Comscore Tracker

KPK Jaring Anggota DPRD Kalteng Melalui OTT

Ditemukan uang ratusan juta sebagai barang bukti

Jakarta, IDN Times - Belum selesai penyidikan terhadap Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta pada Jumat (26/10). Menurut Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, ada 14 orang yang diamankan dalam operasi senyap hari ini. 

"Mereka terdiri dari anggota DPRD Kalteng dan pihak swasta. Saat ini, mereka telah dibawa ke kantor KPK untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," ujar Basaria melalui keterangan tertulis pada hari ini. 

Lalu, operasi senyap kali ini menyangkut kasus apa? Dalam catatan IDN Times ini menjadi OTT ke-25 di tahun 2018. 

1. Sebanyak 14 orang diamankan dalam OTT

KPK Jaring Anggota DPRD Kalteng Melalui OTTIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Basaria, dalam OTT hari ini, ada 14 orang yang diamankan. Mereka terdiri dari anggota DPRD Kalimatan Tengah dan swasta. 

"Diduga telah terjadi transaksi antara pihak DPRD Kalteng dengan pihak swasta terkait pelaksanaan tugas DPRD dalam bidang perkebunan dan lingkungan hidup," kata Basaria. 

Baca Juga: Begini Kronologi OTT Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra

2. KPK menemukan barang bukti uang ratusan juta rupiah

KPK Jaring Anggota DPRD Kalteng Melalui OTT(OTT KPK terkait kasus perizinan proyek pembanguan Meikarta di Kabupaten Bekasi) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam OTT kali ini, KPK menemukan barang bukti senilai ratusan juta rupiah. Uang tersebut menurut Basaria, merupakan bagian dari komitmen fee yang dijanjikan. 

3. OTT ke-25 yang dilakukan oleh KPK di tahun 2018

KPK Jaring Anggota DPRD Kalteng Melalui OTTIDN Times/Angelia

Menurut Basaria, KPK memiliki waktu 1X24 jam untuk menentukan status terhadap 14 orang tersebut. Dalam catatan IDN Times, ini menjadi OTT ke-25 yang digelar KPK pada tahun 2018. 

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You