Pasar Seni Sukawati Selesai Direnovasi, Jokowi Harap Tarik Minat Turis

Biaya renovasi Pasar Sukawati mencapai Rp161 miliar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (1/2/2023) meresmikan Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Bali. Pasar itu mulai direnovasi pada 2020 lalu dan menelan biaya mencapai Rp161 miliar. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap Pasar Seni Sukawati bisa menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata. 

"Ini adalah pasar rakyat, kita dulu ingat yang lama seperti apa dan sekarang kita lihat yang baru seperti apa," ujar Jokowi ketika memberikan sambutan dan dikutip dari keterangan tertulis pada Rabu malam. 

Ia mengatakan renovasi terhadap Pasar Seni Sukawati menyebabkan pasar tersebut mengalami perubahan yang drastis. Salah satunya penataan produk-produk yang lebih rapi dan tertata. Jokowi berharap Pasar Seni Sukawati akan semakin dikenal luas oleh masyarakat. 

"Inilah pasar rakyat yang kami harapkan gaungnya Pasar Sukawati semakin baik ke depannya," tutur Jokowi. 

Pasar Seni Sukawati terdiri dari tiga bangunan yaitu Blok A, B dan C. Blok A diketahui memiliki 779 los pedagang, Blok B memiliki 31 kios dan Blok C memiliki 525 los serta 64 kios. Pasar tersebut direnovasi oleh Kementerian PUPR selama dua tahun. 

Namun, selama proses renovasi pasar sempat memunculkan kekesalan warga. Mengapa bisa begitu?

1. Jumlah kios di Pasar Seni Sukawati lebih banyak usai direnovasi

Pasar Seni Sukawati Selesai Direnovasi, Jokowi Harap Tarik Minat TurisPasar Seni Sukawati Gianyar, Bali yang diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, (1/2/2023). (www.instagram.com/@jokowi)

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan tak hanya pasarnya saja yang direnovasi. Pihak Kementerian PUPR juga membangun fasilitas parkir basement. Selain itu, jumlah kios yang tersedia kini lebih banyak dibandingkan sebelumnya. 

"Kami tidak hanya membangun bangunan untuk pasar, tapi juga fasilitas parkir di basement untuk mengatasi kemacetan. Selain itu, kios pasar yang dibangun lebih banyak untuk menampung pedagang sehingga pasar sudah lebih nyaman untuk dikunjungi turis domestik atau mancanegara," kata Basuki. 

Di sisi lain, Jokowi pun berharap jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali terus bertambah. Apalagi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut sejak akhir Desember 2022 lalu. 

"Kami harapkan turis-turis akan makin banyak ke Pulau Dewata, baik wistawan nusantara maupun wistawan mancanegara," tutur Jokowi.

Baca Juga: Abu-abu Sikap Jokowi soal Reshuffle pada Rabu Pon

2. Pengerjaan renovasi Pasar Seni Sukawati sempat diprotes karena merusak rumah warga

Pasar Seni Sukawati Selesai Direnovasi, Jokowi Harap Tarik Minat TurisPasar Seni Sukawati Gianyar, Bali yang diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, (1/2/2023). (www.instagram.com/@jokowi)

Sementara, proses renovasi Pasar Seni Sukawati tak berjalan mulus. Sebab, sejumlah warga memprotes kegiatan renovasi itu. Mereka mengeluh proses renovasi malah menyebabkan kerusakan pada rumah yang berlokasi tepat di samping pasar. 

Kerusakan yang dialami oleh warga mulai dari tembok yang roboh, kamar mandi bocor hingga merusak puluhan kios. Warga kemudian menuntut ganti rugi berupa perbaikan bagian rumah yang rusak dan memfasilitasi pecaruan di masing-masing rumah. 

Alhasil, sempat digelar pertemuan mediasi antara warga yang rumahnya rusak dengan pelaksana proyek yakni PT Putra Jaya Andalan pada 2021. "Saya minta apa yang rusak akibat proyek ini, bisa segera diperbaiki," ungkap perwakilan warga, Anak Agung Putra Wijaya ketika bertemu Proyek Manajer PT Putra Jaya Andalan, Komarudin. 

Permintaan itu diakomodir oleh PT Putra Jaya Andalan. Komarudin menjanjikan akan memperbaiki kerusakan rumah warga yang berdekatan dengan Blok A dan Blok B pasar. 

3. Gubernur Bali minta pasar dikelola secara profesional, termasuk urusan sampah

Pasar Seni Sukawati Selesai Direnovasi, Jokowi Harap Tarik Minat TurisGubernur Bali, I Wayan Koster. (IDN Times/Rehuel ​Willy Aditama)

Sementara, pasar itu sudah diresmikan lebih dulu oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster pada Februari 2022. Ketika itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Jokowi, sebab renovasi pasar turut mendapatkan bantuan keuangan dari APBN. 

Koster pun meminta agar pasar dikelola secara profesional setelah rampung direnovasi. "Yang menjadi perhatian serius di dalamnya yakni masalah sampah. Saya minta sampahnya harus terkelola dengan berbasis sumber. Jangan ada tas kresek, sedotan plastik, minuman kemasan dari plastik hingga styrofoam," ujar Koster pada Februari 2022. 

Kemudian, ia juga mengajak para pedagang untuk mengenakan kain endek tiap Selasa. Lalu, tiap Kamis, para pedagang diajak untuk mengenakan pakaian tradisional khas Bali.

Baca Juga: Jokowi Blusukan ke RSUD Pekanbaru, Cek Pelayanan BPJS Kesehatan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya