Massa Buruh Mulai Bergerak ke Kelapa Gading, Buka Rakernas

Partai Buruh akan umumkan dukungan capres dan cawapres

Jakarta, IDN Times - Setelah mendengarkan orasi dari para petinggi Partai Buruh, massa kemudian diminta meninggalkan area Jalan Medan Merdeka Barat. Massa buruh kembali ke bus masing-masing dan hendak menuju ke Sport Mall Kelapa Gading.

Partai Buruh bakal melakukan konsolidasi terhadap kader dan simpatisan dari seluruh Indonesia, serta pembukaan rakernas. Agenda rapat kerja itu bakal dimulai secara resmi pada Minggu (15/1/2023) hingga Selasa (17/1/2023) yang berujung dukungan bagi Capres dan Cawapres tertentu. Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan rakernas bakal digelar di Hotel Ciputra, Grogol.

"Kami menggunakan tema di rakernas nanti deklarasi darah juang dan sekaligus menjadi ajang pemenangan Partai Buruh di Pemilu 2024," kata Said, Sabtu (14/1/2023).

Sementara, ketika ditanyakan apakah Partai Buruh berniat untuk berkoalisi dengan parpol tertentu jelang pemilu 2024, dia justru mengaku tak memikirkannya.

"Kami ini kan partai kelas pekerja. Kami setuju dengan sistem proporsional tertutup dengan bersyarat. Tidak seperti yang dimaksud oleh PDIP dan Partai Bulan Bintang ya," katanya.

Namun, menurut Said, keputusan untuk mendukung sistem proporsional tertutup bersyarat belum final. Hal itu akan dibahas lebih lanjut di dalam rakernas.

"Kami akan dengarkan situasi yang berkembang," tutur dia.

Said mengklaim massa yang akan hadir di Sport Mall Kelapa Gading mencapai 10 ribu. Sedangkan, yang hadir dalam aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Selatan mencapai 7.000 orang.

Pantauan IDN Times barikade di Jalan Medan Merdeka Barat pelan-pelan mulai digeser sehingga ruas jalan bisa kembali dilalui oleh kendaraan.

Baca Juga: Presiden Partai Buruh: Pembuat Perppu Bodoh, Tak Atur Soal Cuti

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya