KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017

Pernikahan dilangsungkan di Jakarta pada Desember 2017

Jakarta, IDN Times - Fakta mengenai rumor hubungan spesial antara model Fenny Steffy Burase dengan Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf akhirnya terungkap. Dalam sidang praperadilan yang digelar pada Rabu (17/10) di PN Jakarta Selatan, terkuak Steffy dan Irwandi telah menikah secara siri di sebuah apartemen di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat pada 8 Desember 2017. 

Informasi itu disampaikan oleh biro hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menanggapi gugatan praperadilan Irwandi. Tim biro hukum KPK menguak fakta tersebut untuk membantah dalil yang disampaikan Irwandi bahwa ia tidak mengetahui adanya uang sebesar Rp39 juta yang masuk ke rekeningnya di Bank Mandiri. Uang tersebut diminta oleh Steffy kepada pengusaha Saiful Bahri. 

"Bahwa pemohon (Irwandi) mengetahui bilamana ada uang yang masuk pada tanggal  9 Juni 2018 sejumlah Rp39 juta ke nomor rekening pemohon di Bank Mandiri Aceh ketika diberitahu oleh penyidik pada bulan Juli 2018. Pemohon kemudian dengan sukarela melaporkan dan mengembalikan uang tersebut ke KPK sebelum berakhirnya tenggang waktu 30 hari," demikian isi dokumen jawaban biro hukum KPK yang dilihat IDN Times pada hari ini.  

Irwandi akhirnya mengajukan praperadilan karena tidak terima ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA). Steffy sendiri terlihat hadir di PN Jaksel sebagai saksi sidang praperadilan. Lalu, apa lagi fakta yang terungkap di ruang sidang?

1. KPK mendalilkan Irwandi tahu soal pengiriman uang karena kedekatan hubungan dengan Steffy

KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017Instagram/@steffyburase

Tim biro hukum KPK membantah dalil yang disampaikan oleh Irwandi. Menurut mereka, apa yang disampaikan oleh Irwandi penuh kebohongan, mengada-ada dan menyesatkan supaya mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu lolos dari tuntutan pidana. Menurut KPK, Irwandi tahu betul soal penerimaan senilai Rp39 juta dari kontraktor bernama Saiful Bahri. 

Uang tersebut diminta oleh Steffy melalui Saiful demi kepentingan penyelenggaraan Aceh International Marathon. Berdasarkan berita acara pemeriksaan saksi berinisial "F", Steffy diminta oleh Irwandi untuk membuat acara yang dapat mendongkrak pariwisata Aceh di dunia internasional. Maka, dibuatlah agenda lari marathon tersebut. 

Cara Irwandi meminta Steffy untuk membuat acara itu dianggap menunjukkan kedekatan. Kemudian, ditambah pengakuan "F" yang diundang untuk ikut menyaksikan pernikahan siri Irwandi dengan Stefy di sebuah apartemen di area Kebon Kacang pada 8 Desember 2017 lalu.

"Saksi datang ke lokasi sekitar pukul 11:00 WIB kemudian memasuki sebuah kamar apartemen yang ada ruang tamunya. Di ruangan tersebut, saksi bertemu dengan Steffy Burase yang telah mengenakan baju gamis. Di sana, saksi menemui sekitar 15 hingga 20 orang laki-laki dan perempuan yang ada di ruangan tersebut. Di antaranya ada seorang laki-laki yang memakai jas dan belakangan diketahui oleh saksi bahwa laki-laki itu adalah Irwandi Yusuf," demikian isi dokumen jawaban KPK. 

Di ruangan itu pula terdapat penghulu yang tidak diketahui namanya oleh saksi. Saksi yang diperiksa oleh KPK menjadi saksi nikah Irwandi. Sedangkan, dari pihak Steffy dihadiri oleh kedua orang tua, saudara kandung dan beberapa temen perempuan yang pernah menjadi presenter itu. 

Baca Juga: Irwandi Yusuf Bantah Punya Hubungan Spesial dengan Model Steffy Burase

2. Irwandi yang menikah lagi dengan Steffy sudah diketahui oleh pejabat di Pemprov Aceh

KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017Instagram @steffyburase

Menurut tim biro hukum KPK, peristiwa menikah lagi Irwandi sudah diketahui oleh pejabat di lingkungan Pemprov Aceh. Oleh sebab itu, sebagai istri Steffy memiliki kesempatan untuk mengenal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang memiliki hubungan kerja dengan Irwandi. 

Bahkan, Steffy sudah bisa secara leluasa, meminta sejumlah uang dari pengusaha Saiful Bahri yang memiliki perusahaan bernama PT Tamitana senilai Rp 39 juta. Karena memiliki hubungan khusus itu pula, Steffy bisa dengan leluasa mengatur penyelenggaraan Aceh International Marathon yang memiliki anggaran sekitar Rp13 miliar. 

Untuk membuktikan hubungan kedekatan di antara keduanya, tim biro hukum KPK juga menunjukkan percakapan melalui pesan pendek WhatsApp antara Steffy dengan istri pertama Irwandi, Darwati A. Gani. Isinya kurang lebih meminta klarifikasi bahwa Irwandi sudah memberi tahu kalau ia akan menikah lagi. 

3. KPK menolak pelaporan gratifikasi Irwandi senilai Rp39 juta

KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017(Ilustrasi anti korupsi) Corruption Watch

Strategi Irwandi selanjutnya yaitu melaporkan penerimaan uang Rp39 juta itu ke Direktorat Gratifikasi KPK. Masalahnya, uang tersebut baru dilaporkan setelah Irwandi terjaring tangkap tangan lembaga antirasuah. 

"Pemohon tertangkap tangan pada 3 Juli 2018 sekitar pukul 17:00 WIB. Kemudian, pada 9 Agustus 2018, pemohon (Irwandi) melalui kuasa hukum atas nama Sayuti Abubakar menyerahkan tanda terima laporan gratifikasi yang diterima tanggal 20 Juli 2018 untuk dilakukan penggantian tanggal tanda terima yang tertulis tanggal 11 Juli dan redaksinya," demikian isi dokumen tersebut. 

Namun, menurut KPK laporan gratifikasi itu tidak bisa ditindak lanjuti. Lembaga antirasuah kemudian mengirimkan surat kepada Irwandi atau kuasa hukumnya yang menyatakan uang tersebut tetap disita oleh KPK. Namun, tidak bisa menggugurkan tindak pidananya. 

"Selain karena baru dilaporkan ketika tertangkap tangan, delik yang disangkakan kepada pemohon bukan gratifikasi yang dianggap suap sebagaimana pasal 12B UU Tipikor, melainkan pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11," demikian isi dokumen tersebut. 

Baca Juga: Steffy Burase Akui Terima Uang dari Tersangka KPK untuk Aceh Marathon

Topik:

Berita Terkini Lainnya