Nama Puan Disoraki saat Muncul Jadi Bakal Capres PAN, Ini Kata Zulhas

Nama Puan diusulkan dari PAN wilayah Jakarta

Jakarta, IDN Times - Ada momen menarik di puncak rakernas ke-3 Partai Amanat Nasional (PAN) ketika digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, (27/8/2022). Nama Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, ternyata muncul dan diusulkan oleh kader PAN di daerah sebagai bakal capres 2024.

Tetapi, ketika namanya dibacakan oleh Ketua Umum, Zulkifli Hasan, para kader justru merespons negatif. Mereka menyoraki nama Puan.

Respons berbeda justru terlihat ketika nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dibacakan. Kader PAN di Istora Senayan justru bertepuk tangan riuh. Zulhas pun menghormati siapa pun yang diusulkan oleh kader PAN di daerah.

"Saya kira responsnya sama. Kami menghormati semua kandidat yang ada. Mereka semua sama terhormatnya," ungkap Zulhas yang ditemui usai rakernas PAN.

Ia mengatakan sembilan nama yang muncul di rakernas belum mencerminkan keputusan akhir PAN. Sembilan nama itu baru sebatas usulan dari kader di daerah dan disampaikan di rakernas.

"Itu nama-nama yang diusulkan dari kabupaten/kota ke wilayah. Wilayah lalu menyampaikan ke rakernas ini, dibagi klaster," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan itu.

Menurut Zulhas, kesembilan nama itu baru diterima di rakernas. "Kami akan bahas pada saatnya nanti. Jadi, belum diputuskan oleh rakernas," tutur dia.

Sementara, Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, menyebut nama Puan dimunculkan oleh kader PAN di wilayah DKI Jakarta. Menurut Yandri, nama Puan termasuk tokoh politik yang potensial dan layak untuk dipertimbangkan.

"Kan Mba Puan memang tokoh yang potensial untuk pemilu 2024," ujar Yandri.

Berikut 9 nama yang direkomendasikan oleh kader PAN di daerah sebagai bakal capres 2024:

A. Klaster politik
- Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan)
- Ketua Umum PPP (Suharso Monoarfa)
- Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto)
- Ketua DPP PDI Perjuangan (Puan Maharani)

B. Klaster teknokrat/menteri
- Menteri BUMN (Erick Thohir)

C. Klaster kepala daerah
- Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)
- Gubernur DKI Jakarta (Anies R. Baswedan)
- Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil)
- Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa)

Baca Juga: Rakernas Dibuka, Ganjar hingga Anies Masuk Radar Capres Pilihan PAN

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya