Comscore Tracker

Pengacara Brigadir J: Perempuan yang Muncul di Mako Brimob Bukan Ibu P

"Kok wajahnya berbeda dari foto yang ada di medsos?"

Jakarta, IDN Times - Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, meragukan sosok perempuan yang muncul di Mako Brimob, Depok pada Minggu malam, 7 Agustus 2022 lalu, adalah istri Irjen (Pol) Ferdy Sambo, Putri Cendrawathi.

Sebab, kata dia, raut wajah dan perawakannya bila dibandingkan dengan yang ada di foto jauh berbeda. 

"Itu yang aku lihat itu, bukan Ibu Putri yang selama ini beredar di medsos ya. Aku memang gak kenal Ibu Putri, tetapi kalau kita lihat (foto) kemarin di medsos, Ibu Putri kan cantik, bersahaja, seperti artis dan cetar gitu. Kalau bahasa ABG," ungkap Kamaruddin kepada media di Jakarta pada Senin, 8 Agustus 2022 lalu. 

Ia mengatakan, alih-alih meyakini itu sosok Putri Cendrawathi, Kamaruddin menilai perempuan yang muncul di Mako Brimob lebih menyerupai pengacara perempuannya. Pengacara perempuan yang dimaksud adalah Sarmauli Simangunsong.

"Ini pengacaranya yang berperan sebagai Ibu Putri atau bagaimana. Kok beda sekali. Wajahnya kok bisa sangat berbeda? Sudut-sudut wajahnya kalau ku lihat wajah-wajah dari Sumatera Utara, kemarin yang nangis di Mako Brimob itu. Sedangkan yang selama ini dikatakan media sebagai istri Pak Ferdy Sambo, roman-roman wajahnya seperti perpaduan Jawa-Bali kalau ku lihat ya," tuturnya. 

"Tapi, kalau kemarin yang nangis-nangis itu. Ini Ibu Putri atau siapa nih? Atau jangan-jangan pengacaranya," katanya lagi. 

Pertanyaan Kamaruddin itu diikuti spekulasi di media sosial. Warganet banyak yang membandingkan wajah Putri di medsos dengan kuasa hukum perempuan yakni Sarmauli. "Wah, sepertinya ini bukan Ibu PC nih. Lebih mirip lawyer-nya dan tak mirip dengan Ibu PC," ungkap warganet di TikTok seperti dikutip hari ini. 

Lalu, apa komentar kuasa hukum Putri Cendrawathi, Arman Hanis ketika kliennya diragukan oleh publik berkunjung ke Mako Brimob akhir pekan lalu?

1. Kuasa hukum keluarga Brigadir J nilai aneh tiba-tiba istri Ferdy Sambo muncul

Pengacara Brigadir J: Perempuan yang Muncul di Mako Brimob Bukan Ibu PKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (ANTARA/HO-Polri)

Lebih lanjut, Kamaruddin mengatakan bila memang perempuan yang datang ke Mako Brimob adalah Putri Cendrawathi, maka ia ingin bertemu langsung dengan istri jenderal bintang dua itu. Ia ingin mendorong agar Putri Cendrawathi segera menyampaikan kebenaran peristiwa yang terjadi pada 8 Juli 2022 di rumah dinas suaminya. 

"Itu kan menandakan Ibu Putri itu tidak sakit dan tak terguncang. Yang terguncang itu pengacaranya. Buktinya kalau itu memang benar-benar istrinya, kok begitu Pak Sambo ditempatkan di tempat khusus, kok bisa dia tiba-tiba langsung sehat dan datang ke situ?" tanya Kamaruddin.

"Maka, kalau betul-betul Ibu itu sudah sehat, saya ingin bertemu dan memberikan motivasi agar berkata yang benar dan jujur. Karena berkata yang benar itu memerdekakan," kata dia. 

Ia juga mengusulkan agar dokter psikolog yang selama ini memberikan perawatan klinis diganti. Kamaruddin ingin agar dokter yang diberikan akses ke Putri adalah sosok tenaga kesehatan yang independen. 

"Polisi bisa meminta Ibu Putri diantarkan ke rumah sakit milik pemerintah atau rumah sakit BUMN. Supaya dia sehat," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Sambil Menangis, Istri Ferdy Sambo: Saya Tulus Mencintai Suami Saya

2. Kuasa hukum Putri bantah spekulasi yang beredar di media sosial

Pengacara Brigadir J: Perempuan yang Muncul di Mako Brimob Bukan Ibu PKuasa Hukum Ibu Putri Candrawati, istri Ferdy Sambo, Arman Hanis. (IDN Times/Tata Firza)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada kuasa hukum Putri dan Ferdy Sambo, Arman Hanis, ia membantah dengan tegas spekulasi yang beredar di media sosial. Arman menegaskan kliennya lah yang hadir di Mako Brimob, Depok pada Minggu kemarin. 

"Ya, sudah pasti gak bener lah (spekulasi di medsos)," ungkap Arman kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa, (9/8/2022). 

Ia menambahkan tidak terlalu mengikuti apa yang menjadi perbincangan di medsos mengenai kliennya. Tetapi, ia berjanji dalam bekerja bakal mengikuti kode etik selaku advokat. 

"Insya Allah, saya gak akan melakukan hal-hal yang bodoh," tutur dia lagi. 

3. Istri Ferdy Sambo menangis dan menegaskan cinta suaminya

Pengacara Brigadir J: Perempuan yang Muncul di Mako Brimob Bukan Ibu PKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (ANTARA/HO-Polri)

Sementara, Putri belum diizinkan untuk menemui suaminya pada Minggu malam kemarin. Alhasil, ia hanya menitipkan sejumlah pakaian bagi suaminya.

Irjen (Pol) Ferdy Sambo mulai ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok sejak Sabtu, 6 Agustus 2022 lalu. Ia bakal ditempatkan di sana selama 30 hari sambil menunggu sidang pelanggaran kode etik digelar. Sambo diduga melakukan pelanggaran kode etik karena dianggak tak profesional ketika mengelola TKP kematian Brigadir J. 

Putri Cendrawathi pun sempat berurai air mata ketika berbicara kepada media. "Saya Putri bersama anak-anak. Saya mempercayai dan tulus mencintai suami saya. Saya mohon doa biar kami sekeluarga dapat menjalani masa yang sulit ini," ungkapnya dengan mata sembab dan bengkak. 

https://www.youtube.com/embed/TeFW8PrEOig

Baca Juga: LPSK: Bharada E Bisa Dilindungi Bila Ajukan Jadi Justice Collaborator

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya