Comscore Tracker

Organisasi 'Sayap' PPP Forum Ka'bah Janji 20 Juta Suara untuk Anies

PPP diklaim tak lolos Pileg bila tak dukung Anies

Jakarta, IDN Times - Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali bergejolak, setelah sejumlah kadernya membelot mendukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Mereka yang tergabung dalam Forum Ka'bah Membangun (FKM) pada 16 November 2022, mendeklarasikan dukungan pada Anies sebagai capres. 

Padahal, FKM adalah organisasi eksternal yang dibentuk sebagian kader PPP bersama organisasi lain pendukung Anies. FKM dipimpin tokoh senior PPP, Habil Marati. 

Dalam keterangan tertulisnya, Habil berambisi bakal mengerahkan PPP untuk mengawal Anies menjadi RI-1. Dia mengklaim, PPP hanya bisa selamat dan lolos Pemilu 2024 bila mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

"FKM memiliki kewajiban mandatory harus menyelamatkan PPP. Kami akan selamatkan PPP supaya memiliki kursi di atas 7 persen," ujar Habil, Sabtu (19/11/2022). 

Tokoh PPP lainnya, Husnan Bey Fananie, berjanji akan mengerahkan 20 juta suara dari PPP untuk Anies. Sedangkan, menurut Sekretaris Jenderal FKM, Hasan Huseri Lubis, angka tersebut sangat mungkin dicapai meski suara resmi PPP pada 2019 hanya 6,3 juta. 

Menurut Hasan, FKM adalah organisasi kemasyarakatan yang didirikan mantan anggota DPR RI dan mantan pengurus DPP PPP.

"Kami mungkin jumlahnya ada sekitar 1.000 mantan. Artinya, kami ini kan yang pernah turun ke dapil untuk melakukan sosialisasi," ungkap Hasan ketika dihubungi IDN Times melalui telepon pada Sabtu malam (19/11/2022). 

Hasan pun memaparkan hitung-hitungan kasar. "Misalnya satu caleg, rata-rata bisa mengerahkan 20 ribu (suara), sekali lagi ini baru asumsi, kalau ada 1.000 caleg yang bisa meraih suara yang sama kan sudah 20 juta," katanya. 

Hasan juga mengklaim PPP justru lebih akan diuntungkan bila nantinya mengusung Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Mengapa demikian?

1. Anies Baswedan bisa berikan efek ekor jas bagi PPP

Organisasi 'Sayap' PPP Forum Ka'bah Janji 20 Juta Suara untuk AniesDeklarasi dukungan untuk Anies Baswedan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Hasan menjelaskan saat ini elektabilitas PPP sudah berada di bawah 2 persen. Survei yang dilakukan Litbang Kompas menunjukkan tingkat elektabilitas PPP hanya 1,7 persen. Sementara, FKM bertekad menyelamatkan PPP agar memiliki kursi di atas 7 persen. 

Di sisi lain, tingkat elektabilitas Anies kini sudah mencapai 30 persen. "Jadi, suara PPP bisa terdongkrak hingga 7 persen bila mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden dalam pemilu 2024 mendatang," ujar dia. 

Hasan juga yakin Anies akan meneruskan perjuangan Indonesia dengan melebarkan sayap melalui kerja sama yang dilakukan. Hal itu, kata dia, sudah dibuktikan selama Anies menjabat jadi Gubernur DKI Jakarta dari 2017 hingga 2022. 

"Anies memiliki rekam jejak yang baik selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, serta berhasil melakukan investasi moral," tutur dia. 

Baca Juga: PPP Akui Kadernya Ikut Motori Deklarasi Anies Jadi Capres di Yogya

2. FKM adalah bagian dari PPP yang mayoritas tidak duduk di struktural

Organisasi 'Sayap' PPP Forum Ka'bah Janji 20 Juta Suara untuk AniesAnies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Lebih lanjut, Hasan mengatakan, FKM sudah melakukan deklarasi di Yogyakarta pada 16 November 2022, untuk mendukung Anies. Deklarasi dukungan disampaikan Profesor Dr. Anwar Sanusi. Anwar mengatakan pihak yang terlibat deklarasi tersebut masih merupakan bagian dari PPP. 

"FKM itu sendiri merupakan kader PPP yang mayoritas tidak duduk di dalam kepengurusan partai," ujar dia. 

Anwar pun memastikan PPP memiliki gerbong yang banyak. Maka, sebanyak 20 juta suara Partai Ka'bah tidak mustahil akan diraih dan diberikan kepada Anies pada Pemilu 2024. 

"Pemilihan umum termasuk di dalamnya pilpres dan pemilihan wapres, insyaallah dilakukan pada 14 Februari 2024. Dengan bertawakal kepada Allah SWT, kami mendukung sepenuhnya Bapak H Anies Rasyid Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada 2024," kata Anwar di forum itu.

3. Akar rumput PPP menginginkan mendukung Anies Baswedan

Organisasi 'Sayap' PPP Forum Ka'bah Janji 20 Juta Suara untuk AniesMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan, hingga saat ini, DPP PPP belum mengambil keputusan apapun terkait capres yang bakal diusung. Di sisi lain, PPP sudah terikat dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN. 

"Tetapi, konstituen dan suara arus bawah PPP menghendaki agar dukungan diberikan ke Anies. Itu juga yang muncul dari hasil survei yang pernah dilakukan oleh Burhanuddin Muhtadi," kata dia. 

Hasan bahkan menegaskan, PPP tidak akan lolos pemilu legislatif 2024, bila dalam pilpres mendatang tidak memberikan dukungan kepada Anies. 

Baca Juga: Pendukung Anies Baswedan di Jogja Minta Cawapres dari Militer 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya