Netral dalam Kasus Brigadir J, Komisi III Rela Dituduh Terima Uang

Arteria banyak memuji Kapolri dalam rapat kerja kali ini

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan, mengatakan, sikap Komisi III dalam kasus pembunuhan Brigadir J yang menyeret Irjen (Pol) Ferdy Sambo cenderung netral.

Ia mengakui, ketika mendengar penjelasan Polri soal kronologi kematian Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat ditemukan kejanggalan.

"Tetapi, Komisi III memegang asas praduga tak bersalah. Kami menghilangkan berbagai prasangka. DPR rela di-bully dan dibilang bodoh. Kami dituduh telah terima uang. Walaupun harus diakui prank-prank tadi terasa janggal," kata Arteria ketika berbicara di rapat kerja komisi III dengan Kapolri pada Rabu, (24/8/2022) di gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat.

Pernyataan dan nada bicara Arteria terdengar berbeda ketika menghadiri rapat untuk membahas kasus Ferdy Sambo dengan tiga lembaga lainnya pada Senin (23/8/2022).

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu terlihat menghujani Ketua Kompolnas dengan berderet pertanyaan. Namun, dalam rapat kali ini, Arteria terdengar sering memuji Kapolri, Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

"Pak Kapolri, Mas Agus (Kabareskrim), Pak Dofiri terima kasih atas kerja kerasnya. Tim Khusus luar biasa. Mas Agung, Irwasum kinerjanya juga luar biasa. Bapak-Bapak ini adalah pahlawan. Meski kami dibilang diam, tapi DPR sangat dewasa. Kami sangat berhati-hati dalam bersikap, bertindak dan bertutur kata," kata dia.

Menurut Arteria, sikap dewasa itu ditunjukkan dengan sikap dan nada yang netral dalam peristiwa kematian Brigadir J. Baik itu berdasarkan skenario Ferdy Sambo maupun peristiwa yang sesuai fakta.

"Karena kami tidak ingin intervensi (kinerja Polri). Kami yakin betul polisi kita adalah polisi rakyat. Kami memberikan ruang dan waktu bagi Pak Kapolri bekerja. Pak Kapolri luar biasa, sudah membentuk tim khusus, irsus dan semuanya jalan dengan (semangat) merah putih," tutur dia.

Rapat kerja dengan Kapolri sudah dimulai sejak 10.00 WIB. Rapat sempat dihentikan untuk makan siang dan dilanjutkan kembali sekitar pukul 13.45 WIB.

Berbeda dengan rapat yang digelar Komisi III pada Senin kemarin, rapat pada Rabu ini jarang diwarnai interupsi dari anggota DPR.

Baca Juga: Kapolri Rapat dengan Komisi III DPR Hari Ini, Bahas Kasus Sambo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya