Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir

Pemilik mengikat anjing dengan rantai ke pintu pagar

Jakarta, IDN Times - Selain manusia, ternyata banyak juga hewan yang menjadi korban banjir hebat di tahun baru 2020. Salah satunya adalah seekor anjing yang diketahui dipelihara oleh pemiliknya di daerah Cinere, Depok, Jawa Barat. 

Lokasi anjing itu dipelihara tak jauh dari tempat tinggal seorang fotografer profesional bernama Gala Indiga. Pada (1/1) lalu, ia melihat seekor anjing yang nyaris terendam air banjir yang masuk ke area komplek rumahnya. Kondisi anjing itu begitu memilukan karena ia terekam kamera sudah berupaya kabur dan melompati pagar namun tak bisa. Si pemilik mengikat leher anjing tersebut dan diikatkan ke pagar. 

Karena kondisi air banjir semakin deras dan tinggi, ia dan Ketua RW di lingkungan setempat memutuskan untuk memanggil petugas pemadam kebakaran. Selain untuk mengecek apakah masih ada tetangganya yang butuh untuk dievakuasi, ia juga ingin menyelamatkan anjing yang terjebak di rumah pemiliknya. 

"Sayangnya, mereka juga kekurangan tim dan peralatan, khususnya perahu karet, karena sejak pagi mereka sudah kewalahan menerima panggilan warga lain yang tertimpa musibah serupa," tulis Gala di Insta Story pada Rabu kemarin. 

Namun, petugas damkar yang dinanti pun datang. Gala sengaja tak ikut mendekat ke rumah di mana anjing itu berada. Namun, ia mengambil kamera untuk mengabadikan detik-detik proses penyelamatan anjing yang begitu dramatis. 

"Karena kalau gue mendekat, bisa-bisa si petugas malah agendanya nge-evakuasi guenya. Bakal lebih berat lagi kerja petugas damkar," tutur fotografer yang sempat bekerja di beberapa media itu. 

Lalu, bagaimana proses penyelamatan anjing tersebut? Berikut foto-foto dramatis yang menggambarkan peristiwa itu. IDN Times sudah meminta izin kepada Gala agar fotonya bisa digunakan. 

1. Anjing itu seolah memberikan sinyal meminta tolong karena tak sanggup untuk berenang

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Petugas damkar Cinere Depok coba mendekati anjing untuk menyelamatkannya) www.instagram.com/@galaindiga

Begitu mengetahui posisi anjing peliharaan itu, dua petugas damkar mendekati rumah si pemilik yang nampak kosong. Berdasarkan keterangan foto yang diunggah Gala, anjing tersebut sudah bertahan dalam kondisi direndam air banjir sekitar dua jam. 

Baca Juga: Kena Banjir, Lima Hewan Buas Kabur dari Kebun Binatang

2. Petugas damkar mencoba memotong tali yang membelit anjing dengan menggunakan kapak

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Petugas damkar Depok tengah menyelamatkan anjing terendam banjir) www.instagram.com/@galaindiga

Menurut pengamanatan Gala, anjing itu mulai ditarik ke bagian tepi yang lebih dangkal. Salah satu petugas damkar lalu memegang kapak untuk memutus tali yang membelit bagian leher anjing. 

3. Petugas damkar akhirnya berhasil melepas tali yang membelit anjing

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Petugas damkar Depok mencoba menyelamatkan anjing yang terendam banjir) www.instagram.com/@galaindiga

Petugas damkar akhirnya berhasil memotong tali yang membelit leher anjing. Selanjutnya anjing itu dipasangi tali agar bisa dievakuasi ke bagian pinggir. 

4. Petugas damkar mengevakuasi anjing itu ke bagian pinggir untuk dikeringkan

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Petugas damkar menarik anjing ke bagian pinggir agar tidak terendam banjir) www.instagram.com/@galaindiga

Setelah berhasil dilepaskan, maka petugas damkar dan Ketua RW setempat menarik anjing itu untuk dibawa ke bagian pinggir jalan yang kering. Selain itu, mereka juga mengecek bagaimana kondisi anjing tersebut. 

5. Kisah penyelamatan anjing ini viral di media sosial dan diapresiasi positif oleh warganet

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Anjing berhasil diselamatkan oleh petugas damkar Depok) www.instagram.com/@galaindiga

Akhirnya, anjing itu berhasil diselamatkan. Cerita penyelamatan yang drastis ini kemudian viral di media sosial dan mendapat apresiasi positif dari warganet. 

"OMG, so glad the dog is OK. Horrific owner, tying a dog to a fence all the time. Hope other pets can be rescued from the floods too," cuit pemilik akun @yennikwok pada Kamis kemarin. 

Ada pula yang meminta agar para pemilik hewan peliharaan tak mengabaikan hewan mereka bila terjadi situasi darurat seperti banjir atau bencana lain. Sebab, memilih untuk memelihara hewan maka dibutuhkan upaya yang sama dengan mengasuh anak. 

"Kalau emang gak mau, males, cuma suka pas lucu-lucunya tapi gak mau repotnya mending gak usah. Malah nyiksa binatang. Liburan mahal bisa tapi nitipin ke vet (dokter hewan) atau petshop gak bisa," demikian cuit pemilik akun @erisriot. 

6. Pemprov DKI Jakarta menyediakan shelter bagi hewan terlantar

Kisah Heroik Petugas Damkar Depok Selamatkan Seekor Anjing Saat Banjir(Daftar kontak yang bisa dihubungi untuk merawat hewan peliharaan) Istimewa

Bagi kalian yang ingin menitipkan hewan peliharaannya selama berlibur, maka bisa dititipkan ke tempat penampungan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Nomor kontak yang ada bisa dicek ke informasi di atas ya. 

Baca Juga: Demi Bantuan, Korban Banjir Lebak Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai

Topik:

Berita Terkini Lainnya