Lawan 3 Kartu Jokowi, Sandiaga: Kita Hanya Butuh KTP Elektronik

Sandiaga menilai tiga kartu membebani keuangan negara

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengkritik tiga kartu baru yang akan dikeluarkan oleh paslon nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Ketiga kartu yang disindir Sandiaga yakni Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Sembako Murah.

Tiga kartu itu diluncurkan pada akhir Februari lalu ketika Jokowi sedang berkampanye. Tujuan dari peluncuran kartu tersebut yakni agar masyarakat bisa sejahtera.

Namun, Sandiaga mengkritik peluncuran tiga kartu tersebut, lantaran dinilai hanya membebani keuangan negara. Alih-alih meluncurkan kartu baru, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut memilih untuk menggunakan satu kartu.

"Mari emak-emak, anak-anak muda, kita keluarkan dompet kita bersama dan mengeluarkan satu kartu saja yakni KTP Elektronik," ujar Sandi di ajang debat cawapres pada Minggu malam (16/3) di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

Begitu Sandi mengeluarkan dompet, para pendukungnya pun menirukan. Sikap yang sama juga ditiru ketika ia mengeluarkan KTP Elektronik.

Sandi menilai KTP Elektronik yang sempat bermasalah itu, sudah dilengkapi teknologi yang canggih.

"Di dalamnya sudah ada chip, ini memiliki teknologi dengan big data, single identity number, sehingga semua fasilitas baik itu layanan kesehatan, pendidikan, rumah siap kerja, PKH plus ada di dalam satu kartu yang sudah kita miliki ini. Kita tidak perlu lagi buat kartu baru," kata dia.

Baca Juga: Sandiaga: UN Dihapus Karena Bagian dari Pemborosan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You