomba Men's Lightweight Pair (LM-2). Sedangkan, Mahendra Yanto mempersembahkan satu medali emas pada nomor Lightweight Man's Four. 

"Hasil lebih fantastis berhasil diperoleh Ardi Isadi dan Memo. Mereka masing-masing menyumbangkan dua medali emas pada kejuaraan tersebut," ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono di dalam keterangan tertulis pada Jumat, 20 Mei 2022. 

Ardi, kata Julius, berhasil memenangkan lomba di nomor Lightweight Man's Double Sculls dan Lightweight Man's Quadruple Sculls. Sedangkan, Memo berhasil menang di nomor lomba Man's Double Sculls dan Men's Quadruple Sculls. 

"Pada pertandingan yang digelar pada 14 Mei 2022 lalu, tim dayung Indonesia total berhasil mengumpulkan 8 emas dan 6 perak dari 16 medali yang diperebutkan. Dengan itu, Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum Dayung Rowing sejak Sea Games 2013," kata dia. 

Lalu, bagaimana pembagian waktunya untuk bertugas di TNI AL dan berlatih jelang Sea Games 2021?

1. Prajurit TNI AL yang turun di Sea Games diberi dispenasi KSAL

Keren! Prajurit TNI AL Persembahkan 6 Medali Emas di Sea Games VietnamKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono mengaku kesal dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) (ANTARA FOTO/Indrayadi)

Lebih lanjut, menurut Julius, empat prajurit TNI AL itu bisa berprestasi hingga di ajang Sea Games, lantaran didukung penuh oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono. Persiapannya pun memakan waktu beberapa bulan sebelum turun di Sea Games. 

"Betul, jadi memang diberikan dispenasi (dari tugas) untuk berlatih. Mereka berlatih intens selama beberapa bulan sebelum Sea Games," kata Julius melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Jumat kemarin. 

Baca Juga: Keren! Ini Deretan Prajurit TNI yang Borong Medali di PON XX Papua

2. Prajurit TNI AL juga berhasil meraih emas di Belgia April 2022

Keren! Prajurit TNI AL Persembahkan 6 Medali Emas di Sea Games VietnamPrajurit TNI Angkatan Laut berhasil mempersembahkan enam medali emas untuk Indonesia di ajang Sea Games 2021 di Phong Canoeing and Rowing Training Centre, Vietnam. (Dokumentasi TNI AL)

Julius menjelaskan prestasi hebat yang ditorehkan prajurit TNI AL, bukan kali pertama. Sebelum turun di Sea Games, mereka juga ikut ajang Ghent International Spring Rowing Regatta 2022 di Belgia. Turnamen itu digelar pada 9 April 2022 - 10 April 2022 dan diikuti tim dayung dai beberapa negara Asia dan Erop. 

"Di ajang itu, Sertu Mahendra Yanto berhasil meraih dua medali emas di nomor tanding rowing pendayung 4 orang dengan jarak 2000 meter. Sedangkan, Serda Jas Memo di nomor tanding rowing jarak 2000 meter berhasil meraih satu medali emas di pendayung empat orang," ujarnya. 

Serda Jas Memo juga berhasil memboyong satu medali perak untuk nomor pendayung dua orang. Sementara itu, Serda Jas Ardi Isadi berhasil meraih satu medali emas di nomor pendayung dua orang. Ia juga berhasil menyumbang satu medali perak di nomor pendayung empat orang. 

Di sisi lain, Kopda Mar Jefri Ardianto menyumbang dua medali perak di nomor tanding rowing jarak 2.000 meter dengan pendayung dua orang. 

3. Jokowi beri target Indonesia jadi juara umum di Sea Games Vietnam

Keren! Prajurit TNI AL Persembahkan 6 Medali Emas di Sea Games VietnamPresiden Jokowi lepas Tim Indonesia Menuju Sea Games Vietnam (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika melepas atlet-atlet Sea Games 2021, menargetkan Indonesia bisa tembus di peringkat tiga besar untuk pencapaian medali. Jokowi ingin ada perbaikan prestasi dibandingkan pada Sea Games di Filipina pada 2019. Ketika itu raihan medali atlet-atlet Indonesia berada di peringkat ke-4. 

"Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam, kita bisa masuk ranking yang ke-3, yang ke-3 atau yang ke-1," ujar Jokowi pada 9 Mei 2022 dan dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden. 

Jokowi mengakui tak mudah untuk bisa mendapat gelar juara umum SEA Games. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin para atlet Indonesia bisa melakukannya.

"Memang bukan hal yang mudah, tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," katanya.

Sementara, hingga 19 Mei 2022, Indonesia telah meraih 36 medali emas, 50 medali perak dan 47 medali perunggu. Sementara ini Indonesia berada di peringkat ke-5 dengan total 133 medali.

Di posisi puncak, masih dihuni tuan rumah Vietnam. Mereka sementara ini memboyong 125 medali emas, 74 medali perak dan 72 medali perunggu. 

Baca Juga: Jokowi Beri Target Indonesia Peringkat 1 di SEA Games Vietnam 2021

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya