Pengacara: Bharada E Sempat Ditekan Agar Ikuti Skenario di BAP Pertama

Perubahan pengacara berkaitan perubahan keterangan di BAP

Jakarta, IDN Times - Kuasa hukum Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Deolipa Yumara, menyebut kliennya sempat ditekan atasannya agar mengakui perbuatan sesuai skenario yang sudah disiapkan. Skenario itu termasuk adanya baku tembak di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri, Irjen (Pol) Ferdy Sambo.

Skenario itu diduga untuk menutupi penyebab kematian Brigadir J pada 8 Juli 2022 di Kompleks Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Itu sebabnya, pada akhir pekan lalu, Bharada E memutuskan mengganti keterangan di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Bareskrim Polri.

"Mengubah keterangan (di BAP) ada kaitannya dengan berganti pengacara juga. Ada kaitannya juga dengan masa lalu, termasuk tekanan yang ia alami. Selain itu, ia juga diminta ikut skenario-skenario tertentu dari atasan," ungkap Deolipa tanpa menyebut siapa atasan yang dimaksud ketika menjawab pertanyaan IDN Times di kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Jakarta Timur, Senin (8/8/2022).

Bharada E mulai tersadar pada Sabtu, 5 Agustus 2022. Sejak saat itu, ia mulai menceritakan kisah yang sebenarnya. "Dia sudah menceritakan apa yang dialaminya, apa yang dilihat dan apa yang didengar," tutur Deolipa.

Deolipa mengatakan kliennya sempat merasa gelisah karena sebelumnya menyampaikan keterangan yang tidak benar ke penyidik.

"Dia merasa resah dan tidak nyaman. Maka, kami ajarkan dia ketulusan dan kejujuran. Kami ajarkan dia kepatuhan kepada Tuhan, doa supaya Tuhan berkenan kepada apa yang dia lakukan. Akhirnya dia plong, nyaman dan berdoa sama Tuhan," katanya.

Deolipa menceritakan ketika bertemu Bharada E, kuasa hukum ikut berdoa bersama untuk menguatkan hati personel Polri yang masih berusia 24 tahun itu.

"Tapi, demi kepentingan hukum, dia mengajukan perlindungan hukum dan bersedia menjadi justice collaborator," tutur dia.

Deolipa menambahkan sejak ditahan di Bareskrim pada 3 Agustus 2022, Bharada E dalam kondisi sehat dan tak kekurangan apapun.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Brigadir J Versi Kesaksian Bharada E

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya