KSAL Yudo Tiba di DPR untuk Tes, Didampingi KSAD, KSAU dan Kapolri

Jenderal Andika terlihat absen karena ada acara

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono tiba di gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (2/12/2022) siang, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Panglima TNI.

Namun, dalam fit and proper test kali ini, Yudo tidak seorang diri. Ia didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Ini merupakan kali pertama uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI turut didampingi pejabat tinggi dari matra lain dan kepolisian.

Yudo, Dudung, Fadjar, dan Sigit tiba di DPR dengan menumpang mobil yang sama. Mereka berangkat dari Mabes TNI AL di Cilangkap.

Yudo mengatakan, ia masih harus melanjutkan proses fit and proper test tahap pertama yakni verifikasi administrasi. Sedangkan, fit and proper test baru dimulai pukul 13:30 WIB.

"Ada beberapa persyaratan dulu yang harus ditelusuri seperti persyaratan kesehatan dulu, NPWP, hingga laporan harta kekayaan," ungkap Yudo kepada media pada siang ini.

Sementara, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tak bisa ikut mendampingi lantaran ada acara lain yang harus dihadiri. Namun, dalam acara di Jakarta Utara, Andika sudah mendoakan agar Yudo sukses dan lancar mengikuti fit and proper test.

Di sisi lain, Yudo mengaku sudah siap untuk menjalani proses fit and proper test. Tetapi, ia belum bisa mengungkap visi dan misinya ke publik lantaran belum dipaparkan di hadapan anggota Komisi I DPR.

Yudo menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diajukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia menggantikan Andika yang bakal pensiun dari posisi Panglima TNI pada 21 Desember 2022.

Baca Juga: Profil Yudo Margono: Anak Petani yang Terpilih Jadi Panglima TNI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya