Latihan Bersama Militer AS di Laut Jawa, TNI AL Kerahkan 3 Kapal

Latihan CARAT tahun ini, AS kerahkan 2 kapal perang

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Laut (AL) pada pekan ini melakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dari armada ketujuh (7th fleet) di Laut Jawa. Latihan yang disebut  Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2021 merupakan wujud implementasi kesiapan operasi yang bersinergi. 

Dikutip dari keterangan resmi TNI AL, dalam latihan itu TNI AL mengerahkan tiga unit kapal perang dari Koarmada II yang berbasis di Jawa Timur. Ketiga unsur itu terdiri dari KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365 dan KRI Ajak-653. TNI AL juga mengerahkan satu unit heli panther. 

Sementara, AL Negeri Paman Sam mengerahkan dua kapal perang yakni USS Jackson dan USNS Milinocket. Komandan Satgas Latihan Bersama CARAT 2021, Kolonel Laut (P) Heri Tribowo mengonfirmasi bahwa alutsista milik TNI AL telah siaga di Laut Jawa sejak Senin, 8 November 2021 lalu. 

"Ini dalam rangka fase laut (sea phase) atau tahap manuver lapangan yang merupakan puncak latihan bersama antara TNI AL dengan AL AS ini," kata Heri dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021). 

Lalu, apakah latihan tersebut berjalan dengan lancar?

1. CARAT 2021 antara TNI AL dan militer AS sudah dilakukan sejak 1994

Latihan Bersama Militer AS di Laut Jawa, TNI AL Kerahkan 3 KapalPrajurit TNI Angkatan Laut tengah melakukan latihan CARAT bersama Angkatan Laut Amerika Serikat periode 8-10 November 2021 (Dokumentasi TNI AL)

Latihan bersama TNI AL dengan militer AS ini sudah terjalin sejak 1994 lalu. Latihan CARAT tahun ini menjadi ke-26 yang berhasil diselenggarakan. Kondisinya pun masih di tengah pandemik COVID-19. 

"Ini merupakan latihan bersama bilateral yang secara rutin digelar setiap tahun dan menitikberatkan pada materi naval warfare dan keamanan maritim," ujar Kolonel Heri. 

Maka, ada sejumlah latihan yang dilakukan oleh militer kedua negara, di antaranya Division Tactical Manauvering (DIVTACS),  Air Defence Exercise (ADEX), Flag Exercise (FLAGEX), Deck Landing Qualificatoin (DLQ), Anti Air Rapid Open Fire Exercise (AAROFEX), Flash Exercise (FLASHEX), Night Steaming in Company (NSIC), Gunnery Exercise (GUNNEX), Search and Rescue Exercise (SAREX), Replenishment at Sea' (RAS), Fhoto Exercise (FOTEX), Anti Asymetric Warfare Exercise (AASYWEX), dan Screen Exercise (SCREENEX). Pada tahap akhir dilaksanakan Hot-Wash dan Closing Ceremony. 

“Saat ini kami melaksanakan peran tempur bahaya udara, serta penembakan chaff sebagai upaya perlindungan serangan udara. Pada malam hari KRI GNR-332 melanjutkan latihan penembakan Aarofex menggunakan meriam 20 mm lambung kiri dan lambung kanan sebanyak 400 butir peluru. Selanjutnya melaksanakan kegiatan NSIC (Night Steaming in Company),” kata dia lagi.

Baca Juga: KSAL Yudo: TNI AL Tetap Loyal dan Dukung Andika Perkasa Jadi Panglima

2. Latihan bersama CARAT berlangsung 1-12 November 2021

Latihan Bersama Militer AS di Laut Jawa, TNI AL Kerahkan 3 KapalPrajurit TNI Angkatan Laut tengah melakukan latihan CARAT bersama Angkatan Laut Amerika Serikat periode 8-10 November 2021 (Dokumentasi TNI AL)

Heri juga menjelaskan tema yang diusung dalam latihan bersama CARAT tahun ini yaitu “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Latma Carat 2021 Dengan US Navy Di Surabaya dan Laut Jawa Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan dan Interoperabilty Kerja Sama Maritime Security, Amphibious Operations dan Combatant Warfare Antar Kedua Angkatan Laut”.

Ia mengatakan latihan bersama itu akan berlangsung pada periode 1-12 November. Dalam latihan ini, TNI AL mengerahkan 1 Frigate RE Martadinata Class, 1 Korvet Fatahillah Class, 1 KCR Sampari Class, 1 Helikopter dan 1 Pesud Maritime Patrol Aircraft. 

Sedangkan keterlibatan AL AS adalah 1 LCS Independence Class, 1 T-EPF Millinocket Class, 1 MH-60, dan 1 Pesawat Udara P-8 Poseidon. 

3. Latihan bersama CARAT 2020 dibatalkan karena pandemik COVID-19

Latihan Bersama Militer AS di Laut Jawa, TNI AL Kerahkan 3 KapalKapal milik TNI Angkatan Laut dan militer Amerika Serikat tengah melakukan latihan bersama CARAT 2021 di Laut Jawa pada 9 November 2021 (ANTARA FOTO/Prasetiani Fauzani)

Sementara, menurut Captain Tom Ogden, Komodor AL Destroyer Squadron (DESRON) 7, latihan bersama yang berlangsung selama 11 hari memusatkan pada spektrum penuh kemampuan angkatan laut dan menampilkan evolusi kooperatif yang menyoroti kemampuan AS dan Indonesia untuk memastikan keamanan kawasan maritim Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Hubungan yang kuat dibangun atas dasar kepercayaan, dan dikembangkan melalui tindakan yang diwujudkan, serta diskursus yang konsisten dan bijaksana. Hubungan yang kuat ini adalah fondasi tempat keamanan, stabilitas, dan kemakmuran berkembang," kata Captain Ogden dalam keterangan tertulis pada 1 November 2021 lalu. 

Latihan CARAT 2020 dibatalkan karena pandemik COVID-19. Sementara, latihan CARAT kembali dilanjutkan tahun ini dengan penerapan langkah-langkah mitigasi kesehatan.

Baca Juga: 5 Potret Kunjungan Anggota Komisi I ke Rumah Jenderal Andika Perkasa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya