Mahfud Tolak Ungkap Nama Anggota DPR yang Sempat Dihubungi Ferdy Sambo

Mahfud mengaku tahu identitas anggota DPR tersebut

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menolak untuk mengungkap identitas anggota DPR yang sempat dihubungi oleh Irjen (Pol) Ferdy Sambo, usai terjadi pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Sambo sengaja menghubungi sejumlah orang agar mereka bersimpati dan percaya istrinya telah dilecehkan oleh ajudannya sendiri.

"Orang dihubungi oleh orang lain itu kan bukan pelanggaran. Misalnya, saudara sekalian dihubungi oleh Sambo, kan bukan pelanggaran, lalu kenapa harus diadili?" tanya Mahfud ketika menghadiri sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Gedung Nusantara I DPR, Senayan, Kamis (25/8/2022).

Alasan, kedua, masalah Ferdy Sambo menghubungi anggota parlemen memang terkonfirmasi dan telah terjadi. Sehingga, menurutnya tidak ada lagi yang harus dipermasalahkan.

Mahfud mengakui tahu identitas anggota DPR yang sempat dihubungi oleh Ferdy Sambo. Namun, anggota DPR yang dimaksud tak pernah ia ungkap identitasnya sejak awal.

"Karena ketika saya menghubungi yang bersangkutan, teleponnya tidak diangkat. Kalau saya sebut (namanya) maka tidak etis," tutur dia.

"Oleh karena itu, dengan segala hormat dan menghormati hubungan antar kelembagaan, keterangan saya tentang kasus ini sudah selesai. Saya tidak akan menerangkan lagi namanya, karena saya tidak berhasil mengonfirmasi (informasi tersebut)," ujarnya lagi.

Namun, Mahfud meyakinkan anggota MKD bahwa Ferdy Sambo dan jaringannya terbukti telah membuat gerakan agar membuat sejumlah pihak simpati dan percaya. Ia lalu menyebut kembali sejumlah pihak yang dimaksud, mulai dari komisioner Kompolnas, komisioner Komnas HAM, beberapa pemimpin redaksi hingga anggota DPR.

"Saya sudah telepon ke beberapa pemimpin redaksi itu dan mereka membenarkan pernah dihubungi oleh Sambo," tutur dia.

Sementara, terkait Kompolnas yang dihubungi, Mahfud mengakui dua komisionernya memang sempat menemui Sambo. Saat bertemu, Sambo hanya menangis dan mengaku istrinya dilecehkan.

Begitu juga Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Fadil Imran. Ia juga bertemu Ferdy Sambo yang menangis-nangis tanpa alasan yang jelas.

Sidang MKD yang menghadirkan Mahfud MD pada hari ini dipimpin oleh Aboe Bakar Al-Habsyi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan dimulai pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Mahfud MD Klarifikasi ke MKD soal Isu Anggota DPR Terlibat Kasus Sambo

https://www.youtube.com/embed/r34R3Z0fR6k

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya