Comscore Tracker

KSAD TNI Tugaskan Aprilio Manganang di Perbekalan karena Jago Masak

"Ini momen yang saya tunggu selama 28 tahun"

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menugaskan Sersan Dua Aprilio Perkasa Manganang di bagian perbekalan TNI. Hal itu lantaran Perkasa diketahui pandai memasak. 

"Kebetulan Lanang (Aprilio Perkasa) sejak kecil dididik sama mamanya untuk masak. Sementara, prajurit kami yang di perbekalan dalam memasak harus belajar (dulu), sedangkan kalau dia kan sudah natural," kata Andika seperti dikutip dari stasiun Kompas TV, Sabtu (20/3/2021). 

Bahkan, Aprilio diharapkan bisa turut mengenalkan masakan-masakan khas Manado kepada koleganya di TNI AD. "Saya bahkan yakin suatu saat nanti ia bisa memasak sekaliber chef," tutur Andika lagi. 

Penugasan itu diberikan kepada Aprilio usai statusnya resmi ditetapkan oleh Pengadilan Tondano Minahasa, Sulawesi Utara sebagai laki-laki. Namanya pun resmi berganti dari Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. 

Bagi Aprilio, kejelasan status seksual merupakan sesuatu yang telah ia nantikan selama 28 tahun di dalam hidupnya. Ia diketahui mengalami hipospadia yaitu cacat sejak lahir pada anak laki-laki. Mereka yang mengalami itu terdapat kondisi pembukaan uretra tidak terletak di ujung penis. 

Lalu, apa pesan Aprilio kepada mereka yang juga mengalami hipospadia?

Baca Juga: Resmi Bernama Aprilio Perkasa Manganang, Kakaknya Juga Hipospodia

1. Aprilo Perkasa dorong pengidap hipospadia untuk berkata jujur

KSAD TNI Tugaskan Aprilio Manganang di Perbekalan karena Jago MasakSerda TNI AD Aprilio Perkasa Manganang (kanan) menangis terharu usai resmi dinyatakan sebagai laki-laki (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pada Jumat, 19 Maret 2021, Aprilio Perkasa mendorong agar para pengidap hipospadia berani berkata jujur dan mencari pertolongan ke dokter. Ia juga mendorong agar mereka berani menghadapi kenyataan bila mengidap hipospadia. Sebab, hanya diri sendiri yang memahami kondisi tubuh. 

"Mungkin pesan-pesannya untuk orang seperti saya tidak usah takut. Kita berani saja, agar kita tahu kondisi kita dan kita harus jujur untuk itu," kata Aprilio di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat. 

Ia mengatakan, pengalaman mengenai penyakit hipospadia ini perlu dibagikan ke banyak orang. Sebab, masih banyak orang yang belum terlalu paham soal penyakit tersebut. 

"Saya sempat berpikir ingin jadi pembicara buat orang-orang seperti saya karena buat saya itu penting banget. Mereka juga manusia yang berhak untuk bahagia dan butuh dorongan dari kita," tutur dia lagi. 

Ke depan, ia masih harus menjalani operasi korektif kedua. Sehingga, ia ingin fokus mengenai transisi dengan identitas sebagai laki-laki. 

Ia pun mengaku tak berniat kembali ke dunia voli lantaran sudah menjadi personel TNI AD. "Jadi, saya fokus dengan karier saya saat ini di TNI AD," ungkapnya. 

Baca Juga: Hipospadia pada Anak, Kenali Gejala dan Penanganannya

2. Nama Lanang diberikan oleh istri KSAD bagi Aprilio

KSAD TNI Tugaskan Aprilio Manganang di Perbekalan karena Jago MasakTangkapan layar KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri), Yetty Andika Perkasa (tengah), dan Aprilia Manganang alias Lanang (kanan) di kanal YouTube TNI AD. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Sementara, meski nama resminya adalah Aprilio Perkasa Manganang, tetapi ia biasa disapa Lanang. Nama itu diberikan secara khusus oleh istri KSAD, Hetty Andika Perkasa. Dalam video yang diunggah oleh TNI AD ke YouTube, terlihat bagaimana Hetty memberikan nama itu untuk mantan atlet bola voli tersebut. 

"Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang terbaik. Nah, saya ingin memberikan nama untuk Manganang, kalau mau," kata Hetty di video yang diunggah pada 18 Maret 2021 lalu. 

Aprilio pun menganggukkan kepala, pertanda bersedia diberi nama oleh Hetty. Sambil menahan tangis, Hetty kemudian memberikan nama Lanang bagi Aprilio. Lanang yang bermakna laki-laki merupakan doa dari Hetty agar putra asuhnya itu bisa menjadi lelaki yang seutuhnya. 

"Saya kasih namanya dengan doa, jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu dalam bahasa Jawa artinya lelaki. Jadi, saya berharap Lanang bisa menjadi lelaki sejati," tutur dia lagi. 

Selain Hetty, Andika juga memberikan nama Perkasa untuk Aprilio. Ia berharap dengan adanya nama itu bisa menjadi refleksi bagi prestasinya di masa depan. 

3. Kakak Aprilio juga mengidap hipospadia

KSAD TNI Tugaskan Aprilio Manganang di Perbekalan karena Jago MasakInstagram.com/manganang

Selain Aprilio, kakaknya, Amasya Anggraini Manganang juga mengalami hipospadia. Amasya datang dari Kalimantan untuk menjenguk adiknya yang sudah menjalani corrective surgery di RSPAD Gatot Subroto. 

KSAD TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, Amasya juga sempat curhat dan ingin menjalani pemeriksaan. 

"Selasa malam kemarin Amasya curhat ke saya. Dari kata-katanya bilang 'bapak saya juga ingin diperiksa'," ujar Andika menirukan kalimat Amasya. 

Ia pun mengaku siap membantu. Apalagi Aprilio juga sudah ditangani.

"Menurut saya, kami juga punya tanggung jawab untuk memberikan solusi. Toh, ini juga masih dalam batas kemampuan kami," kata dia. 

Tim dokter yang menangani Aprilio kemudian diminta untuk memeriksa Amasya. Hasil tesnya mengejutkan, karena ia juga mengidap hipospadia yang parah seperti adiknya. 

Berdasarkan hasil corrective surgery pertama, diketahui hipospadia yang dialami oleh Amasya masuk dalam tingkatan serius. Sehingga dibutuhkan dua kali corrective surgery. Operasi kedua itu akan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto pada Selasa, 23 Maret 2021. 

Baca Juga: Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini Harapannya

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya