Panglima TNI Mutasi 172 Perwira Tinggi, 5 Bertugas di Papua

Mutasi dilakukan pasca terjadi penyerangan KKB ke TNI

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, mengganti Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Saleh Mustafa dan Pangkogabwilhan III, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. Itu merupakan salah satu poin penting di dalam keputusan Yudo untuk melakukan mutasi terhadap 172 perwira TNI. Keputusan itu tertuang di dalam dokumen Keputusan Panglima TNI nomor Kep426/IV/2023. 

Semula, Pangdam Cendrawasih dijabat oleh Mayjen TNI Saleh Mustafa lalu dialihkan kepada Mayjen TNI Izak Pangemanan. Saleh dimutasi menjadi Pa Sahli Tk III KSAD Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba. 

Sementara, jabatan Pangkogabwilhan III yang awalnya dipegang oleh Letjen TNI I Nyoman Cantiasa kini dialihkan kepada Mayjen TNI Agus Suhardi. Cantiasa diminta untuk menempati posisi baru sebagai Koorsahli KSAD. 

Tiga posisi penting lainnya yang ikut dimutasi yakni Pangkoarmada III, Kas Kogabwilhan III dan Danrem 172/Praja Wira Yuda.

1. Panglima TNI ganti Brigjen TNI JO Sembiring dari posisi Danrem 172/Praja Wira Yudha

Panglima TNI Mutasi 172 Perwira Tinggi, 5 Bertugas di PapuaKomandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring IDN Times/ Istimewa

Pangkoarmada III yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda Agus Hariadi, kini diserahkan ke Laksda Rachmad Jayadi. Laksda Agus dipromosikan menjadi staf khusus KSAL. 

Kemudian, Kas Kogabwilhan III yang semula dijabat oleh Mayjen Izak, kini diisi oleh Marsekal Pertama Budhi Achmadi. Izak mendapatkan promosi dari Panglima TNI. 

Sedangkan, Danrem 172/Praja Wira Yudha yang semula diemban oleh Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring, kini diisi oleh Kolonel (Inf) Dedi Hardono. 

Kogabwilhan III memiliki markas di Timika, Papua dengan wilayah kerja yang meliputi:

  • Laut: Perairan di sekitar Kepulauan Maluku, Pulau Papua dan ALKI-3b beserta perairan sekitarnya
  • Darat: Kepulauan Maluku dan Pulau Papua
  • Udara: Wilayah di atas Kepulauan Maluku, Pulau Papua dan ALKI-3b beserta perairan sekitarnya.

Baca Juga: Korban Prajurit TNI Diserang KKB Bertambah, Total 5 Gugur

2. Analis militer nilai pencopotan lima prajurit TNI yang tugas di Papua sudah tepat

Panglima TNI Mutasi 172 Perwira Tinggi, 5 Bertugas di PapuaPengamat bidang militer dan hankam dari Universitas Indonesia, Connie Rahakundini Bakrie ketika berbicara di program "Ngobrol Seru" (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Sementara, dari pandangan analis militer, Connie Rahakundini Bakrie, Surat Keputusan nomor 426 memiliki muatan kepemimpinan Yudo selaku Panglima TNI. Dia dinilai kuat dan tegas dengan mengganti prajuritnya yang dianggap tidak menunjukkan performa terbaik saat bertugas.

"Terbukti, dilakukan pencopotan Pangkogabwilhan, Pangdam dan Danrem Cendrawasih. Terima kasih, Panglima!" kata Connie seperti dikutip dari akun media sosialnya, Kamis (4/5/2023). 

Menurutnya nyawa para prajurit terbaik bangsa tidak boleh hilang sia-sia. "Mereka membutuhkan kehadiran dan ketegasan panglimanya," lanjutnya.

3. 5 prajurit TNI gugur usai diserang oleh KKB saat operasi pembebasan pilot Susi Air

Panglima TNI Mutasi 172 Perwira Tinggi, 5 Bertugas di PapuaPratu F dari Satgas Yonif R 321/GT menjadi prajurit TNI AD yang gugur dalam peristiwa penyerangan KKB di Mugi-Mam, Nduga pada 15 April 2023. (Dokumentasi Mabes TNI)

Penggantian lima perwira tinggi TNI yang bertugas di Papua terjadi usai peristiwa penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap kelompok prajurit TNI pada 15 April 2023 lalu di Mugi-Mam, Nduga.

Total, ada lima prajurit yang dikonfirmasi oleh TNI gugur dalam serangan tersebut. Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono memastikan lima prajurit yang gugur terlibat dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens. 

Meski di dalam laporan yang beredar dinyatakan ada enam prajurit gugur, Julius membantahnya. Dia memastikan hanya lima anggota TNI yang gugur dalam tugasnya.

"Semua (jenazah prajurit TNI) sudah ditemukan. Satu di awal adalah almarhum Pratu Miftahul Arifin dan empat sisa jenazah ditemukan belakangan," ungkap Julius kepada IDN Times melalui pesan pendek pada 23 April 2023 lalu. 

Selain Pratu Arifin, empat prajurit TNI AD yang gugur yakni Pratu Kurniawan, Pratu Ibrahim, Pratu Sukra, dan Pratu F. Jenazah kelimanya sudah dimakamkan di kampung halaman masing-masing. Julius memastikan lima prajurit dari Satuan Yonif 321/GT yang gugur dalam serangan KKB bakal diberi kenaikan pangkat luar biasa.

"Jelas ini (gugur) menjalankan tugas, maka akan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa," kata dia.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono kemudian mengubah strategi dengan meminta para prajurit TNI yang ditempatkan di titik-titik rawan di Papua agar mengaktifkan mode siaga tempur.

Baca Juga: TPNPB-OPM Rilis Video Pilot Susi Air, Minta Hentikan Operasi Militer

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya