Ketua Umum ProJo Diundang Deklarasi KIB, Lampu Hijau untuk Ganjar?

Golkar, PPP, PAN resmi deklarasi Koalisi Indonesia Bersatu

Jakarta, IDN Times - Di tengah deklarasi dan penandatanganan kesepakatan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Sabtu (4/6/2022), sosok Ketua Umum Pro Jokowi (ProJo), Budi Arie Setiadi, terlihat ikut hadir. Keberadaannya diumumkan MC di acara tersebut.

"Kami juga ingin mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum ProJo, Bapak Budi Arie Setiadi," ungkap sang MC, Ronald Surya Praja di Rumah Kaca, Plataran, Jakarta Pusat, malam ini. 

Berdasarkan pantauan dari YouTube, Budi terlihat mengenakan jaket berwarna hitam dan kemeja putih. Selama acara digelar, ia ikut duduk di tengah-tengah para elite parpol Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Budi mengapresiasi telah diundang KIB, meski ProJo bukan partai politik. 

"Kami menyambut baik, siapa pun komponen dan elemen bangsa yang ingin bekerja sama dalam membangun dan memajukan bangsa," ungkap Budi kepada media.

Budi mengaku hadir pada acara silaturahmi nasional tiga partai besar itu lantaran ingin menghormati pihak yang mengundang yakni Golkar, PAN dan PPP. Saat ditanya tujuan kehadirannya pada acara silaturahmi tersebut, Budi meminta media agar menanyakan hal tersebut kepada pihak yang mengundang. 

"ProJo itu kan ormas, bukan parpol. Jika ditanya kenapa kami diundang, jangan tanya ke kami, tanyakan ke pihak yang mengundang saja," tutur dia. 

Kehadiran Budi seolah mengonfirmasi dugaan publik selama ini bahwa KIB disiapkan untuk menjadi perahu bagi Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024. Apalagi dalam rapat kerja nasional di Magelang, ProJo sudah menunjukkan keberpihakan kepada Gubernur Jawa Tengah itu.

Apakah KIB memang sekoci yang disiapkan bagi Ganjar bila ingin menyeberang dari PDI Perjuangan?

1. PPP bantah KIB dibentuk untuk jadi sekoci bagi Ganjar Pranowo

Ketua Umum ProJo Diundang Deklarasi KIB, Lampu Hijau untuk Ganjar?Ketua Umum Relawan Pro Jokowi, Budi Arie Setiadi (kenakan jaket hitam) ikut hadir dalam Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada 4 Juni 2022. (Tangkapan layar YouTube Golkar Indonesia)

Sementara, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, membantah kabar KIB sengaja dibentuk sebagai sekoci Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024. Persepsi itu muncul karena pada awal pembentukan, KIB belum mengumumkan capres yang bakal diusung. Hingga kini, masing-masing partai baru menunjuk perwakilan untuk membahas program apa saja yang perlu dihadapi. 

Pria yang akrab disapa Awik itu menuding persepsi itu keliru. "(Persepsi) itu kata siapa? Kalau gak salah yang ngomong kan Said Didu (Sekretaris Menteri BUMN periode 2005-2010)? Konfirmasi aja ke dia," ungkap Awik ketika berbicara di dalam diskusi virtual MNC Trijaya FM yang dikutip dari YouTube, Sabtu (4/6/2022). 

Ia menjelaskan hingga kini koalisi yang terdiri dari PPP, PAN dan Golkar itu belum bulat memutuskan siapa yang bakal diusung menjadi capres untuk Pemilu 2024. Awik juga membantah KIB dibentuk sebagai sekoci bagi Ganjar seandainya ia tak diusung PDI Perjuangan sebagai capres pada pemilu 2024. 

"Toh, kami juga menghormati Partai Golkar yang ingin mengajukan ketua umumnya yaitu Pak Airlangga Hartarto (untuk jadi capres 2024). Tentu PAN dan PPP juga punya usulan. Nanti, itu akan kami bahas dalam pertemuan-pertemuan berikutnya," kata dia. 

Awik menambahkan pada hari ini, ketiga parpol itu baru mendeklarasikan secara resmi dibentuknya KIB. "Apalagi kemudian didefinisikan sebagai sekoci. Itu terlalu jauh. Saya kira isu itu dibentuk oleh pihak yang tak bertanggung jawab," ujarnya. 

Baca Juga: Bantah KIB Jadi Sekoci Ganjar di Pemilu 2024, PPP: Kami Hormati Golkar

2. PPP terbuka bila capres tak berasal dari partai politik

Ketua Umum ProJo Diundang Deklarasi KIB, Lampu Hijau untuk Ganjar?Wakil Sekjen DPP PPP, Achmad Baidowi ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (23/11) dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Lebih lanjut, dalam diskusi itu, Awik menjelaskan, PPP tidak pernah mendikotomikan capres yang mereka usulkan harus berasal dari partai politik. Yang terpenting, ia memiliki rekam jejak yang jelas dan berintegritas. 

"Yang terakhir, sosok capres ini harus memiliki sikap keberpihakan kepada rakyat," kata dia. 

Apakah ini berarti capres dengan latar belakang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masuk bidikan PPP? Awik hanya tertawa dan tak bersedia mengonfirmasi. "Pokoknya kami tak membatasi harus dari parpol," ujarnya. 

3. Relawan pendukung Jokowi sudah memberikan dukungan untuk Ganjar

Ketua Umum ProJo Diundang Deklarasi KIB, Lampu Hijau untuk Ganjar?Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Sementara, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komaruddin, termasuk salah satu pihak yang yakin KIB dibentuk berdasarkan arahan dari lingkaran Istana. Tujuannya untuk menyiapkan perahu bagi Ganjar bila ia hendak menyeberang dari PDIP.

"Masyarakat sudah curiga dengan pembentukan KIB, karena ketika mengumumkan dibentuk koalisi, justru sosok capresnya belum ada. Hal itu menguatkan bahwa KIB ini memang dibentuk atas dorongan Istana," ungkap Ujang ketika dihubungi IDN Times melalui telepon pada 27 Mei 2022. 

Ia menyebut berdasarkan observasinya di lapangan, relawan pendukung Jokowi sudah mulai menyatakan dukungannya pada Ganjar. Namun, ia menegaskan, Jokowi tidak akan terburu-buru menyatakan secara terbuka dukungan bagi tokoh tertentu di pemilu 2024. Jokowi, kata Ujang, justru ingin membuat impresi terlihat dekat dengan semua nama capres yang masuk ke dalam sejumlah lembaga survei. 

"Dukungan Jokowi itu mah diumumkan nanti, di ujung (proses pemilu)," kata Ujang.

Ia pun menilai PDIP tidak akan memecat Ganjar sebagai kader. Sebab, hal itu bisa menjadi bumerang bagi partai kepala banteng moncong putih itu. 

"Kalau Ganjar dipecat dari PDIP malah elektabilitasnya semakin naik. Kan, merasa terzalimi sehingga dapat simpati lebih dari publik," kata Ujang. 

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Relawan Projo, Singgung Ganjar soal Capres 2024

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya