Ini Komentar Kaesang Soal Kalah Populer dari Jan Ethes di Dunia Maya

Kaesang sempat curhat di Twitter tidak lagi pernah diajak

Jakarta, IDN Times - Kehadiran cucu pertama Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Jan Ethes Srinarendra benar-benar mencuri perhatian publik dan dunia maya. Semula, yang menjadi primadona adalah putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Namun, belakangan warga net justru memfavoritkan Jan Ethes. 

Seolah merespons warganet Jokowi pun juga lebih sering mengajak Jan Ethes dalam kunjungan kerjanya ke berbagai daerah. Kaesang pun pernah melemparkan cuitan di Twitter kalau ia sudah tidak lagi pernah diajak oleh sang ayah. 

Lelucon yang dilempar Kaesang malah direspons oleh sang kakak, Gibran Rakabuming Raka dengan pertanyaan: "situ siapa?" Warganet pun ikut meramaikan lelucon yang disampaikan oleh Kaesang dengan menyebut pemilik usaha Sang Pisang itu tidak lagi dianggap anak oleh Jokowi.

Lalu, apa komentar Kaesang saat popularitasnya mulai disaingi oleh keponakannya sendiri yang baru berusia dua tahun itu? Berikut penuturan Kaesang saat ditanya oleh jurnalis Najwa Shihab di program Mata Najwa yang tayang di Trans 7 pada Rabu (12/12). 

1. Kaesang ternyata tidak bermaksud curhat, namun ingin melariskan produk pisangnya

Ini Komentar Kaesang Soal Kalah Populer dari Jan Ethes di Dunia Maya(Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep) www.youtube.com/Kaesang

Ketika dikonfirmasi oleh Najwa, Kaesang secara blak-blakan mengatakan tidak ada maksud terbawa perasaan karena keponakannya Jan Ethes kini yang lebih sering diajak oleh Jokowi bepergian. 

"Kalau saya untuk personal branding aja (cuitan itu), biar pisang saya laku," kata Kaesang menjawab jujur. 

Pernyataan Kaesang itu diamini oleh sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya media sosial membutuhkan komentar yang tidak biasa sehingga tetap diingat oleh publik. 

"Kita harus terus update dan membuat narasi agar diingat orang. Kalau diingat orang, maka orang akan ingat saya identik dengan Markobar, sementara kalau ingat Kaesang yang diingat adalah Sang Pisang," tutur Gibran. 

Menurut Gibran saling lempar komentar di dunia maya antara dia dan adiknya merupakan strategi penjualan soft selling

Baca Juga: Rintis Bisnis, Gibran Rakabuming Tak pernah Bawa Nama Besar Jokowi

2. Menurut Kaesang, lebih keren Gibran ketimbang Jokowi sebagai pengusaha

Ini Komentar Kaesang Soal Kalah Populer dari Jan Ethes di Dunia MayaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Darah bisnis di keluarga inti Jokowi, boleh jadi diturunkan langsung oleh mantan Wali Kota Solo tersebut. Dulu, Jokowi diketahui sebagai pengusaha furnitur dan bahkan mengekspornya ke luar negeri. 

Kini, kedua putranya, Kaesang dan Gibran turut mengikuti jejaknya. Hanya saja, mereka tidak bersedia meneruskan usaha di bidang furnitur. Mereka memilih membangun sendiri usahanya itu. 

Di mata Kaesang, sang kakak lah yang kini menjadi pengusaha panutannya. Selain membangun bisnis martabak bernama Markobar, Gibran juga memiliki usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. 

Tangan dingin Gibran sebagai wirausaha terlihat ketika sukses menggelar akad nikah dan resepsi bagi adiknya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017 di Graha Saba Buana, Solo. 

"Kalau di mata saya, pengusaha (yang unggul) tetap Mas Gibran. Kalau Bapak kan sudah jadul. Ini kan lebih zaman now," kata Kaesang polos. 

3. Jokowi tetap merasa usahanya jauh lebih keren ketimbang kedua putra dan menantunya

Ini Komentar Kaesang Soal Kalah Populer dari Jan Ethes di Dunia MayaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Seolah tidak mau kalah, Jokowi tetap beranggapan sebagai pengusaha, ia jauh lebih unggul. Mengapa? Karena produk furnitur buatannya sudah bisa diekspor ke luar negeri bahkan hingga ke Benua Eropa. 

Sedangkan, produk pisang, martabak atau kopi milik menantunya masih berada di tingkat lokal. 

"Kalau masih di tingkat lokal mah belum saya akui," ujar Jokowi. 

Namun, Gibran ikut menimpali dengan menyebut sukses atau tidaknya suatu usaha tidak ditentukan apakah produk tersebut sudah diekspor ke luar negeri atau belum. 

"Kita main lokal, ada berapa ratus juta orang, Pak," kata Gibran menimpali pernyataan ayahnya. 

4. Jokowi saat ini lebih sering mengonsumsi Sang Pisang buatan Kaesang

Ini Komentar Kaesang Soal Kalah Populer dari Jan Ethes di Dunia Maya(Produk Sang Pisang milik Kaesang) www.instagram.com/@sangpisang2017

Saat ditanyakan produk mana yang saat ini lebih sering dikonsumsi, Jokowi mengatakan lebih sering makan produk pisang buatan Kaesang. 

"Kalau sekarang saya lebih sering makan Sang Pisang," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan Kaesang. 

Namun, seolah tidak mau kalah sang menantu, Bobby Nasution turut berbisik agar menyantap pisang buatan Kaesang dengan seduhan kopi racikannya. 

"Sambil minum kopi," katanya lagi. 

Sementara, saat ditanyakan ke Iriana, ia memilih sama-sama sering mengonsumsi pisang buatan Kaesang dan martabak racikan Gibran. 

Baca Juga: Jokowi Naik Moge ke Asian Games, Kaesang Beri Tanggapan Nyeleneh

Topik:

Berita Terkini Lainnya