Mantan Panglima TNI Andika Terima Bintang Darjah Utama dari Singapura

Bintang Darjah Utama penghargaan militer tertinggi

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa terlihat tetap aktif beraktivitas meski sudah pensiun. Salah satunya, ia memenuhi undangan Pemerintah Singapura untuk berkunjung ke sana pada periode 9-11 Mei 2023 lalu. 

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pertahanan Singapura, Andika berada di sana untuk menerima penghargaan tertinggi di bidang militer oleh pemerintah negeri Singa yaitu Darjah Utama Bakti Cemerlang pada Selasa siang (10/5/2023). Penghargaan diberikan langsung Presiden Singapura, Halimah Yacob di Istana. 

"Penghargaan tertinggi itu diberikan kepada perwira militer asing sebagai apresiasi atas jasa dan kontribusinya terhadap hubungan bilteral antara Indonesia dan Singapura, khususnya antara TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF)," ungkap Atase Pertahanan Singapura, Melvin Gan seperti dikutip dari YouTube Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (2/6/2023). 

Di bawah kepemimpinan Andika, kerja sama militer di antara militer kedua negara semakin tumbuh kuat. Militer kedua negara melakukan berbagai kerja sama dan pertukaran seperti Latihan Safkar Indopura, Latihan Bersama Minex Pandu, dan Latihan Manyar Indopura. 

"Berdasarkan undangan dari TNI, Angkatan Bersenjata Singapura juga berpartisipasi dalam latihan multilateral Super Garuda Shield 2022," demikian dikutip dari situs resmi Kemhan Singapura. 

Selain itu, Andika sempat bertemu dengan Wakil PM Singapura yang sekaligus menjabat Menteri Keuangan, Lawrence Wong, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dan Panglima Angkatan Bersenjata baru Singapura, Laksamana Muda Aaron Beng Yao Cheng. 

Apa yang dibicarakan oleh Andika dalam pertemuan tersebut?

1. Jenderal Andika merasa terhormat bisa bertemu dengan Wakil PM Singapura

Mantan Panglima TNI Andika Terima Bintang Darjah Utama dari SingapuraJenderal (Purn) Andika Perkasa ketika bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong di Singapura pada pertengahan Mei 2023. (Tangkapan layar YouTube Jenderal Andika Perkasa)

Lebih lanjut, ketika memperkenalkan diri kepada Wakil PM Lawrence, Andika menyebut namanya 'Andy.' Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu pun merasa terhormat bisa bertemu dengan Wakil PM Lawrence. 

"Saya merasa terhormat bisa bertemu dengan Anda Pak Wakil PM," ungkap Andika dalam Bahasa Inggris yang fasih. 

Di sisi lain, Atase Pertahanan Singapura, Melvin Gan mengatakan pemberian penghargaan terhadap Andika menandakan hubungan militer kedua negara sangat kuat. "Saya pikir, TNI dan SAF selalu menjadi teman dan mitra yang sangat dekat dalam operasi dan berlatih militer. Pemberian medali kepada Pak Andika menjadi bukti kuatnya hubungan relasi tersebut. Kami berharap hubungan yang kuat ini akan terus berlanjut dan lebih kuat lagi," kata Melvin. 

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Andika Terima Penghargaan Militer dari Singapura

2. Jenderal Andika sempat melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Singapura

Mantan Panglima TNI Andika Terima Bintang Darjah Utama dari SingapuraJenderal (Purn) Andika Perkasa ketika berkunjung ke Gedung Kemhan Singapura pada pertengahan Mei 2023. (Dokumentasi Kemhan Singapura)

Selain menemui Wakil PM Singapura, Andika turut melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan, Dr. Ng Eng Hen. Ia disambut dengan upacara militer ketika tiba di gedung Kementerian Pertahanan Negeri Singa. 

Lalu, pada malam harinya, Andika dan istri, Diah Erwiany Trisnamurti, melakukan santap malam di Pulau Sentosa. Di sana, Andika berkenalan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura yang baru, Laksamana Muda Aaron Beng Yao Cheng.

Sama seperti di Indonesia, Aaron merupakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pertama di Singapura yang ditunjuk menjadi Panglima Angkatan Bersenjata. Di penghujung santap malam, Laksamana Muda Aaron memberikan cinderamata berupa foto Andika yang telah dilengkapi pigura. 

"Kami membuat ini untuk Anda, sangat sederhana. Tetapi, kami berharap ada ruangan di rumah Anda untuk memajang ini," kata Aaron. 

"Saya akan cari lokasi terbaik di rumah untuk memajang ini," ujar Andika merespons Aaron. 

Andika pun turut memberikan sejumlah cinderamata bagi Laksamana Muda Aaron dan istri. 

3. Jenderal Andika sudah bersahabat dengan Panglima Angkatan Bersenjata Letjen Melvyn Ong Su Kiat

Mantan Panglima TNI Andika Terima Bintang Darjah Utama dari SingapuraJenderal (Purn) TNI Andika Perkasa dan sahabat baik Panglima Angkatan Bersenjata, Melvin Ong. (Tangkapan layar YouTube Jenderal Andika)

Sebelum melakukan kunker ke Singapura pada 9-11 Mei 2023, Jenderal Andika sempat santap siang dengan sahabat lamanya, mantan Panglima Angkatan Bersenjata, Letjen Melvyn Ong Su Kiat. Santap siang dilakukan pada Maret 2023 lalu ketika Melvyn melakukan kunker ke Jakarta. 

Dalam pertemuan itu, Melvyn menyampaikan kepada Andika bahwa 24 Maret menjadi hari terakhirnya menduduki posisi Panglima Angkatan Bersenjata Singapura. "Saya juga akan serah terima jabatan. Sudah diumumkan pada 24 Maret. Jadi, saya sudah menjabat selama lima tahun," kata Melvyn seperti dikutip dari YouTube Jenderal Andika Perkasa. 

"KSAL yang akan menggantikan saya. Dia orangnya kecil tapi pintar," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Hubungan Bilateral Pasukan di Negara Super Garuda Shield Semakin Kuat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya