Comscore Tracker

KSAD Dudung Jenguk Hendropriyono yang Dirawat di RSPAD

Diaz ucapkan terima kasih untuk doa bagi ayahnya

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman terekam kamera tengah menjenguk mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono yang terbaring sakit. Hendro diketahui sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto. 

Kunjungan Dudung untuk membesuk Hendro terekam kamera dan menjadi viral di media sosial. Di video itu terlihat Hendro yang terbaring dalam kondisi yang tidak fit. Ia mengenakan infus dan selang oksigen di hidungnya. Saat dijenguk Dudung, Hendro dalam keadaan sadar. 

"Selamat beristirahat ya dan cepat sembuh," ungkap Dudung kepada Hendro. 

Sebelum pergi, Dudung terlihat mengecup dahi Hendro. Ia lalu mencium tangan purnawirawan jenderal TNI AD yang juga mertua Panglima TNI itu. 

Bagaimana kondisi Hendro saat ini?

1. Kondisi Hendro sudah membaik, butuh istirahat

KSAD Dudung Jenguk Hendropriyono yang Dirawat di RSPADMantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono memegang buku karangannya berjudul "Spy SI" (www.instagram.com/@diaz.hendropriyono)

Sementara, putra Hendro, Diaz Hendropriyono mengonfirmasi bahwa ayahnya sedang dirawat di rumah sakit. Pria yang juga menjadi staf khusus presiden itu menyebut kondisi ayahnya sudah membaik. 

"Terima kasih atas semua doa untuk kesehatan ayah saya. Trombosit sempat rendah di level 8.000. Tapi, sekarang kondisinya sudah membaik. Kini, beliau hanya butuh bedrest," ungkap Diaz seperti dikutip dari akun media sosialnya pada Kamis (28/4/2022). 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim RSPAD, Direktur RSPAD Letjen Budi, Mayjen Lukman hingga mantan menteri kesehatan, Terawan Agus Putranto. Seperti yang diketahui Hendro juga merupakan mantan pasien terapi 'cuci otak' Terawan. 

Baca Juga: Arsul Sani: Usulan Masa Jabatan Presiden dari Hendropriyono, Bukan MPR

2. Hendro sempat berkumpul dengan keluarga untuk merayakan ultah ke-73 istrinya

KSAD Dudung Jenguk Hendropriyono yang Dirawat di RSPADKeluarga besar Diaz Hendropriyono merayakan ultah ke-73 sang ibu di rumahnya. (www.instagram.com/@diaz.hendropriyono)

Sebelum jatuh sakit, Hendro sempat terlihat berkumpul dengan keluarga besarnya. Ia merayakan ulang tahun ke-73 sang istri. Di sana, turut hadir menantunya, Jenderal Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Panglima TNI. Ada pula putra satu-satunya Andika. 

"Happy birthday, Mom!" tulis Diaz pada 10 April 2022 lalu di akun media sosialnya. 

Sejumlah politikus dan publik figur turut memberi ucapan selamat dan mendoakan ibu Diaz. 

3. Hendro menjadi guru besar pertama di bidang intelijen di Indonesia

KSAD Dudung Jenguk Hendropriyono yang Dirawat di RSPADMantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

Nama Hendro dikenal sebagai mantan Kepala BIN pada periode 2001 hingga 2004 lalu. Banyak gagasan baru muncul dari dirinya ketika masih menjabat sebagai Kepala BIN. Salah satunya, ia menggagas berdirinya Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Sentul Bogor, Jawa Barat.
 
Saking mahirnya dalam intelijen, ia dijuluki jenderal intelijen. Bahkan, gelar akademik profesor intelijen diraihnya dari STIN. Ia menjadi profesor intelijen pertama di Indonesia dan masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sebelum masuk ke dunia intelijen, Hendro adalah purnawirawan jenderal di TNI Angkatan Darat. Ia mengawali karier sebagai Komandan Peleton dengan pangkat Letnan Dua Infanteri di Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) yang kini berganti nama menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Hendro juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) pada periode 2016 hingga 2018.  

Baca Juga: Hendropriyono Bantah Bertemu Jokowi untuk Lobi Mantunya Jadi Panglima

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya